Pilihan Masker Alami untuk Kulit Kering dan Cara Membuatnya


Masker alami untuk kulit kering merupakan perawatan kulit wajah kering yang bisa dicoba di rumah. Masker wajah alami untuk kulit kering bisa terbuat dari minyak kelapa, madu, lidah buaya, oatmeal, hingga stroberi. Pastikan Anda menggunakannya secara aman dengan melakukan tes pada kulit terlebih dahulu.

0,0
18 Nov 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Masker alami untuk kulit kering yang ampuhOleskan masker alami untuk kulit kering pada wajah yang sudah bersih menggunakan kuas khusus
Salah satu cara merawat kulit wajah kering bisa menggunakan masker wajah. Masker alami untuk kulit kering merupakan pilihan perawatan kulit yang bisa Anda lakukan di rumah. Bagaimana cara membuat masker wajah alami untuk kulit kering? 

Pilihan dan cara membuat masker alami untuk kulit kering

Secara alami, kulit menghasilkan minyak yang disebut dengan sebum. Keberadaan sebum berfungsi untuk melindungi kulit agar tetap lembap. Sayangnya, sebagian orang mungkin memiliki kadar minyak alami yang kurang sehingga menyebabkan kulit menjadi kering. Alhasil, kulit bisa terasa kasar, mengelupas, bahkan rentan memunculkan tanda-tanda penuaan, seperti keriput atau garis halus di wajah. Penyebab kulit wajah kering sebenarnya beragam, mulai dari cuaca dingin, paparan AC dalam waktu yang lama, terlalu sering mencuci muka, penggunaan produk perawatan kulit yang kurang tepat, hingga kondisi medis tertentu. Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa bahan alami yang dipercaya mampu mengatasi permasalahan kulit kering ini. Berbagai bahan ini biasanya diolah menjadi masker alami untuk wajah kering. Fungsi masker masker untuk kulit kering dan kasar ini dapat membantu melembapkan kulit secara perlahan agar tidak kering lagi. Berikut beberapa masker alami untuk kulit kering yang bisa Anda coba:

1. Masker minyak zaitun

Salah satu masker alami untuk kulit kering terbuat dari minyak zaitun. Minyak zaitun bekerja sebagai pembersih wajah alami yang mampu melembapkan kulit wajah. Manfaat minyak zaitun untuk wajah juga dapat berperan sebagai pelembap wajah alami untuk menutrisi dan menghaluskan kulitHal ini berkat kandungan antioksidan dan lemak baik yang mampu mengurangi radikal bebas serta meredakan kulit iritasi atau terbakar sinar matahari (sunburn). 
Masker alami untuk kulit kering dari minyak zaitun
Manfaat minyak zaitun bisa dioleskan langsung pada wajah
Selain itu, kandungan asam lemak dalam minyak zaitun berfungsi sebagai pelembap alami kulit. Struktur kimianya sangat menyerupai produksi minyak alami pada kulit manusia. Hasilnya, kulit Anda akan jadi lebih lembap, elastis, lembut, dan bersinar.Cara membuat masker wajah alami untuk kulit kering dari minyak zaitun, Anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada permukaan wajah yang sudah bersih. Tutup wajah menggunakan handuk bersih yang telah dibasahi air hangat. Diamkan sampai handuk berangsur dingin, kemudian bersihkan minyak zaitun. 

2. Masker alpukat

Masker alpukat juga bisa jadi pilihan masker alami untuk kulit kering berikutnya. Manfaat masker alpukat untuk wajah yang kering adalah melembapkan dan menutrisi kulit. Khasiat ini berasal dari berbagai kandungan, seperti beta karoten, lecithin, asam linoleat, dan asam linoleat di dalamnya. Kandungan tersebut dipercaya mampu melembapkan kulit yang kering, bersisik, bahkan pecah-pecah. Kandungan vitamin A dan E pada alpukat juga mampu mencegah kulit kering dengan meningkatkan kelembapannya.Sebuah studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition melakukan penelitian terhadap lebih dari 700 wanita, untuk melihat hubungan antara kondisi kulit dengan asupan lemak dan sumber antioksidan. Para peneliti menemukan bahwa asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti buah alpukat, mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan.Adapun cara membuat masker alami untuk kulit kering dan kasar dari buah alpukat adalah sebagai berikut:
  • Dalam sebuah mangkuk, campurkan ½ buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan 1 sendok teh minyak zaitun. 
  • Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan madu bila kondisi kulit sangat kering.
  • Aduk merata seluruh bahan tersebut, lalu oleskan masker wajah alami untuk kulit kering ini pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. 
  • Jika sudah, bilas wajah sampai bersih. Oleskan pelembap setelahnya. 
Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan masker wajah kulit kering ini beberapa kali dalam seminggu agar kulit terasa lembap dan terhidrasi dengan baik. 

