logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

15 Masker dari Bahan Alami untuk Segala Permasalahan Kulit

open-summary

Salah satu jenis masker wajah alami yang sering dipakai adalah lemon. Namun, Anda harus hati-hati karena mungkin saja terjadi reaksi alergi.


close-summary

26 Sep 2022

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

masker wajah alami untuk mencerahkan

Masker wajah alami sering dipilih karena bahannya mudah dan murah

Table of Content

  • Pilihan masker wajah alami untuk kulit cerah berseri
  • Cara menggunakan masker alami untuk wajah dengan aman

Menggunakan masker untuk wajah sudah jadi salah satu perawatan wajib bagi beberapa orang. Bukan hanya yang dijual umum, ada beberapa orang yang menggunakan masker wajah alami karena dinilai lebih murah dan aman. 

Advertisement

Apalagi, masker wajah bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan yang ada di rumah. Apa saja rekomendasi bahan alami yang bisa dipakai? Simak ulasannya berikut ini. 

Pilihan masker wajah alami untuk kulit cerah berseri

Kulit wajah cerah berseri tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Kini, ada berbagai cara mencerahkan wajah, salah satunya menggunakan masker alami untuk wajah

Kendati demikian, perlu diingat bahwa masker alami untuk memutihkan wajah ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan keefektifannya. 

Jadi, pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi sebelum mencoba bahan-bahan alami di bawah ini sebagai masker untuk mencerahkan wajah. 

Jika perlu, tak ada salahnya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada wajah.

Adapun berbagai pilihan masker wajah alami untuk mencerahkan wajah yang bisa Anda coba di rumah adalah sebagai berikut:

1. Lemon

Lemon adalah salah satu bahan alami untuk masker wajah yang sering digunakan, khususnya untuk mencerahkan wajah. . 

Lemon mengandung sifat asam yang bekerja sebagai zat pencerah alami untuk kulit, serta kadar vitamin C yang tinggi untuk membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru. 

Dengan demikian kulit Anda bisa tampak lebih cerah. Tak hanya itu, manfaat lemon untuk wajah merupakan sumber antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit. 

Cara membuat masker wajah alami dari lemon bisa dicampurkan dengan putih telur. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Siapkan 2 sendok makan air perasan lemon dan 1 butir putih telur. 
  • Dalam sebuah mangkuk, campurkan kedua bahan yang sudah disiapkan. 
  • Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah dengan air. 

Anda juga dapat menggunakan air lemon sebagai masker wajah alami untuk mencerahkan wajah dengan cara mengencerkan air lemon dan beberapa sendok makan air. 

Kemudian, oleskan air perasan lemon tersebut pada permukaan wajah secara perlahan. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air. 

Jika digunakan sebagai masker alami untuk remaja, manfaat air perasan lemon dapat membantu membersihkan pori-pori kulit yang kerap jadi biang keladi masalah jerawat.

Namun, Anda harus berhati-hati kalau menggunakan lemon sebagai masker alami, khususnya jika terdapat jerawat terbuka. Pasalnya, mengoleskan lemon di luka terbuka akan memunculkan rasa perih.

2. Alpukat 

Masker alami untuk wajah yang terbuat dari alpukat juga menarik untuk dicoba. 

Hal ini karena alpukat merupakan sumber lemak sehat, vitamin B, dan kalium yang mampu melembapkan kulit sekaligus berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit untuk kulit kering. 

Anda dapat memperoleh manfaat masker alpukat secara maksimal bila dicampur dengan bahan masker muka alami lainnya. 

Cara membuat masker wajah alami dari alpukat, yakni cukup campurkan ½ buah alpukat matang, 1 butir putih telur, 2 sendok makan oatmeal, dan 1 sendok teh air perasan lemon.

Jika sudah diaduk merata, oleskan pada permukaan wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat sesudahnya. 

Lakukan langkah ini 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan kulit cerah dan kenyal. 

3. Timun

Jika ingin memiliki wajah cerah dan tampak kenyal, masker wajah alami untuk mencerahkan wajah yang terbuat dari timun mungkin bisa menjadi pilihan berikutnya

Pasalnya, manfaat masker timun mampu mengikat kolagen sehingga memastikan kulit Anda tampak kencang dan kenyal. 

Selain itu, timun merupakan sumber antioksidan dan berbagai vitamin, seperti vitamin A dan C, yang dapat menghidrasi kulit serta mengurangi iritasi dan peradangan kulit. 

Timun juga mampu menenangkan kulit sehingga cocok digunakan oleh seluruh jenis kulit wajah. 

Penggunaan masker wajah dari timun bahkan disebut mampu mencegah munculnya jerawat, komedo, kerutan, dan kulit kering, yang juga umum dialami para remaja.

Anda dapat mengoleskan parutan timun pada permukaan wajah secara merata, atau menempatkan beberapa irisan timun ke wajah. 

Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

4. Bengkuang

Salah satu masker wajah alami untuk mengatasi tanda penuaan yang bisa kamu coba adalah masker bengkuang. Keampuhan bengkuang sebagai salah satu bahan alami masker untuk wajah sudah banyak dibuktikan. Pasalnya, banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkuang sebagai salah satu bahannya.

Menurut penelitian, bengkuang mengandung antioksidan yang bisa digunakan sebagai bahan perawatan untuk mencegah penuaan. 

Selain membantu menghilangkan tanda penuaan, manfaat antioksidan dalam bengkoang juga membantu mencegah kulit kering, serta melindungi kulit dari sinar matahari.

Studi lain juga menunjukkan bahwa kandungan di dalam bengkoang dapat membantu memutihkan kulit. Ini karena bengkoang diketahui memiliki senyawa etanol (PPE) dan PTE yang memiliki sifat anti penuaan dan pemutih kulit.

Cara membuat masker alami bengkoang sangat mudah. Pertama cuci bengkoang sampai bersih kemudian parut hingga halus. Campurkan parutan bengkoang dengan air secukupnya kemudian peras dengan saringan.

Air saringan kemudian didiamkan selama 15-30 menit hingga menghasilkan endapan berwarna putih. Pisahkan air dan endapan tersebut. Gunakanlah endapan ekstrak bengkuang sebagai bahan masker alami.

5. Lidah buaya

Lidah buaya juga sering digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk masker wajah.

Lidah buaya merupakan masker alami pencerah wajah yang dapat memberi efek menenangkan dan menghilangkan peradangan di kulit. 

Manfaat lidah buaya juga dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak serta membantu mengobati masalah hiperpigmentasi kulit. 

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam jurnal Planta Medica menunjukkan bahwa lidah buaya dapat digunakan sebagai masker alami untuk wajah dalam mengobati hiperpigmentasi akibat melanocytic jinak. 

Akan tetapi, langkah tersebut hanya dapat dilakukan sesuai dengan cara dan dosis yang direkomendasikan oleh dokter. 

Tak hanya untuk orang dewasa, masker untuk mencerahkan wajah secara alami dari lidah buaya juga dapat digunakan oleh remaja. 

Anda bisa memperoleh manfaat lidah buaya sebagai masker wajah alami untuk remaja melalui tanamannya secara langsung, atau menggunakan produk gel aloe vera yang kini telah banyak dijual di pasaran.

Cukup oleskan gel lidah buaya secukupnya pada wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas wajah dengan air sampai bersih. 

6. Tomat

Manfaat masker tomat untuk wajah sangat beragam, mulai dari mencegah penuaan dini, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi minyak berlebih, mencegah jerawat, melambapkan kulit, hingga mencerahkan.

Cara membuat masker tomat sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan air perasan tomat dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti lemon hingga yogurt. 

7. Kopi

Salah satu masker alami untuk jerawat adalah yang terbuat dari kopi. Dikutip dari Healthline, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah bakteri berbahaya pada wajah. 

Kandungan dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Kandungan dan teksturnya yang sedikit kasar juga bisa menjadi bahan eksfoliasi alami untuk secara maksimal melawan masalah jerawat pada wajah.

Cara membuat masker kopi sangat mudah. Anda bisa menggunakan kopi bubuk tanpa gula atau biji kopi alami. Campurkan serbuk kopi dengan madu atau air perasa lemon kemudian aplikasikan pada wajah.

8. Oatmeal

Tahukah Anda kalau manfaat oatmeal bisa digunakan sebagai masker wajah alami? Oatmeal adalah salah satu jenis masker alami untuk memutihkan wajah dan mengatasi jerawat.

Masker oatmeal dapat mencerahkan wajah dengan cara mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Dengan demikian, kulit wajah Anda menjadi lebih cerah dan tampak halus. 

Jenis masker ini juga cocok digunakan oleh remaja yang kerap memiliki masalah wajah kusam dan rentan mengalami penyumbatan pori-pori. 

Cara membuat masker wajah alami untuk remaja dan orang dewasa yang terbuat dari oatmeal, yaitu:

  • Campurkan oatmeal dengan air hangat. 
  • Aduk merata sampai teksturnya menyerupai krim pasta. 
  • Jika sudah agak dingin, oleskan masker oatmeal pada permukaan wajah. 
  • Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah menggunakan air bersih. 

9. Madu

Salah satu masker wajah alami untuk mencerahkan wajah adalah madu. Madu mengandung bahan aktif yang dipercaya dapat mengeksfoliasi kulit sehingga mampu menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam. 

Untuk memperoleh manfaat madu untuk wajah secara maksimal, Anda dapat menggunakan jenis madu manuka atau madu mentah yang tidak dipasteurisasi. 

Campurkan madu tersebut dengan beberapa tetes air untuk diencerkan agar teksturnya tidak lengket di wajah dan lebih mudah untuk dibersihkan. 

Oleskan masker alami wajah dari madu ini pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. Lalu, diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih. 

10. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker alami pencerah wajah. Manfaat kunyit untuk wajah tak terlepas dari kandungan zat kurkumin yang terdapat di dalamnya. 

Kurkumin dapat menghambat produksi hormon melanin, yakni pigmen pemberi warna kulit, sehingga membuat warna kulit lebih merata. 

Selain itu, kandungan kurkumin dapat membantu menjaga kesehatan kulit wajah karena memiliki sifat antioksidan dan antiseptik di dalamnya. 

Cara membuat masker wajah alami dari kunyit adalah sebagai berikut:

  • Dalam sebuah mangkuk, campurkan bubuk kunyit atau parutan kunyit secukupnya dengan beberapa sendok teh yogurt tanpa rasa. 
  • Aduk merata sampai teksturnya menjadi masker pasta yang kental. 
  • Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan, secara merata. 
  • Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas wajah menggunakan air hangat sampai bersih. 

11. Pisang

Sudah pernah coba masker alami untuk mencerahkan wajah dari buah pisang?

Manfaat masker pisang untuk wajah dipercaya dapat membuat kulit tampak cerah atau bercahaya. 

Hal ini berkat kandungan antioksidan yang tinggi dalam pisang sehingga membuatnya menjadi salah satu jenis buah yang bagus untuk masker muka alami.

Antioksidan dikenal sebagai molekul yang sering dijadikan sebagai komposisi bahan kecantikan kulit.

Manfaat antioksidan dianggap dapat menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Jika masker pisang dioleskan ke wajah, maka diyakini mampu menjaga kulit dari kerusakan radikal bebas tersebut.

Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam pisang disebut-sebut dapat membuat kulit lebih bercahaya. 

Bila digunakan sebagai masker wajah alami untuk remaja, pisang dipercaya bisa menyerap minyak pada kulit.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa manfaat masker pisang untuk wajah satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna melihat keefektifannya.

12. Putih telur

Bagi perempuan dalam usia pubertas, penggunaan putih telur sebagai masker wajah alami untuk remaja juga bisa dicoba. 

Manfaat putih telur untuk wajah dapat mengurangi produksi sebum berlebih di wajah, menghilangkan komedo, hingga membuat wajah lebih cerah dengan mengangkat sel-sel kulit mati. 

Untuk mengatasi kulit berminyak, Anda bisa membuat masker alami untuk remaja yang terbuat dari putih telur dengan air perasan lemon. 

Namun, bila ingin menggunakan putih telur sebagai masker untuk mencerahkan wajah secara alami, campurkan putih telur dengan bubuk kunyit. 

13. Pepaya

Buah yang dapat dijadikan sebagai masker alami untuk mencerahkan wajah lainnya adalah pepaya.

Manfaat pepaya sebagai masker alami untuk wajah berasal dari kandungan vitamin A dan C yang mampu membuat wajah lebih cerah. 

Cara membuat masker alami untuk wajah dari buah pepaya, yakni:

  • Haluskan ¼ buah pepaya dan 1 buah pisang.
  • Tambahkan madu ke dalam halusan buah pepaya dan pisang.
  • Aduk merata hingga menjadi pasta masker yang kental.
  • Oleskan pada permukaan wajah, lalu diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.
  • Keringkan wajah Anda menggunakan handuk.

14. Yogurt

Salah satu manfaat masker yogurt sebagai masker wajah alami adalah mencerahkan kulit. 

Hal ini berkat kandungan asam laktat pada yogurt yang bekerja dengan menghambat produksi enzim tirosinase.

Tirosinase adalah suatu jenis enzim yang bertanggung jawab untuk memproduksi melanin. 

Ketika produksi melanin terhambat, maka kulit gelap kusam dapat berubah jadi tampak cerah dan sehat. 

15. Stroberi

Selain dikonsumsi, buah stroberi yang dijadikan masker alami wajah ternyata mampu melawan radikal bebas, yakni penyebab kerusakan sel kulit dan hilangnya kolagen. 

Masker wajah alami untuk mencerahkan wajah ini juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang menyehatkan kulit.

Cara membuat masker wajah alami dari buah stroberi bisa dicampurkan dengan yogurt tanpa rasa dan madu. Campurkan seluruh bahan tersebut, aduk merata. 

Kemudian, oleskan masker stroberi pada permukaan wajah selama 10-15 menit, bilas wajah dengan air. Masker stroberi dapat digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Cara menggunakan masker alami untuk wajah dengan aman

Penting diketahui bahwa masker wajah alami untuk mencerahkan wajah belum tentu efektif untuk dilakukan oleh semua jenis kulit wajah

Orang-orang dengan kulit wajah normal atau tidak memiliki masalah wajah yang berarti, sah-sah saja untuk menggunakan masker alami untuk wajah ini. 

Namun, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau kondisi kulit tertentu. Termasuk, bagi orang-orang yang memiliki reaksi alergi. 

Jadi, untuk mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan masker wajah dari bahan alami lakukanlah patch test.

Selain itu yang perlu Anda perhatikan, pengolahan masker wajah alami belum tentu higienis. Manfaatnya pun belum 100% terbukti.

Jika memungkinkan, gunakanlah berbagai produk masker wajah yang dijual di pasaran, yang sudah mendapatkan sertifikasi BPOM. 

Cobalahkan berkonsultasi dulu ke dokter sebelum pakai masker wajah alami. Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter terlebih dahulu lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

masker wajahperawatan wajah

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 24 Jam

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved