8 Manfaat Masker Timun dan Cara Membuatnya yang Wajib Diketahui


Manfaat masker timun untuk wajah dapat mengurangi masalah mata panda, mengurangi jerawat, hingga melembapkan wajah. Cara membuat masker timun bisa Anda sesuaikan dengan masalah kulit yang ingin ditangani.

(0)
30 Oct 2019|Azelia Trifiana
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat masker timun salah satunya dapat mengurangi kantong mataMasker timun meredakan mata panda dan kantung mata sehingga tampak lebih segar
Selain bisa menjadi bahan makanan yang menyegarkan, manfaat masker timun untuk wajah ternyata benar adanya, lho. Memang, apa saja manfaat penggunaan masker timun setiap hari? Lantas, bagaimana cara membuat masker timun untuk wajah?

Manfaat masker timun untuk wajah

Ada berbagai jenis masker wajah alami yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah masker timun. Timun mengandung vitamin C dan asam kafeat yang ampuh mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit. Di samping itu, timun juga kaya akan kandungan air (mencapai 96%) sehingga dapat menghidrasi kulit dengan baik. Tak ayal jika kedua kandungan timun tersebut seringkali digunakan sebagai masker wajah alami yang menyehatkan dan aman, bahkan untuk kulit sensitif sekali pun. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat masker timun untuk wajah yang bisa Anda coba.

1. Mengurangi kantong mata dan mata panda

Salah satu manfaat masker timun adalah mengurangi kantong mata dan mata panda yang disebabkan oleh kurang tidur. Hal ini tak terlepas dari kandungan vitamin C dan asam folat di dalamnya. Setelah menggunakan masker timun di area mata, jangan lupa mengoleskan krim mata untuk mengunci kelembapan kulit. Pasalnya, meski kaya akan kandungan air, masker timun saja tidak mampu menghidrasi kulit di area mata secara maksimal. 

2. Baik untuk kulit berjerawat

Manfaat masker timun baik untuk kulit berjerawat
Timun mampu membersihkan pori-pori kulit wajah
Masker timun untuk jerawat juga ada manfaatnya. Ya, bagi Anda yang memiliki kulit rentan berjerawat dan iritasi, masker timun bisa jadi pilihan tepat untuk mengatasinya. Kulit wajah yang berminyak disertai penumpukan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu munculnya jerawat. Nah, masker timun untuk jerawat dapat membantu membersihkan sekaligus mengencangkan pori-pori. Dengan ini, risiko munculnya jerawat dapat diminimalisir. 

3. Melembapkan kulit wajah

Manfaat masker timun untuk wajah adalah melembapkan kulit
Penggunaan masker timun secara rutin bisa melembapkan wajah
Manfaat masker timun untuk wajah berikutnya adalah melembapkan kulit. Kandungan air sebanyak 96% pada timun akan bekerja dengan optimal bila dicampurkan bahan-bahan alami lainnya. Misalnya, menambahkan madu, yogurt, atau aloe vera ke dalam masker timun. Akan tetapi, penting bagi Anda untuk menggunakan pelembap setelah mengoleskan masker timun pada wajah. Sebab, hasil studi menemukan bahwa penggunaan timun untuk wajah tanpa diikuti dengan pelembap setelahnya justru dapat mengurangi hidrasi kulit. 

4. Melawan tanda-tanda penuaan dini

Melawan tanda-tanda penuaan juga bisa jadi manfaat masker timun untuk wajah
Seiring bertambahnya usia, keriput di wajah semakin terpampang nyata
Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam Archives of Dermatological Research, manfaat masker timun yang berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya dipercaya mampu melawan tanda-tanda penuaan, seperti keriput. Lebih lanjut, masker timun mengandung vitamin C dan asam folat di dalamnya. Kandungan vitamin C dapat membantu merangsang pertumbuhan sel baru. Sementara, asam folat bisa membantu melawan racun dari paparan lingkungan yang membuat kulit tampak kusam sehingga menjadi penyebab penuaan dini. 

5. Menenangkan iritasi kulit

Khasiat masker timun juga berasal dari efek antiradang yang dapat meringankan rasa nyeri, kemerahan, dan iritasi pada wajah.Anda pun bisa memanfaatkan penggunaan masker timun untuk mengatasi kulit terbakar matahari (sunburn), gigitan serangga, hingga ruam. 

6. Sebagai toner wajah

Tak hanya dijadikan masker timun, bahan makanan berwarna hijau muda ini dapat digunakan sebagai toner wajah alami yang mampu menenangkan kulit. Cara membuat toner timun adalah dengan mencuci bersih timun dan mengupas kulitnya. Kemudian, iris timun tipis-tipis, masukkan dalam panci. Tambahkan air ke dalam panci, lalu panaskan di atas kompor berapi kecil selama sekitar 5-7 menit. Jika sudah selesai, haluskan timun yang sudah dimasak dengan blender sampai lembut. Saring airnya, kemudian pindahkan ke dalam botol semprot kecil untuk digunakan sebagai toner wajahAnda bisa menggunakan toner timun setelah membersihkan wajah.Akan tetapi, perlu diingat bahwa toner timun hanya bisa digunakan selama 3-4 hari. Lebih dari rentang waktu tersebut, manfaat timun untuk toner wajah mungkin sudah tidak efektif lagi.

7. Berfungsi untuk cuci muka

Bosan cuci muka dengan air biasa? Anda bisa menggunakan timun sebagai air cuci muka. Caranya, campurkan air mentimun dengan bahan-bahan alami lainnya, seperti lidah buaya, teh hijau, atau cuka apel. Menggunakan air timun untuk cuci muka di pagi hari bisa membuat kulit wajah lebih segar dari biasanya. 

8. Meredakan pembengkakan pada mata

Pernah alami mata bengkak karena kurang tidur? Yuk, coba masker timun!Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Fitoterapia, manfaat masker timun bisa meredakan pembengkakan di kulit.

Cara membuat masker timun untuk wajah di rumah

Setelah mengetahui manfaat masker timun untuk wajah di atas, Anda mungkin jadi tertarik untuk membuatnya di rumah. Bagaimana cara membuat masker dari timun untuk wajah? Cara membuat masker dari timun untuk wajah sebenarnya sangat mudah.Anda bisa menggunakan buah timun saja, atau mencampurkan timun dengan bahan-bahan alami yang lain sesuai jenis dan masalah kulit. 
Manfaat masker timun mampu menyegarkan kulit wajah
Anda bisa mencampurkan timun dengan bahan alami lain sebagai masker
Adapun beberapa cara membuat masker timun untuk wajah yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut:

1. Cara membuat masker timun sederhana untuk menyegarkan dan meremajakan kulit wajah

Ingin kulit wajah tampak segar? Anda bisa membuat masker timun yang paling mendasar berikut ini. 
  • Haluskan setengah potong timun (tidak perlu dikupas kulitnya) menggunakan blender, food processor, atau manual dengan tangan. 
  • Gunakan saringan untuk memisahkan sari timun yang sudah dihaluskan. 
  • Oleskan sari atau air timun pada wajah Anda yang sudah dibersihkan sebelumnya. 
  • Diamkan masker timun sampai mengering selama 15 menit. 
  • Bilas masker menggunakan air dingin atau air hangat. 
  • Keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya. 

2. Cara membuat masker timun dan lidah buaya untuk melembapkan wajah

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, membuat masker timun dan lidah buaya tak ada salahnya untuk dicoba. Simak cara membuat masker dari timun dan lidah buaya di bawah ini. 
  • Haluskan setengah potong timun (tidak perlu dikupas kulitnya) menggunakan blender, food processor, atau manual dengan tangan. 
  • Gunakan saringan untuk memisahkan sari mentimun yang sudah dihaluskan.
  • Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalam sari timun. Aduk merata sampai menjadi pasta masker. 
  • Oleskan masker timun dan lidah buaya pada wajah Anda yang sudah dibersihkan sebelumnya. 
  • Diamkan masker timun sampai mengering selama 15 menit. 
  • Bilas masker menggunakan air dingin. 
  • Keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya. 