3. Masker pisang

Masker pisang sebagai masker alami untuk kulit kering
Campurkan buah pisang dan madu sebagai masker wajah alami
Tahukah Anda kalau manfaat masker pisang untuk wajah baik digunakan sebagai masker alami untuk kulit kering? Pisang mengandung kalium yang dipercaya menjadi zat pelembap alami kulit. Kandungan vitamin A pada pisang disebut mampu melembapkan kulit yang kering. Sebuah studi yang dimuat dalam BMC Complementary Medicine and Therapies menyebutkan bahwa pisang mengandung senyawa antikeriput dan antipenuaan. Cara membuat masker kulit kering dari buah pisang, yakni:
  • Siapkan ½ buah pisang matang, 1 sendok makan madu, dan 1 sendok teh minyak zaitun. 
  • Masukkan seluruh bahan alami tersebut dalam sebuah mangkuk. Aduk merata sampai teksturnya menjadi pasta masker kental. 
  • Oleskan pada wajah secara merata menggunakan jari tangan atau kuas khusus. 
  • Diamkan selama 10 menit, lalu cuci bersih wajah menggunakan sabun cuci muka. 
Menggunakan masker untuk kulit kering ini secara rutin diklaim mampu mengatur produksi sebum pada kulit Anda. Jadi, tak ada salahnya untuk melakukannya tiap seminggu sekali.

3. Masker madu dan lemon

Anda bisa membuat masker madu dan lemon di rumah sebagai masker alami untuk kulit kering. Manfaat masker madu dan lemon mampu menyeimbangkan produksi minyak di kulit sehingga pH-nya tetap normal. Lemon juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus meratakan warna kulit. Cara membuat masker madu dan lemon adalah sebagai berikut.
  • Siapkan ½ sendok air perasan lemon dan 1 sendok makan madu. 
  • Campurkan madu dan lemon dalam sebuah mangkuk. 
  • Aduk kedua bahan alami di atas sampai teksturnya lembut dan kental. 
  • Oleskan pada permukaan wajah yang sudah dibersihkan. Namun, hindari area sekitar mata dan bibir.

4. Masker madu dan oatmeal

Masker alami untuk kulit kering dari madu dan oatmeal
Masker oatmeal dan madu bisa buat wajah terasa lembap
Manfaat masker dari oatmeal untuk wajah ternyata mampu membuat kulit wajah kering jadi terasa lembap. Oatmeal dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati dan berperan sebagai pelembap alami.Kandungan beta-glukan pada oatmeal berfungsi untuk menciptakan lapisan halus tidak hanya pada permukaan kulit, melainkan juga ke sel-sel kulit paling dalam sehingga mampu memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit. Cara membuatnya, yakni:
  • Siapkan 2 sendok makan oat dan 1 sendok makan madu.
  • Masukkan seluruh bahan yang sudah disiapkan dalam sebuah mangkuk, aduk merata. 
  • Lalu, oleskan pada permukaan wajah yang sudah bersih. 
  • Anda bisa menggunakannya untuk mengeksfoliasi wajah, atau mendiamkannya di wajah selama 15-20 menit sebagai masker wajah kulit kering. 

5. Masker timun 

Masker timun juga bisa menjadi pilihan masker alami untuk kulit kering yang menarik dicoba. Menurut sebuah hasil studi yang dimuat dalam jurnal Fitoterapia, manfaat masker timun dapat menimbulkan efek dingin dan hidrasi pada kulit wajah. Dengan demikian, kulit Anda akan terasa lembut dan kenyal. Untuk menggunakan masker timun sebagai masker wajah alami untuk kulit kering, simak langkah-langkahnya di bawah ini. 
  • Siapkan ½ buah mentimun dan 1 sendok makan gula pasir.
  • Kupas dan haluskan buah mentimun yang sudah disiapkan. 
  • Dalam sebuah mangkuk, masukkan buah mentimun yang sudah dihaluskan dan gula pasir. 
  • Masukkan masker timun ke dalam lemari pendingin selama beberapa saat.
  • Lalu, oleskan pada permukaan wajah Anda yang sudah bersih. Diamkan selama 10 menit. 
  • Bilas wajah sampai bersih. 

6. Masker lidah buaya

Masker alami untuk kulit kering dari lidah buaya
Anda bisa menggunakan lidah buaya asli dari tanamannya
Manfaat masker lidah buaya untuk kulit memang sangat melimpah. Tak terkecuali, bagi pemilik kulit kering. Masker untuk kulit kering yang terbuat dari lidah buaya dapat menghidrasi dan meremajakan kulit. Hal ini berkat kandungan antioksidan, antiradang, serta efek pelembapnya. Untuk membuat masker kulit kering dari lidah buaya, Anda membutuhkan gel lidah buaya segar langsung dari tanamannya, atau menggunakan gel lidah buaya yang umum dijual di pasaran. Kemudian, simak langkah-langkah membuat masker wajah kulit kering di bawah ini. 
  • Siapkan 2 sendok makan gel lidah buaya segar dan 1 sendok teh madu.
  • Masukkan seluruh bahan yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk. Aduk merata.
  • Oleskan masker pada wajah dan diamkan selama 15 menit. 
  • Bilas wajah sampai bersih menggunakan air hangat. 

7. Masker kunyit

Sudah pernah mencoba masker alami untuk kulit kering yang terbuat dari kunyit? Ternyata, manfaat kunyit untuk wajah mampu memperbaiki kondisi kulit kering berkat kandungan antioksidan dan antiradang di dalamnya. Tak hanya itu, masker kunyit ternyata dapat mengembalikan kekenyalan kulit dan membuatnya tampak bersinar alami.Untuk membuat masker wajah alami untuk kulit kering, Anda membutuhkan 1 sendok teh susu cair dan sejumput kunyit. Aduk merata semua bahan tersebut, lalu oleskan pada seluruh wajah menggunakan kapas bersih. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah sampai bersih.

8. Masker almond

Almond tidak hanya mampu meremajakan dan menghidrasi kulit. Bahan masker alami untuk wajah kering ini juga mampu meratakan warna kulit.Untuk menggunakan almond sebagai masker alami untuk wajah kering, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Haluskan 5-6 buah almond yang sudah direndam semalaman. 
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, masukkan almond yang sudah dihaluskan serta 1 sendok makan oatmeal, 2 sendok teh yogurt, dan ½ sendok teh madu. Aduk merata sampai teksturnya menjadi pasta masker. 
  • Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit. Bilas sampai bersih.  

9. Masker stroberi

Pilihan masker alami untuk kulit kering lainnya adalah masker stroberi. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Nutrients menyebutkan bahwa kandungan vitamin C pada buah stroberi dapat membantu mengatasi kulit kering. Tak hanya itu, menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, masker stroberi mampu mengurangi tampilan keriput, mencerahkan warna kulit, serta melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Cara membuatnya, yaitu: 
  • Siapkan 2-3 buah stroberi, 1 sendok makan madu, 1 sendok teh oatmeal, dan air secukupnya. 
  • Haluskan buah stroberi terlebih dahulu. 
  • Dalam sebuah mangkuk, masukkan buah stroberi yang sudah dihaluskan, madu, oatmeal, dan air secukupnya. Aduk merata sampai konsistensinya cukup kental. 
  • Oleskan pada permukaan wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit.
  • Cuci bersih wajah menggunakan air dingin. 

10. Minyak kelapa

Manfaat minyak kelapa untuk wajah dapat digunakan sebagai masker wajah alami untuk kulit kering. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Dermatitis melibatkan pasien dengan kondisi kulit kering ringan sampai sedang untuk membandingkan efek minyak kelapa dengan minyak mineral. Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa minyak kelapa mampu meningkatkan hidrasi kulit yang sama efektifnya dengan minyak mineral. Jika digunakan pada malam hari, minyak kelapa dapat membantu meningkatkan lapisan pelindung kulit serta menjaga kelembapannya agar kulit tetap kenyal dan terhidrasi dengan baik semalaman. Cara menggunakan minyak kelapa sebagai masker untuk kulit kering, yakni cukup oleskan pada permukaan wajah Anda tiap sebelum tidur di malam hari. 

Cara menggunakan masker wajah alami untuk kulit kering dengan aman

Meski berbagai pilihan masker untuk kulit kering di atas tampak menjanjikan, perlu diketahui bahwa ada beberapa bahan alami yang mungkin belum terbukti secara ilmiah mengenai keamanan dan keefektivitasannya untuk kulit wajah.Bagi orang yang mempunyai alergi terhadap jenis bahan alami tertentu, reaksi alergi bisa saja terjadi ketika menggunakan masker wajah kulit kering ini.Nah, guna mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan masker alami untuk wajah kering, lakukan langkah-langkah ini sebelum menerapkannya pada wajah Anda.
  • Coba oleskan sedikit masker wajah alami untuk kulit kering ke beberapa bagian tubuh lain. Misalnya, punggung tangan, pergelangan tangan, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.
  • Tunggu selama beberapa menit dan bilas dengan air hingga kulit benar-benar bersih.
  • Kemudian, lihatlah reaksi kulit Anda.
  • Jika kulit Anda tidak mengalami kemerahan, terasa perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, Anda aman untuk menggunakan masker wajah alami untuk kulit kering pada wajah.
  • Sebaiknya, bila muncul reaksi alergi, berhentilah menggunakannya.
  • Apabila kulit wajah mengalami iritasi, reaksi alergi, atau terasa perih seperti terbakar saat mengoleskan masker wajah alami untuk kulit kering, segera bilas wajah dengan air bersih. Lalu, hentikan penggunaannya.

Cara merawat kulit kering selain dengan masker

Selain rutin menggunakan masker alami untuk wajah kering, ada berbagai perawatan kulit kering lainnya yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. American Academy of Dermatology menyarankan langkah perawatan kulit kering yang wajib dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Batasi waktu mandi atau berendam menjadi 5 atau 10 menit.
  2. Pilihlah air hangat daripada air panas saat akan mencuci wajah
  3. Gunakan sabun pembersih wajah yang lembut dan bebas pewangi
  4. Tepuk-tepuk kulit Anda dengan lembut menggunakan handuk setelah mencuci wajah
  5. Oleskan pelembap sesegera mungkin setelah kulit dikeringkan
  6. Gunakan salep atau krim daripada lotion.

Catatan dari SehatQ

Ingatlah untuk senantiasa berhati-hati sebelum menggunakan masker atau produk apapun pada wajah Anda. Termasuk masker wajah kulit kering.Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum menggunakan masker alami untuk wajah kering.Dengan ini, dokter kulit dapat membantu dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menggunakan masker wajah alami untuk kulit berjerawat dan berminyak. Selain itu, dokter kulit juga bisa memberikan rekomendasi mengenai perawatan kulit waja kering yang aman dan efektif untuk Anda.Anda juga bisa konsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanmasker wajahperawatan wajahkulit kering
Healthline. https://www.healthline.com/health/homemade-face-masks
Diakses pada 18 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/diy-hydrating-face-treatments#4
Diakses pada 18 November 2019
Every Day Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/natural-skin-remedies.aspx
Diakses pada 18 November 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323602.php#how-to-make
Diakses pada 18 November 2019
AAD. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin
Diakses pada 3 September 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15724344/
Diakses pada 12 Juli 2021
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/homemade-face-packs-for-dry-skin-2/#AlmondFacePack
Diakses pada 12 Juli 2021
Nutrients. https://www.mdpi.com/2072-6643/9/8/866
Diakses pada 12 Juli 2021
Journal of Agricultural and Food Chemistry. https://pubs.acs.org/doi/10.1021/jf205065x#
Diakses pada 12 Juli 2021
Fitoterapia. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0367326X12002791?via%3Dihub
Diakses pada 12 Juli 2021
BMC Complementary Medicine and Therapies. https://bmccomplementmedtherapies.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12906-018-2097-9
Diakses pada 12 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/avocado-benefits-for-skin
Diakses pada 12 Juli 2021
British Journal of Nutrition. https://www.cambridge.org/core/journals/british-journal-of-nutrition/article/association-of-dietary-fat-vegetables-and-antioxidant-micronutrients-with-skin-ageing-in-japanese-women/56684BEDBFE3C4A13F20629EB4BF2507
Diakses pada 12 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/coconut-oil-on-face-overnight#choosing-the-best
Diakses pada 12 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-and-skin#TOC_TITLE_HDR_9
Diakses pada 12 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/honey-for-face
Diakses pada 12 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/banana-face-mask
Diakses pada 12 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait