Manfaat Masker Madu untuk Wajah dan Cara Membuat Maskernya


Manfaat masker madu untuk wajah ternyata melimpah. Tak sedikit orang mencoba manfaat madu untuk wajah yang diyakini bisa mengatasi jerawat hingga melembapkan kulit. Bagaimana cara membuat masker madu?

0,0
24 Jun 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat masker madu untuk wajah adalah mampu melembapkan wajahManfaat masker madu akan terasa maksimal bila menggunakan madu manuka
Manfaat masker madu untuk wajah ternyata melimpah. Tak ayal jika banyak orang telah mencoba manfaat madu untuk wajah yang diyakini dapat mengatasi jerawat hingga melembapkan kulit. Kendati demikian, tidak semua jenis madu dapat memberikan khasiat yang sama untuk kulit. 
Manfaat masker madu untuk kulit bisa didapat bila menggunakan madu yang benar-benar asli dan sebisa mungkin belum melewati tahapan pasteurisasi. Madu asli yang alami dihasilkan oleh lebah dan mengandung berbagai komponen zat yang berguna untuk kulit, seperti fruktosa, glukosa, protein, asam amino, mineral, enzim, dan lainnya.

Apa manfaat masker madu untuk wajah?

Madu sudah seringkali digunakan sebagai bahan tambahan dalam sejumlah produk perawatan kulit. Adapun beberapa manfaat masker madu untuk wajah dan cara menggunakannya adalah sebagai berikut. 

1. Mengatasi jerawat

Manfaat masker madu untuk wajah berjerawat ternyata ada
Oleskan masker madu dan kayu manis pada wajah yang bersih
Salah satu manfaat masker madu untuk wajah adalah mengatasi jerawatMadu mengandung sifat antiradang dan antibakteri yang mampu meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Sebuah hasil riset yang dimuat dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine membuktikan bahwa mengandung enzim yang dapat membentuk hidrogen peroksida, yakni salah satu zat antimikroba. Selain itu, manfaat madu untuk wajah berjerawat juga mampu membunuh bakteri penyebab jerawat Propionibacterium acnesCara menghilangkan jerawat dengan madu terasa maksimal bila menggunakan madu yang belum terpasteurisasi, seperti madu manuka. Madu manuka masih memiliki zat antimikroba yang lebih banyak karena kadar pH yang rendah dan tinggi gula. Cara membuat masker madu dan bubuk kayu manis adalah sebagai berikut. 
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan 2 sendok makan madu manuka dan 1 sendok teh kayu manis yang dihaluskan. Aduk merata sampai menjadi pasta masker kental. 
  • Oleskan pada permukaan wajah berjerawat atau terdapat bekas jerawat menggunakan jari tangan bersih atau cotton bud.
  • Diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas wajah sampai air bersih menggunakan air hangat.  

2. Menyamarkan bekas jerawat

Manfaat masker madu untuk jerawat juga dapat menghilangkan bekasnya. Sebuah hasil studi yang dimuat dalam Central Asian Journal of Global Health mengemukakan bahwa manfaat madu untuk wajah dipercaya dapat menyamarkan bekas jerawat. Madu memiliki sifat anti peradangan, antibakteri, antijamur, antimikroba, dan antiseptik yang baik untuk kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu yang dilakukan secara rutin bisa membuat warna kulit wajah semakin merata. Sebab, madu juga mengandung zat pencerah yang mampu meratakan warna kulit yang tidak merata akibat kemunculan bekas jerawat.Anda bisa menerapkan cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu dan kunyit sebagai berikut. 
  • Masukkan 1 sendok teh kunyit bubuk, 1 sendok teh madu asli, dan 1 sendok teh yogurt tanpa rasa.
  • Aduk merata sampai menjadi pasta masker. 
  • Oleskan masker madu dan kunyit pada wajah yang sudah dibersihkan. Namun, hindari area mata dan bibir. 
  • Diamkan masker sampai mengering selama 20 menit. 
  • Bilas wajah sampai bersih menggunakan air hangat dan sabun cuci muka. 
  • Keringkan wajah menggunakan handuk dengan cara ditepuk-tepuk. 

3. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat masker madu bisa mencerahkan wajah
Wajah jadi lebih cerah berkat masker madu
Mengangkat sel kulit mati juga jadi manfaat masker madu untuk wajah. Hal ini karena madu mengandung sejumlah enzim yang dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati penyebab pori-pori tersumbat. Dengan demikian, kulit wajah bisa jadi lebih cerah. Simak cara membuat masker madu untuk mengangkat sel kulit mati di bawah ini. 
  • Campurkan 2 sendok makan madu, 3 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh minyak zaitun, dan 1 sendok teh air lemon. Aduk sampai merata.
  • Oleskan campuran masker tersebut pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. 
  • Pijat wajah secara lembut dengan gerakan memutar menggunakan jari tangan. Lakukan langkah ini selama beberapa menit. 
  • Cuci bersih wajah dengan air hangat, lalu lanjutkan menggunakan air dingin. 
  • Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya memakai handuk. 

4. Melembapkan kulit

Manfaat masker madu untuk wajah berikutnya adalah melembapkan kulit. Kandungan zat aktif pada madu diklaim mampu mencegah kulit wajah Anda jadi kering dan kusam. Cara membuat masker madu untuk melembapkan kulit sangatlah muda. Anda hanya perlu mencuci muka terlebih dahulu. Lalu, oleskan madu pada permukaan wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air sampai bersih. 

5. Menyembuhkan penyakit kulit

Manfaat masker madu untuk wajah lainnya adalah menyembuhkan penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasisMadu dapat membantu mempercepat proses pemulihan penyakit kulit sekaligus mengurangi peradangan yang terjadi. Cara memakai madu ini bisa dilakukan secara berkala pada area kulit yang mengalami gejala eksim atau psoriasis. Namun, pastikan Anda menggunakan madu manuka untuk mendapatkan manfaat madu untuk kulit ini. Kemudian, ikuti tata cara membuat masker madu di bawah ini. 
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan 1 sendok teh extra virgin coconut oil dan 1 sendok teh madu manuka.
  • Aduk kedua bahan alami tersebut sampai tercampur merata. 
  • Oleskan pada permukaan wajah secara merata. 
  • Diamkan sampai mengering selama 10 menit. 
  • Cuci bersih wajah dengan sabun pembersih muka. 
  • Keringkan muka dengan handuk, lalu oleskan pelembap. 

6. Memperlambat tanda-tanda penuaan

manfaat masker madu bisa memperlambat tanda penuaan
Kemunculan kerutan bisa disamarkan dengan penggunaan masker madu
Manfaat masker madu untuk wajah bisa pula untuk memperlambat tanda-tanda penuaan. Hal ini berkat manfaat antioksidan di dalamnya yang mampu mencegah kerusakan kulit akibat paparan lingkungan.Selain itu, manfaat madu untuk wajah juga mampu memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kerutan, atau garis halus di wajah. 

7. Membasmi jamur

Tahukah Anda kalau manfaat masker madu untuk wajah dapat membasmi jamur penyebab infeksi kulit? Kurap, misalnya, adalah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Bagi orang yang mengalaminya, masalah kurap dapat mengganggu penampilan sehingga menurunkan rasa percaya diri. Cara membuat masker madu untuk membasmi jamur adalah mengoleskan pada area wajah yang bermasalah dengan madu murni. Namun, hindari area wajah yang terdapat luka terbuka. Lakukan cara memakai masker madu ini secara rutin sampai infeksi jamur menghilang. Hal yang perlu diingat adalah, madu bukanlah obat alami kurap untuk menghilangkan jamur. Jadi, tetap gunakan obat dari dokter sebagai cara menghilangkan kurap

8. Mencegah bibir kering dan pecah-pecah

Berkat kandungan antimikroba di dalamnya, manfaat madu juga bisa digunakan untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Anda hanya cukup mengoleskan madu yang telah dicampur dengan beberapa tetes air hangat ke permukaan bibir secara merata. 

Bagaimana cara membuat masker madu? 

Manfaat masker madu bisa terasa maksimal bila dicampur bahan alami lain
Gunakan madu manuka yang baik untuk kulit wajah
Selain beberapa cara membuat masker madu sesuai dengan masalah kulit yang ingin ditangani, masih ada beberapa pilihan masker madu dan bahan alami lainnya. Berikut adalah cara membuat masker madu lainnya yang bisa Anda lakukan di rumah. 