3. Cara membuat masker timun, madu, dan oatmeal untuk kulit berjerawat

Cara membuat masker dari timun untuk jerawat ini  bisa Anda terapkan di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan 1 sendok makan timun dan 1 sendok madu. Timun merupakan astringent alami, manfaat oatmeal dapat membantu mengeksfoliasi kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Sementara, manfaat madu mampu menyeimbangkan pertumbuhan bakteri pada kulit. Selanjutnya, Anda dapat melakukan  langkah-langkah di bawah ini. 
  • Haluskan setengah potong timun (tidak perlu dikupas kulitnya) menggunakan blender, food processor, atau manual dengan tangan. 
  • Gunakan saringan untuk memisahkan sari timun yang sudah dihaluskan.
  • Masukkan oatmeal ke dalam sari atau air timun. Aduk merata sampai halus. 
  • Masukkan madu ke dalam campuran air timun dan oatmeal. Aduk merata kembali. 
  • Oleskan sari atau air timun pada wajah dan leher Anda yang sudah dibersihkan sebelumnya. Gunakan jari tangan bersih untuk mengoleskannya. 
  • Diamkan masker timun sampai mengering selama 15 menit. 
  • Bilas masker menggunakan air dingin atau air hangat. 
  • Keringkan wajah dengan handuk dengan cara menepuk-nepuknya. 
Beberapa orang mungkin ada yang menerapkan cara membuat masker timun untuk memutihkan wajah. Sayangnya, klaim manfaat masker timun ini belum didukung oleh hasil penelitian sehingga Anda tidak dapat menggunakannya sebagai cara memutihkan wajah.

Cara menggunakan masker timun untuk wajah yang aman

Penting untuk diketahui bahwa keamanan dan efektivitas khasiat masker timun untuk wajah sejatinya belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Beberapa hasil studi yang tersedia, ada yang masih dilakukan pada uji coba hewan. Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah kulit berarti pada wajah, sah-sah saja untuk menggunakan masker timun setiap hari.Namun, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau masalah kulit tertentu.Nah, guna mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan masker timun untuk wajah atau tidak, sebaiknya lakukan langkah-langkah di bawah ini terlebih dahulu.
  • Oleskan sedikit masker timun pada area kulit lengan bawah.
  • Tunggu selama 24-48 jam untuk melihat reaksinya pada kulit Anda.
  • Jika kulit Anda tidak mengalami reaksi alergi, seperti iritasi, kemerahan, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, Anda aman untuk menggunakan masker ini pada wajah.
  • Sebaliknya, apabila muncul reaksi alergi, berhentilah menggunakannya untuk wajah. Kemudian, segera bilas masker menggunakan air bersih.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan masker timun. Jika sebelumnya Anda menggunakan make up, hapus make up dahulu. Saat mengoleskan masker wajah dari timun, lakukan pijatan lembut pada wajah dengan gerakan memutar searah jarum jam. Langkah ini dapat membantu agar kandungannya dapat terserap dengan baik ke dalam pori-pori kulit. Selain itu, memijat wajah saat mengoleskan masker dapat meningkatkan aliran darah pada permukaan kulit. Setelah menunggu 10-15 menit, bilas wajah dengan air hangat (suam-suam kuku) atau air dingin. Membilas wajah dengan air terlalu panas dapat membuat kulit kering dan iritasi. Sebaiknya, jangan menggunakan masker lebih dari 2-3 kali dalam seminggu. Sebab, penggunaan masker wajah secara berlebihan dapat mengiritasi dan mengganggu keseimbangan minyak alami pada kulit. 

Catatan dari SehatQ

Untuk mendapatkan kulit sehat maksimal, penggunaan masker timun harus diiringi dengan perawatan kulit lainnya. Selain itu, jangan lupa memastikan tubuh terhidrasi dengan banyak minum air putih.Penasaran ingin coba manfaat masker timun untuk wajah, tetapi masih merasa ragu?Anda bisa konsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk berdiskusi lebih lanjutCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/cucumber-for-skin#final-verdict-on-cucumber
Diakses 29 Oktober 2019
Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/cucumber-skin-benefits_n_7645976
Diakses 29 Oktober 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/283006.php
Diakses 29 Oktober 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/cucumber-face-mask
Diakses pada 4 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/21153830/
Diakses pada 4 November 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/260228305_Exploring_cucumber_extract_for_skin_rejuvenation
Diakses pada 4 November 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0367326X12002791?via%3Dihub
Diakses pada 4 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait