manfaat anal sex tidak sebanding dengan risikonya
anal sex sering kali menjadi gaya eksperimen pasangan dalam bercinta

Terlepas dari pembahasan soal hukumnya secara agama, ada banyak orang yang penasaran dengan seks anal atau anal sex. Ada yang menyebut salah satu manfaat anal sex – atau kelebihannya – adalah bisa menyebabkan orgasme dengan cara yang jauh berbeda. Penyebabnya tak lepas dari banyaknya saraf sensitif di anus dan terhubung ke organ seksual.

Bahkan dalam studi yang dirilis di Journal of Sexual Medicine tahun 2010 lalu, 31% perempuan yang terbiasa melakukan anal sex mengaku merasakan orgasme. Prevalensinya tidak main-main: sekitar 94%.\

Mengenal anal sex

Anal sex adalah penetrasi penis ke “pintu belakang” yaitu anus. Bagi perempuan, ada dua titik sensitif yang bisa tersentuh ketika melakukan seks anal, yaitu G-spot dan A-spot. Keduanya terletak di dinding vagina namun secara tak langsung bisa terstimulasi saat melakukan anal sex.

Sama seperti merangsang payudara yang dapat membuat perempuan merasakan orgasme dengan cara berbeda, hal yang sama ditawarkan seks anal. Bahkan sebenarnya, tubuh manusia memiliki banyak titik untuk dirangsang dan menciptakan orgasme. 

Adakah manfaat anal sex?

Bagi mereka yang sudah terbiasa melakukannya, anal sex menimbulkan sensasi yang jauh berbeda ketimbang gaya seksual biasa seperti missionary. Belum lagi munculnya fantasi seksual yang membuat seseorang merasa semakin bergairah.

Selain eksperimen dengan orgasme yang lebih intens sebenarnnya tidak ada manfaat lainnya dari sex. Bahkan terkadang risiko yang ditimbulkan lebih besar efeknya dibandingkan dengan manfaatnya. Oleh karena itu, anal sex sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan.

Bagaimana dengan efek sampingnya?

Meski demikian, risiko tertular infeksi menular seksual masih mungkin terjadi meski melakukan anal sex. Kulit di sekitar rektum sangat tipis dan rentan sobek. Bahkan menurut Centers for Disease Control and Prevention, anal sex adalah aktivitas seksual dengan risiko penularan HIV tertinggi.

Sobekan di kulit anus yang terjadi terus menerus hingga cedera pada otot anus juga bisa berpengaruh pada kemampuan seseorang mengendalikan hasrat BAB. Jika sudah cukup parah, ada kemungkinan seseorang mengalami fecal incontinence atau mudah “kebobolan” saat menahan BAB.

Ada banyak penelitian lain bahwa orang yang melakukan anal sex dengan orang-orang yang berbeda rentan mengalami karsinoma di anus. Infeksi HPV di area ini juga dapat menyebabkan kanker anus.

Lebih jauh lagi, anus yang merupakan tempat BAB menjadi tempat feses dan kemungkinan bakteri lainnya. Jangan sampai ketika melakukan anal sex, penetrasi dilakukan bergantian antara anus dan vagina tanpa mengganti kondom.

Itu sebabnya, penting melakukan seks anal yang aman seperti kondom hingga lubrikan. Lebih baik menggunakan lebih banyak lubrikan karena anus umumnya lebih rapat ketimbang vagina. Pastikan kedua pasangan telah mencuci bersih organ seksual sebelum memutuskan untuk melakukan seks anal.

Manfaat melakukan berhubungan badan dengan pasangan

Meski tidak ada manfaat tambahanan dari anal seks, namun melakukan hubungan seks dengan pasangan secara rutin, baik penetrasi vaginal atau melakukan oral hingga eksperimen berbagai gaya bercinta, memiliki manfaat untuk kesehatan seperti:

  • Siklus tidur membaik

Orang yang secara berkala berhubungan seksual dan merasa terpuaskan bisa tidur lebih nyenyak. Hal ini penting karena teraturnya siklus tidur sekaligus berkualitasnya tidur seseorang di malam hari akan berpengaruh pada banyak hal yang dilakukannya saat jam produktif.

  • Mengatasi stres

Aktivitas yang mengaktifkan substansi endorfin di otak seperti berhubungan seksual termasuk anal sex dapat mengenyahkan stres. Selain itu, mood seseorang juga bisa menjadi lebih baik.

  • Sirkulasi darah lancar

Orgasme dari jenis sex manapun termasuk anal sex dapat membuat sirkulasi darah lebih lancar. Dengan demikian, hal ini bisa mengurangi risiko hipertensi, jantung, dan stroke.

  • Membangun ikatan dengan pasangan

Tentu perlu keterbukaan dan komunikasi dengan pasangan sebelum memutuskan melakukan anal sex. Ada hal-hal tabu – bahkan menjijikkan – yang perlu dibahas dan tidak bisa diremehkan. Ketika pada akhirnya seseorang dan pasangannya sepakat melakukan anal sex dan terpuaskan darinya, ikatan dengan pasangan bisa menjadi semakin erat.

Catatan dari SehatQ

Melakukan anal sex atau tidak sepenuhnya menjadi hak setiap individu. Jika sepakat untuk melakukannya, pastikan sudah tahu konsekuensinya. Namun jika Anda tidak merasa seks anal sebagai hal yang bisa membangkitkan gairah, tak ada seorang pun yang berhak mengganggu gugat keputusan itu.

JSM. https://www.jsm.jsexmed.org/article/S1743-6095(15)33218-5/fulltext
Diakses 4 April 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/healthy-sex/benefits-of-anal-sex#takeaway
Diakses 4 April 2020

Bustle. https://www.bustle.com/articles/137938-6-benefits-of-anal-sex
Diakses 4 April 2020

Women’s Health Mag. https://www.womenshealthmag.com/sex-and-love/a22976780/benefits-of-anal-sex/
Diakses 4 April 2020

Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/sex-love/news/a47181/doctors-answer-should-you-have-anal-sex/
Diakses 4 April 2020

Artikel Terkait