1. Masker madu dan lemon

Anda bisa membuat masker madu dan lemon di rumah. Manfaat masker madu dan lemon adalah mampu menyeimbangkan produksi minyak di kulit sehingga pH-nya tetap normal. Lemon juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus meratakan warna kulit. Cara membuat masker madu dan lemon adalah sebagai berikut.
  • Siapkan ½ sendok air perasan lemon dan 1 sendok makan madu. 
  • Campurkan madu dan lemon dalam sebuah mangkuk. 
  • Aduk kedua bahan alami di atas sampai teksturnya lembut dan kental. 
  • Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Namun, hindari area sekitar mata dan bibir.

2. Masker madu, susu, dan cuka apel

Manfaat masker madu dan cuka apel ternyata dikenal baik bagi pemilik kulit sensitif. Cara membuat masker madu dan cuka apel baik untuk mengecilkan pori-pori dan mengendalikan kadar pH kulit. 
  • Campurkan 1 sendok makan susu bubuk putih, 2 sendok teh cuka apel, dan ½ sendok teh madu asli dalam sebuah mangkuk. 
  • Aduk seluruh bahan alami di atas sampai teksturnya lembut dan kental. 
  • Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Namun, hindari area sekitar mata dan bibir.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas wajah dengan air dingin. 
Cara memakai masker madu, susu, dan cuka apel ini bisa digunakan seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Masker madu, lemon, dan pisang

Ingin wajah tampak glowing? Coba resep masker madu dan pisang. Masker pisang dapat membantu menghilangkan bintik hitam, melembutkan, menutrisi, dan menjaga elastisitas kulit.  Simak tata cara membuat masker madu dan pisang di bawah ini. 
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, campurkan 1 buah pisang yang telah dihaluskan dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh air lemon. Aduk merata.
  • Oleskan masker pisang dan madu pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan selama 10-15 menit. 
  • Bilas wajah sampai bersih menggunakan air hangat. 

Apa efek samping madu untuk wajah?

Perlu diingat bahwa sejumlah khasiat masker madu di atas, mungkin masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. Jadi, gunakan masker madu untuk wajah dengan wajar. Meski relatif aman, penggunaan madu untuk wajah mungkin saja tidak cocok dioleskan pada semua jenis kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada wajah, sah-sah saja untuk merasakan manfaat madu untuk wajah ini.Namun, berbeda bagi orang-orang dengan jenis wajah atau kondisi kulit tertentu. Apalagi bagi orang yang memiliki reaksi alergi tertentu. Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, penggunaan madu untuk wajah bisa menimbulkan gejala iritasi, seperti kulit memerah, gatal, hingga jerawat.Jika masker madu justru membuat kondisi kulit wajah Anda memburuk, segera hentikan pemakaian. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter kulit.

Bagaimana cara memakai masker madu yang aman? 

Untuk memperoleh manfaat masker madu untuk wajah yang maksimal, Anda perlu tahu tata cara memakai masker madu dengan aman guna meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi.Pasalnya, setiap kondisi kulit setiap orang tidak sama. Jadi, alangkah baiknya Anda melakukan uji coba terlebih dahulu pada kulit dan lihat reaksinya. Caranya, oleskan sedikit masker madu pada area belakang siku. Diamkan selama minimal 10 menit untuk melihat reaksi berupa rasa gatal, kemerahan, hingga pembengkakan, yang mungkin terjadi.

Catatan dari SehatQ

Ingatlah untuk senantiasa berhati-hati sebelum menggunakan masker atau produk apa pun pada wajah. Alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan masker wajah alami, termasuk masker madu untuk wajah.Dokter kulit bisa membantu Anda dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok guna memperoleh manfaat madu untuk wajah sebagai perawatan kulit sehari-hari atau tidak. Dengan begitu, manfaat madu untuk wajah pun bisa Anda dapatkan secara efektif, optimal, dan tetap aman.Masih ragu memperoleh manfaat masker madu untuk wajah? Coba konsultasikan dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
masker wajahperawatan wajahmadu
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24305429
Diakses pada 22 Januari 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/315877.php
Diakses pada 22 Januari 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-for-face
Diakses pada 22 Januari 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/honey-to-get-glowing-skin/#5-banana-and-honey
Diakses pada 5 Januari 2021
Central Asian Journal of Global Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5661189/
Diakses pada 5 Januari 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/8-health-benefits-of-honey-for-a-happy-new-year.aspx
Diakses pada 5 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait