5 Masker Alami untuk Kulit Kering Ini Mampu Melembapkan Kulit

Masker dengan bahan alami bisa menjadi alternatif untuk atasi kulit kering di wajah
Masker berbahan alami dipercaya bisa atasi kulit kering di wajah

Bagi sebagian orang penampilan menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk urusan kulit. Kulit yang bersih, halus, dan bersinar tentunya menjadi idaman banyak orang.

Akan tetapi, kulit juga tidak luput dari masalah. Problematika seperti kulit kering bisa menimpa apabila kulit tidak dirawat dengan baik. Untuk mengatasinya, masker alami untuk kulit kering dapat menjadi solusi bagi masalah ini.

Beragam masker alami untuk kulit kering

Kulit secara alami menghasilkan minyak yang disebut dengan sebum. Adanya sebum dapat membantu melindungi kulit tetap lembap. Namun, sebagian orang kehilangan minyak alami tersebut sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari mandi menggunakan air panas, cuaca dingin, terkena paparan AC dalam waktu yang lama, hingga bertambahnya usia. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena beberapa bahan alami dipercaya mampu atasi permasalahan kulit kering ini.

Berbagai bahan tersebut biasanya diolah menjadi masker alami untuk kulit kering. Masker ini bisa membantu melembapkan kulit secara perlahan sehingga tak kering lagi. Berikut beberapa masker alami untuk kulit kering yang bisa Anda coba:

  • Masker alpukat

Menggunakan masker alpukat dapat menjadi cara alami untuk melembapkan kulit kering. Campurkan setengah buah alpukat yang telah dihaluskan dengan 1 sdt minyak zaitun. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm madu bila kulit Anda sangat kering.

Ketika sudah tercampur, oleskan masker pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit. Jika sudah selesai, bilas dengan bersih hingga masker hilang. Kulit pun akan terasa lembap. Untuk membuatnya lebih terhidrasi, Anda dapat mengoleskan pelembap.

  • Masker gandum dan madu

Gandum dan madu dapat menjadi masker yang baik untuk kulit kering. Campurkan 2 sdm gandum, 1 sdm madu, dan sedikit air. Jika sudah tercampur, sebaiknya hangatkan untuk memberi efek melembapkan.

Setelah dihangatkan, oleskan pada kulit secara merata. Lalu, biarkan selama 15-20 menit agar kulit menjadi  lembap.

Jangan lupa untuk membilasnya dengan bersih jika sudah selesai. Selain dijadikan masker, Anda juga dapat menggunakan campuran ini untuk eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati.

  • Masker timun dan gel lidah buaya

Masker timun dan gel lidah buaya dapat membantu kulit mempertahankan kelembapan, serta mengurangi kusam dan gatal. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan setengah mentimun.

Lalu, campurkan dengan 2 sdm gel lidah buaya hingga terbentuk tekstur seperti pasta. Pijatlah dengan lembut pada kulit wajah Anda yang kering, dan diamkan selama 30 menit. Setelah selesai, bilas yang bersih dengan air.

  • Masker gandum dan pisang

Masker gandum dan pisang baik untuk meredakan kulit kering dan membantu melembapkan kulit. Anda cukup menghaluskan setengah pisang matang, kemudian campurkan dengan gandum untuk ditumbuk.

Setelah itu, campurkan sedikit air agar memiliki tekstur yang kental. Oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 20-30 menit. Bilaslah menggunakan air hangat dengan gerakan melingkar agar gandum juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati.

Masker ini bisa menciptakan kulit yang tampak bercahaya, serta memungkinkan kulit menjadi lembap dengan baik.

  • Masker putih telur dan anggur

Masker putih telur dan anggur dianggap dapat menghidrasi kulit yang sangat kering. Campurkan satu putih telur dengan enam atau tujuh anggur menggunakan blender hingga halus. Jangan buang biji anggur karena minyak biji anggur dapat memberi manfaat untuk membantu melembapkan kulit.

Setelah tercampur dan terlihat berbusa, gunakan kuas atau kapas untuk mengoleskan masker secara merata. Biarkan selama 15 menit. Jika sudah selesai, gunakan air hangat untuk membilasnya. Disarankan untuk mengoleskan pelembap pada kulit setelah menggunakan masker.

Apabila saat mencoba berbagai masker alami ini, kulit menimbulkan reaksi yang tak biasa, seperti:

  • Kulit kering dan kemerahan
  • Kulit kering dan gatal hingga mengganggu tidur
  • Adanya luka hingga infeksi karena garukan
  • Kulit bersisik

Sebaiknya segera hentikan penggunaan dan periksakan diri Anda ke dokter. Selalu pastikan kondisi Anda sebelum menggunakan berbagai bahan alami tersebut. Sebab, sebagian orang mungkin memiliki alergi terhadap salah satu bahan alami untuk masker kulit kering tersebut.

Healthline. https://www.healthline.com/health/homemade-face-masks
Diakses pada 18 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/diy-hydrating-face-treatments#4
Diakses pada 18 November 2019

Every Day Health. https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/natural-skin-remedies.aspx
Diakses pada 18 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323602.php#how-to-make
Diakses pada 18 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed