Mata burah sebelah terus menerus pertanda gangguan kesehatan mata
Mata buram sebelah terus menerus bisa menjadi indikasi gangguan mata

Jika terjadi hanya sementara, mata buram sebelah bisa terjadi karena ada cairan keluar dari mata atau setelah menangis. Namun jika terus menerus terasa, ada beberapa faktor pemicunya. Bisa dari kelainan refraksi mata hingga yang lebih serius seperti kerusakan otak.

Jika mata buram sebelah sudah mengganggu daya penglihatan seseorang, harus segera diperiksakan kepada dokter spesialis mata. Kelainan refraksi mata bisa diatasi dengan memakai kacamata atau lensa kontak. Sementara jika pemicunya lebih serius, perlu ada penanganan masalah medisnya.

Penyebab mata buram sebelah

Pada beberapa kasus, mata buram sebelah harus segera mendapatkan perawatan medis untuk mencegah kebutaan permanen. Beberapa penyebab mata buram sebelah selain kelainan refraksi mata di antaranya:

1. Ablasi retina

Ablasi retina atau detached retina adalah kondisi ketika lapisan mata retina lepas dan merupakan kondisi darurat. Perlu diberikan penanganan medis sesegera mungkin untuk mencegah kebutaan permanen. Salah satu pemicunya bisa karena usia lanjut yang membuat bagian dalam mata degenerasi sehingga tak lagi kuat menopang retina.

2. Stroke

Penderita stroke juga bisa mengalami mata buram sebelah karena bagian otak yang mengatur penglihatan ikut terdampak. Selain itu, ada gejala lain seperti rasa lemah di satu sisi tubuh dan kesulitan berbicara.

3. Serangan stroke selintas

Dikenal juga dengan sebutan transient ischemic attack, ini adalah jenis stroke ringan yang terjadi dalam periode kurang dari 24 jam. Salah satu gejala yang bisa dialami penderitanya adalah mata buram sebelah.

4. Degenerasi makula eksudatif

Degenerasi makula eksudatif atau wet macular degeneration terjadi ketika darah dan cairan lainnya mengenai makula. Kondisi ini dapat menyebabkan mata buram sebelah dan kehilangan penglihatan di bagian tengah area visual. Berbeda dengan degenerasi makula kering yang berupa endapan kuning, jenis degenerasi makula eksudatif ini bisa bertambah parah dalam waktu cepat.

5. Mata lelah

Ketika terlalu lama fokus pada satu titik tanpa jeda, seseorang bisa mengalami mata lelah atau eye strain. Seringkali, ini terjadi setelah melihat alat elektronik seperti ponsel atau komputer. Tak hanya itu, menyetir dan membaca saat pencahayaan kurang baik juga bisa menyebabkan mata buram sebelah.

6. Konjungtivitis

Disebut juga pink eye, konjungtivitis adalah infeksi di lapisan terluar mata. Penyebabnya bisa karena virus maupun bakteri. Ketika mengalami konjungtivitis, bisa jadi salah satu gejalanya adalah mata buram sebelah.

7. Kadar gula tinggi

Khususnya pada penderita diabetes, kadar gula tinggi bisa menyebabkan lensa mata membengkak. Walaupun biasanya sementara , penglihatan bisa terganggu karena mata buram sebelah.

8. Iritis

Iritis adalah reaksi autoimun yang menyebabkan iris mengalami peradangan. Kondisi ini bisa terjadi dengan sendirinya maupun bagian dari penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis atau sarcoidosis. Infeksi virus seperti herpes juga bisa menyebabkan iritis yang mengganggu penglihatan, disertai dengan rasa nyeri luar biasa.

9. Migrain

Salah satu jenis migrain adalah dengan aura, yang biasanya tidak disertai sakit kepala. Meski demikian, migrain aura bisa menyebabkan mata buram sebelah. Selain buram, mata juga bisa melihat sinar menyilaukan atau garis bergelombang.

10. Arteritis sementara

Arteritis sementara atau temporal arteritis terjadi ketika ada peradangan di pembuluh darah sekitar pelipis. Selain mata buram sebelah, gejala utama yang dirasakan penderitanya adalah sakit kepala berdenyut di dahi. Pada beberapa kasus, arteritis sementara juga bisa menyebabkan kebutaan.

Penanganan mata buram sebelah akan disesuaikan dengan apa faktor pemicunya. Jangan tunda pemeriksaan medis apabila mata buram sebelah disertai dengan nyeri mata, kesulitan berbicara, baru mengalami cedera mata, atau gejala stroke. Penyebab yang paling perlu diwaspadai adalah stroke, TIA, degenerasi makula eksudatif, dan ablasi retina.

Healthline. https://www.healthline.com/health/eye-health/sudden-blurred-vision
Diakses pada 15 Juni 2020

Health Grades. https://www.healthgrades.com/right-care/eye-health/blurred-vision-in-one-eye#:~:text=Blurred%20vision%20in%20one%20eye%20may%20be%20caused%20by%20a,initially%20appears%20in%20one%20eye.
Diakses pada 15 Juni 2020

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/blurry-vision.htm
Diakses pada 15 Juni 2020

Artikel Terkait