Masker Timun Kaya Manfaat untuk Kulit, Intip Cara Membuatnya

Timun bermanfaat untuk mengurangi peradangan akibat iritasi kulit wajah
Masker timun meredakan mata panda dan kantung mata

Selain bisa menjadi bahan makanan yang menyegarkan, timun juga bermanfaat bagi kulit, lho. Kandungan vitamin C dan asam kafeat di dalamnya sama-sama ampuh mengurangi peradangan atau iritasi pada kulit. Tak hanya itu, timun kaya dengan kandungan air (mencapai 96%) sehingga dapat menghidrasi kulit dengan baik (bila digunakan bersama hydrating moisturizer).

Kedua manfaat ini menjadikan timun bahan yang tepat untuk pembuatan masker wajah alami yang menyehatkan dan juga aman, bahkan untuk kulit sensitif sekali pun. Selain masker, Anda juga bisa mengolah timun menjadi produk perawatan kulit alami lainnya.

Cara membuat masker timun

Timun sangat mudah diolah menjadi produk perawatan kulit. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahannya pun mudah dicari. Tertarik untuk membuatnya? Yuk, coba beberapa ide berikut ini.

1. Timun untuk mata

Salah satu penggunaan timun yang paling populer adalah untuk mengurangi mata panda dan kantong mata akibat kurang tidur. Kandungan vitamin C dan asam folatnya membuat mata tampak lebih segar.

Cara penggunaanya adalah, dinginkan timun terlebih dahulu di kulkas. Setelah dingin tempelkan timun di area mata. Langkah ini ampuh mengurangi penumpukan cairan yang membuat mata terlihat sayu dan bengkak. Iritasi yang mungkin terjadi di area mata juga mereda dengan timun dingin ini.

Setelah mengaplikasikan masker timun di area mata, jangan lupa memberi pelembab agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

2. Toner timun untuk kulit terbakar

Ada kabar baik buat Anda yang sering mengalami masalah kulit terbakar. Di samping masker, buah hijau satu ini bisa dijadikan toner untuk meredakan perih di kulit akibat tersengat matahari.

Cara membuatnya, cuci bersih dan kupas timun. Kemudian, iris tipis, lalu masukkan dalam panci. Masukkan air sehingga timun terendam. Panaskan di atas kompor berapi kecil selama sekitar 5 hingga 7 menit.

Setelah itu, olah dengan blender hingga lembut. Saring hasilnya, kemudian pindahkan ke dalam botol sehingga bisa Anda gunakan sebagai toner. Namun perlu diingat bahwa racikan ini bisa digunakan selama 3-4 hari saja. Lebih dari itu manfaatnya sudah hilang.

Toner timun ini terbilang aman. Selama tidak ada reaksi negatif dari kulit, artinya tidak ada masalah untuk digunakan. Anda bisa menggunakannya seusai mandi, dalam kondisi wajah sudah bersih.

3. Masker timun untuk kulit berjerawat

Bagi Anda yang memiliki kulit mudah berjerawat dan rentan iritasi, masker timun bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengatasinya. Timun memiliki manfaat sebagai antioksidan, mengurangi bengkak, memberikan sensasi dingin sehingga mampu membantu mengurangi timbulnya jerawat.

Anda bisa membuat masker alami dengan mencampurkan timun dan tanah liat alami (bentonite clay). Hasilnya, masker timun yang bertekstur kental.

Manfaat masker timun ini bagi kulit wajah yang rentan berjerawat adalah mengangkat penumpukan minyak pemicu jerawat. Sementara bagi kulit yang rentan iritasi, masker wajah ini memberikan sensasi sejuk dan meredakan iritasi.

Masker ini juga tidak menyebabkan kulit kering atau terasa ditarik sehingga nyaman digunakan. Anda juga bisa menggunakannya pada kulit bagian lainnya tanpa harus khawatir dengan efek samping.

4. Air timun untuk cuci muka

Bosan dengan cuci muka dengan air biasa? Coba dengan air timun. Campurkan timun dengan bahan-bahan yang juga bermanfaat bagi kulit seperti lidah buaya, teh hijau, cuka apel, dan lainnya. Menggunakan air timun untuk cuci muka di pagi hari bisa membuat Anda merasa segar dan siap beraktivitas.

5. Lotion timun

Ingin membuat body lotion alami yang sehat dan murah? Buat saja sendiri dari timun. Caranya mudah, Anda bisa mencampurkan santan, ekstrak vitamin E (berbentuk minyak dan bisa didapatkan di apotek), lidah buaya dan timun untuk membuat body lotion alami. Semua bahannya alami dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Cara membuatnya, haluskan lidah buaya dan timun menggunakan blender. Kemudian tambahkan ekstrak vitamin E dan santan, aduk hingga merata.

6. Masker timun dan yogurt

Dalam pembuatan masker, timun mudah dipadukan dengan bahan-bahan lain yang ada di dapur Anda. Madu dan yogurt bisa menjadi campuran untuk membuat masker timun. Campurkan semuanya, lalu tambahkan oat untuk membuat produk perawatan wajah yang menyehatkan.

Perpaduan bahan ini dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus melembutkan wajah. Aroma timun yang lembut juga memberikan efek menenangkan bagi wajah.

Mitos khasiat masker timun

Sudah tidak terbantahkan lagi bahwa masker timun baik untuk kulit yang mengalami iritasi, terbakar, hingga berjerawat. Namun ada beberapa mitos yang masih diyakini seputar khasiat masker timun.

Beberapa mitos tersebut adalah:

  • Timun bisa mencerahkan kulit

Tidak benar bahwa timun bisa mencerahkan kulit, karena hal itu hanya dapat terjadi ketika sel kulit mati mengalami eksfoliasi.

  • Timun cukup menghidrasi kulit

Meski kandungan timun 96% adalah air, tidak benar bahwa timun bisa menghidrasi kulit. Justru seseorang harus memberikan pelembab setelah menggunakan masker timun agar kulit tetap terhidrasi.

  • Timun cukup memenuhi kebutuhan vitamin

Memang benar bahwa timun mengandung vitamin C, K, dan B. Namun tidak berarti timun telah memenuhi semua kebutuhan vitamin kulit.s

Meskipun begitu, tidak ada salahnya membuat masker timun untuk diaplikasikan sebelum tidur. Justru, hal ini baik bagi kulit. Namun agar mendapatkan kulit sehat yang maksimal, penggunaan masker timun harus diiringi dengan perawatan kulit lainnya dan jangan lupa memastikan tubuh terhidrasi dengan banyak minum air putih.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/cucumber-for-skin#final-verdict-on-cucumber
Diakses 29 Oktober 2019

Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/cucumber-skin-benefits_n_7645976
Diakses 29 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/283006.php
Diakses 29 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed