Begini Perkembangan Mata Bayi yang Sehat dari Baru Lahir hingga 1 Tahun Pertamanya


Saat lahir, penglihatan bayi belum sepenuhnya matang sehingga pandangannya masih kabur. Namun, mata bayi akan mengalami perkembangan drastis dalam 1 bulan pertama usianya.

(0)
mata bayi sehat dan bersih si kecil bahagia
Momen paling berharga saat melahirkan adalah melihat mata bayi Anda terbuka dan memandang dunia di sekelilingnya.Saat baru lahir penglihatannya belum jelas, namun bayi sudah bisa melihat sekeliling segera setelah mereka lahir.Mata bayi baru lahir juga sangat rentan terkena masalah, mulai dari mata berair, kelopak mata berkerak hingga mata juling. Untuk itu, perlu perhatian dan perawatan ekstra untuk menjaga mata si Kecil agar tetap sehat.

Ciri-ciri mata bayi sehat

Ciri mata bayi yang sehat dapat Anda lihat perkembangannya dari waktu ke waktu, terutama di 6 bulan pertama usia si Kecil.Saat baru lahir, bayi awalnya hampir tidak bisa melihat sama sekali karena penglihatan mereka masih kabur. Bayi baru lahir hanya bisa melihat pada jarak 20-30 cm dari wajahnya.Barulah pada usia 1 bulan, mata bayi mulai mampu melihat warna dan mengkoordinasikan kedua matanya secara bersamaan. Hal ini membuat bayi mampu melacak objek bergerak dengan matanya dan mengarahkan penglihatannya ke arah cahaya. Saat baru lahir, Anda dapat meningkatkan perkembangan mata yang sehat pada bayi dengan mencoba berinteraksi dengan anak pada jarak sekitar 30 cm dari wajah Anda. Ajaklah bayi berbicara dan cobalah membuat ekspresi wajah yang berbeda untuk melatih kemampuan melihatnya.

Perkembangan mata bayi dari lahir hingga usia 12 bulan

Saat lahir, sistem penglihatan bayi belum sepenuhnya berkembang. Namun, ia akan mengalami perkembangan yang signifikan di 1 bulan pertama kehidupannya. Berikut adalah perkembangan mata bayi baru lahir hingga usia 12 bulan yang perlu Anda perhatikan.

Bayi baru lahir hingga usia 1 bulan

Saat baru lahir, bayi akan sangat peka dengan cahaya terang. Bayi baru lahir dapat melihat sesuatu di samping mereka dengan penglihatan perifer (samping), tapi penglihatan sentral bayi masih belum berkembang sempurna.Dalam beberapa minggu, retina mereka mulai berkembang sehingga pupil akan terlihat semakin besar. Di tahap inilah bayi mulai bisa melihat pola terang dan gelap, bentuk besar dan warna-warna cerah juga mulai menarik perhatian mereka.Ia juga akan mulai fokus pada suatu objek yang berada tepat di depannya.

Usia 1 bulan

Di usia ini bayi sudah bisa melihat berbagai macam warna mulai dari merah, oranye, kuning dan hijau. Namun, mereka belum cukup jelas melihat warna ungu dan biru.Ia juga sudah bisa menggerakkan kedua mata secara bersamaan dan mampu melacak benda-benda di sekelilingnya. Perhatian mereka akan terus meningkat hingga sudah bisa melakukan kontak mata.Namun, di usia ini, mata mereka mungkin kerap mengarah pada arah yang berbeda secara berlawanan atau bahkan mungkin mata terlihat juling.Jika tidak terjadi terus menerus dalam waktu lama, Anda tidak perlu khawatir. Namun, jika mata bayi tampak terus menerus menemukan pola melihat yang tidak biasa, maka Anda perlu memeriksakan mata anak ke dokter.Tips untuk meningkatkan perkembangan mata bayi di usia ini adalah biarkan ruang tidurnya dipenuhi dengan cahaya beraneka warna.Anda tidak perlu khawatir cahaya terang mengganggunya untuk melihat, karena di usia ini matanya sedang berkembang untuk menangkap lebih banyak cahaya.

Usia 2 – 4 bulan

Seperti di usia 1 bulan, ketika memasuki usia 2 bulan, bayi mungkin masih tampak tidak bisa mengarahkan matanya dengan baik hingga tampak juling. Namun, di usia ini, bayi biasanya sudah bisa mengikuti objek bergerak dengan matanya. Barulah pada usia 3 – 4 bulan, bayi sudah memiliki koordinasi mata dengan lengan yang cukup baik, sehingga ia bisa memukul benda bergerak yang ada di dekatnya.Jika di usia ini mata bayi belum bisa melacak dan fokus pada suatu objek, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.Tips untuk meningkatkan perkembangan melihat pada bayi di usia ini adalah biarkan cahaya terang tetap menerangi kamar tidur bayi.Selain itu, cobalah untuk meletakkan beraneka warna dan bentuk benda di sekitar kamar bayi untuk melatih fokus penglihatannya.

Usia 5 – 8 bulan

Dikutip dari American Academy of Ophthalmology (AAO), saat usia 5 bulan, kemampuan melihat bayi dari jarak yang jauh sudah mulai berkembang. Mereka sudah bisa melihat benda dengan bentuk yang sempurna.Penglihatan warna bayi di usia ini juga sudah semakin baik meskipun tidak sepenuhnya berkembang seperti orang dewasa.Pada usia ini, bayi sudah bisa melihat dan mengenali orang lain dari jarak jauh dan merespon mereka. Mereka juga sudah bisa mulai mengingat objek yang mereka lihat, meskipun baru hanya sebagian saja.Bayi umumnya sudah mulai merangkak di usia bayi 8 bulan, dan penglihatannya di usia ini sudah semakin meningkat untuk mengkoordinasikan mata dan tangan mereka saat merangkak.

Usia 9 – 12 bulan

Pada usia 9 hingga 12 bulan, bayi sudah bisa belajar berdiri sendiri dan kemudian berjalan. Di usia ini, tahap perkembangan mata bayi sudah semakin pesat sehingga ia dapat mengkoordinasikan mata dan  tangan dengan baik.Fokus mata bayi sudah sangat berkembang. Ia kini bisa melempar barang dengan tepat sasaran.

Cara meningkatkan perkembangan mata bayi di 1 tahun umurnya

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu mata bayi dapat berkembang dengan baik. Berikut adalah sejumlah tips dan contoh beberapa aktivitas yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan perkembangan mata bayi di 1 tahun usia mereka.

Bayi baru lahir – 4 bulan

  • Gunakan lampu tidur dengan warna yang terang atau lampu redup lainnya di kamar bayi
  • Ubah posisi tempat tidur bayi sesering mungkin atau ubah posisi tidurnya menghadap arah yang berbeda
  • Berikan mainan dalam jarak yang aman untuk disentuh dan dilihat oleh bayi yakni sekitar 8 -12 inchi dari mata bayi
  • Ajaklah bayi bicara sambil memperlihatkan setiap sisi dari ruangan, misalnya seperti saat Anda memberinya makan

Usia 5 – 8 bulan

  • Gantung benda-benda yang aman di box atau dorongan bayi agar ia bisa menyentuh dan menggenggam benda tersebut
  • Beri bayi lebih banyak waktu untuk bermain dan menjelajah di lantai
  • Berikan mainan yang bisa digenggam

Usia 9 -12 bulan

  • Ajak bayi bermain petak umpet dengan mainan atau wajah Anda untuk mengembangkan memori visual bayi
  • Beri nama objek saat berbicara untuk melatih kosa katanya dan keterampilan pengembangan dalam berbicara

Warna mata bayi yang sehat

Mata bayi yang sehat, memiliki pupil yang berwarna hitam dan sklera berwarna putih. Adapun iris, bagian mata bayi, dapat berubah warna seiring waktu.Warna iris, bergantung pada protein yang disebut melanin. Jika melanosit hanya sedikit mengeluarkan melanin, maka bayi Akan memiliki warna mata biru. Jika melanin yang diproduksi banyak, mata mereka akan terlihat hijau atau coklat. Namun, warna mata bayi tidak dapat secara pasti terbentuk hingga usia mereka 1 tahun. Perubahan warna itu akan terus berubah dari bayi baru lahir dan mulai melambat setelah usia 6 bulan pertama.Warna mata bayi yang sehat selalu menunjukkan warna yang sama pada kedua mata. Jika warna mata anak berbeda satu dengan yang lainnya, Anda harus memeriksakannya ke dokter.

Gangguan mata pada bayi

Meski tidak ada masalah mata atau penglihatan yang terlihat, pada usia 6 bulan Anda sudah perlu membawa bayi ke dokter untuk pemeriksaan mata pertamanya.Dokter selanjutnya akan mengidentifikasi ciri-ciri mata bayi sehat mulai dari menguji rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme serta kemampuan pergerakan mata.Masalah mata dan penglihatan pada bayi umumnya jarang terjadi. Akan tetapi, kadang masalah kesehatan mata pada bayi bisa saja berkembang seiring dengan bertambahnya usia mereka.Orangtua perlu mencermati tanda-tanda berikut yang mungkin menjadi indikasi masalah penglihatan dan gangguan mata bayi:
  • Kelopak mata merah bisa menjadi tanda infeksi mata.
  • Keluarnya lendir yang berlebihan bisa menjadi tanda tersumbatnya saluran air mata.
  • Bola mata memutar secara terus-menerus menandakan adanya masalah pada otot mata.
  • Sensitif terhadap cahaya dapat menandakan adanya tekanan pada mata yang berlebihan.
  • Pupil mata berwarna putih bisa menjadi tanda kanker mata. Biasanya kanker mata bisa mulai terdeteksi sejak awal kehidupan bayi.
Selain itu, bayi usia lebih dari 3 bulan seharusnya sudah bisa mengikuti atau melacak suatu benda. Jika bayi tidak dapat terus menerus melakukan kontak mata atau tampak seperti tidak bisa melihat, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.  Sebelum usia 4 bulan, sebagian besar mata bayi juga terkadang terlihat tidak sejajar (strabismus). Namun jika kondisi ini masih terjadi setelah usia 4 bulan, ini bisa menjadi tanda gangguan mata yang serius. Jika bayi Anda mengalami gejala seperti di atas, segeralah berkonsultasi ke dokter. Anda juga dapat berkonsultasi langsung dengan chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
tumbuh kembang bayibayikesehatan matamerawat bayimata julinggangguan matamata malasbayi baru lahirperkembangan bayi
Healthy Childrens. https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/Pages/Newborn-Eye-Color.aspx https://www.healthychildren.org/English/health-issues/conditions/eyes/Pages/Warning-Signs-of-Vison-Problems-in-Children.aspx Diakses pada 21 Januari 2021American Optometrin Association. https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-health-for-life/infant-vision?sso=y Diakses pada 21 Januari 2021American Academy of Ophthalmology. https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/baby-vision-development-first-year https://www.aao.org/eye-health/tips-prevention/tips-children-eyes-vision Diakses pada 21 Januari 2021All About Vision. https://www.allaboutvision.com/parents/infants.htm Diakses pada 21 Januari 2021Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/newborn-baby-eye-care-3421592 Diakses pada 21 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait