Tetap Bersinar dengan 6 Masker Alami untuk Menghilangkan Jerawat Ini

Masker alami untuk menghilang jerawat bisa dibuat dengan madu
Madu dapat digunakan sebagai bahan dasar membuat masker alami untuk menghilangkan jerawat

Jerawat memang bikin bete. Mencari obat jerawat yang ampuh pun kadang sulitnya minta ampun. Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba membuat masker alami untuk menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Cek dapur Anda - apabila ada kunyit, madu, teh hijau, hingga minyak zaitun, Anda sudah bisa membuat masker alami untuk jerawat. Yuk, cek resepnya.

6 Masker alami untuk menghilangkan jerawat dan klaim di baliknya

Tak sulit dan bisa dilakukan di rumah, berikut ini 6 masker alami untuk menghilangkan jerawat yang bisa dicoba:

1. Masker kunyit + madu

Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki sifat antiradang. Sementara itu, madu merupakan bahan yang memiliki sifat antioksidan. Mencampurkan kedua bahan ini membantu menenangkan kulit yang meradang serta mencegah timbulnya jerawat di masa mendatang.

Takaran yang diperlukan untuk membuat masker madu + kunyit, yaitu:

  • 1/2 sendok teh kunyit
  • 1 sendok makan madu

Campurkan kedua bahan di atas, kemudian oleskan ke wajah. Diamkan masker alami ini selama 10-15 menit, lalu bilas wajah hingga bersih.

2. Masker campuran gel lidah buaya dengan kunyit atau teh hijau

Ahli menyebutkan bahwa lidah buaya memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit. Tumbuhan ini membantu mengatasi jerawat yang sangat meradang. Tak sampai di situ, kandungan sulfur dan asam salisilatnya juga cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

Lidah buaya untuk masker alami antijerawat
Lidah buaya diyakini mampu melawan jerawat yang meradang

Anda bisa mencampurkan gel lidah buaya dengan bahan alami lain, seperti kunyit dan teh hijau. Campuran ini bisa dicoba untuk mengendalikan minyak dan kulit yang sensitif. Oleskan campuran masker alami ini di wajah dan tunggu selama 15-20 menit sebelum dibilas hingga bersih.

3. Masker campuran tea tree oil dengan minyak pelarut

Bahan masker alami untuk menghilangkan jerawat lainnya adalah tea tree oil. Tea tree oil telah terbukti memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Riset pun menemukan bahwa bahan ini mampu melawan jerawat. Namun, penggunaannya perlu bijak karena konsentrasi tea tree oil yang tinggi bisa mengiritasi kulit.

Anda bisa mencoba membuat masker alami ini dengan meneteskan sedikit saja tea tree oil ke 12 tetes minyak pelarut. Minyak pelarut yang digunakan dapat berupa:

Setelah itu, pijat wajah Anda (hindari area mata) dengan campuran tea tree oil tersebut. Diamkan setelah 5-8 menit, lalu basuh wajah dengan handuk hangat. Terakhir, lanjutkan ritual skin care Anda dan lewatkan penggunaan toner.

4. Masker campuran tea tree oil dengan clay mask

Selain mencampurkannya dengan minyak pelarut, tea tree oil juga bisa dicampurkan sebanyak 1-2 tetes ke calcium bentonite clay mask. Calcium bentonite clay adalah jenis tanah liat penyerap yang biasanya terbentuk dari abu vulkanik yang menua.

Pencampuran tea tree oil dengan clay membantu membuat pembatas antara kulit dengan zat yang mungkin bisa menyebabkan iritasi.

5. Masker campuran witch hazel, air mawar, dan clay mask

Witch hazel merupakan bahan lain yang memiliki popularitas untuk mengatasi masalah kulit. Dilaporkan bahwa bahan ini diyakini mampu menyingkirkan minyak berlebih dari kulit kita. Witch hazel juga memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga banyak digunakan dalam mengatasi jerawat.

Anda bisa mencoba mencampurkan beberapa tetes witch hazel dengan dengan air mawar atau air teh putih. Air tersebut kemudian dicampurkan ke bentonite clay mask. Kemudian, aplikasikan clay mask seperti biasa, dan biarkan di wajah selama 10 menit. Basuh dengan lembut menggunakan handuk basah yang bersih.

6. Masker kayu manis dan madu

Kayu manis tak hanya melezatkan sajian. Bahan ini juga kaya dengan molekul antioksidan - molekul yang dilaporkan mampu melawan jerawat. Madu dan kayu manis juga disebutkan memiliki kemampuan untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan, dua faktor yang bisa memicu jerawat.

kayu manis untuk masker alami jerawat
Kayu manis disebutkan memiliki kemampuan antibakteri

Untuk membuat masker untuk jerawat dari kayu manis dan madu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • oleskan masker ke wajah yang sudah dibersihkan, dan biarkan selama 10-15 menit
  • Terakhir, bilas wajah dan tepuk-tepuk sampai kering.

Catatan dari SehatQ

Masker alami untuk menghilangkan jerawat di atas bisa dicoba di rumah, dengan beberapa langkah mudah. Apabila jerawat di wajah dirasa parah dan tak kunjung hilang, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menemui dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/face-mask-for-acne
Diakses pada 24 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/calcium-bentonite-clay
Diakses pada 24 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/witch-hazel-for-face
Diakses pada 24 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-acne-remedies
Diakses pada 24 April 2020

Artikel Terkait