Resep Bahan Alami untuk Membuat Masker Payudara


Masker payudara dapat dibuat dengan bahan-bahan alami, termasuk air perasan jeruk, teh, tomat, alpukat, minyak zaitun, maupun minyak kelapa. Sebelum menggunakannya, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan tersebut.

(0)
20 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Masker payudara dipercaya mampu mengencangkan buah dadaMasker payudara dinilai dapat memperindah payudara
Menggunakan masker payudara kerap diklaim sebagai cara yang mudah sekaligus murah untuk mengencangkan payudara. Tak pelak, banyak merek masker payudara dijual di pasaran yang mengandung berbagai bahan alami maupun campuran zat kimia tertentu.Selain menggunakan masker payudara yang dijual dalam bentuk kemasan, Anda juga bisa membuat sendiri masker payudara dari bahan-bahan alami yang mudah didapat. Apa saja bahan-bahan alami yang dimaksud?Lalu, bagaimana ilmu kesehatan memandang fenomena ini? Benarkah bahan-bahan alami tersebut dapat mengencangkan payudara, atau justru memiliki efek samping yang membahayakan kesehatan? Berikut ini pembahasannya.

Masker payudara bisa dibuat dengan bahan alami ini

Alpukat bisa dijadikan bahan masker payudara
Ada banyak jenis masker payudara dengan berbagai bahan dasar yang dijual di toko online maupun offline. Pastikan Anda memilih masker payudara yang mengandung bahan pengencang kulit, seperti kolagen, vitamin A, vitamin C, dan zinc.Prinsip yang sama juga berlaku bila Anda hendak membuat masker payudara sendiri di rumah. Gunakan bahan-bahan alami yang mengandung keempat bahan di atas, misalnya:
  • Putih telur
  • Air perasan jeruk
  • Gerusan buah berry (strawberry, blueberry, dan lain-lain)
  • Teh putih
  • Tomat
  • Alpukat
Bahan-bahan tersebut juga dapat dicampur dengan minyak alami, seperti:
  • Minyak zaitun: kaya akan berbagai jenis vitamin dan antioksidan yang dapat melembapkan kulit
  • Minyak almond: mengandung vitamin E yang dapat melembapkan kulit payudara
  • Minyak kelapa: mengandung vitamin E dan asam lemak yang dapat menjaga kelembapan kulit sekaligus dapat bersifat antijamur dan antibakteri
  • Minyak jojoba: bersifat emolien yang dapat melembapkan serta menenangkan kulit
  • Minyak lavender: bersifat antiperadangan dan melembapkan kulit.

Cara memakai masker payudara

Sebelum menggunakan masker payudara, pastikan Anda membersihkan area ini terlebih dahulu. Kemudian, campurkan bahan-bahan yang akan Anda jadikan masker hingga merata dan tidak menggumpal.Selanjutnya, aplikasikan masker atau lulur payudara ke permukaan payudara hingga dada, dengan tangan atau kuas masker. Sambil mengoleskan masker, lakukan pijatan ringan dengan menarik ke arah dalam gerakan memutar.Diamkan masker selama beberapa menit atau hingga mengering. Setelah itu, bersihkan menggunakan air mengalir hingga tidak ada sisa masker di payudara, lalu basuh dengan handuk bersih.
Pastikan tekstur masker tidak menggumpal
Jika tidak sedang memakai masker payudara, Anda juga bisa hanya menggunakan minyak alami untuk memijat area payudara agar terkesan lebih kencang dan tidak kendur. Namun, pastikan terlebih dahulu minyak maupun bahan alami tersebut tidak menimbulkan reaksi alergi di kulit.Hentikan pemakaian jika Anda mengalami reaksi alergi, seperti munculnya ruam, kulit terasa gatal, dan pecah-pecah. Bila perlu, kerkonsultasilah ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat atas efek samping penggunaan masker payudara tersebut.

Apakah masker payudara efektif mengencangkan payudara?

Sejauh ini, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa penggunaan masker payudara efektif untuk mengencangkan payudara yang sudah kendur. Bahkan faktanya, bentuk payudara Anda tidak akan bisa sepenuhnya kembali kencang seperti saat masih muda dahulu, kecuali lewat jalan operasi (breast lift).Kendati demikian, Anda bisa melatih otot dada agar lebih kencang sehingga payudara juga tampak tidak kendur dengan cara:
  1. Melakukan olahraga:

    Seperti push-up, berenang, bench press, dan arm curl. Olahraga juga bisa memastikan postur Anda tetap tegak dan tidak bungkuk sehingga mengesankan dada kencang serta payudara tidak kendur.
  2. Menjaga asupan nutrisi:

    Termasuk menjaga berat badan agar tidak kegemukan, minum cukup air, dan tidak merokok.
  3. Memakai bra yang pas:

    Mengenakan bra yang sesuai dengan ukuran dapat membuat payudara terkesan kencang dan tidak kendur.

Catatan dari SehatQ

Sebenarnya Anda tidak wajib menggunakan masker payudara. Membersihkan area payudara bisa dilakukan cukup dengan mandi 2 kali sehari dan dapat diselingi dengan melakukan scrubbing 1 kali seminggu pada tubuh.Meski penggunaan masker payudara belum terbukti khasiatnya, tidak ada salahnya jika Anda ingin menggunakan produk kecantikan tersebut. Kendati demikian, jangan berharap terlalu banyak bahwa hasilnya akan sebagus jika Anda menjalani operasi pengencangan payudara.
perawatan kulitkulit dan kecantikanpayudara
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-sagging-breast
Diakses pada 5 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/oil-for-breasts
Diakses pada 5 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/butt-boob-vagina-masking
Diakses pada 5 Januari 2020
Medicine Net. https://www.medicinenet.com/collagen_diet/article.htm
Diakses pada 5 Januari 2020
Universitas Atma Jaya Yogyakarta. http://e-journal.uajy.ac.id/6226/3/TA213437.pdf
Diakses pada 5 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait