Mari Cek Daftar Perlengkapan Melahirkan yang Perlu Anda Siapkan

Daftar perlengkapan melahirkan sebaiknya dipenuhi dari trimester ketiga
Perlengkapan melahirkan sebaiknya disiapkan sejak trimester ketiga

Sebentar lagi Si Kecil yang ditunggu-tunggu akan lahir. Rasa bahagia dan deg-degan serta riuhnya kesibukan bergabung jadi satu. Rasa ini semakin menguat ketika masuk fase pembukaan saat melahirkan tiba.

Selain menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk bayi baru lahir, Anda dan pasangan juga perlu menyiapkan perlengkapan melahirkan jauh-jauh hari demi kelancaran proses persalinan. 

Perlengkapan melahirkan yang perlu Anda siapkan

Anda sebaiknya sudah menyiapkan perlengkapan melahirkan saat usia kehamilan memasuki 34 minggu. Perlengkapan ini berisi barang-barang yang akan Anda butuhkan selama maupun setelah persalinan. Apa sajakah itu?

1. Perlengkapan untuk ibu

Siapkanlah barang-barang berikut untuk persiapan persalinan ibu:

  • Dokumen penting

Contoh dokumen penting ini meliputi kartu identitas (KTP, SIM, atau lainnya), kartu asuransi kesehatan, rekam medis atau catatan kehamilan, dan dokumen administrasi rumah sakit. Jika Anda memiliki birth plan, bawa dan siapkan juga dalam bentuk fotokopi.

  • Uang tunai dan sejenisnya

Sejumlah uang tunai, pecahan uang kecil, kartu kredit, atau kartu debit termasuk perlengkapan melahirkan yang perlu disiapkan. Uang tunai dibutuhkan untuk keperluan mendesak yang tak selalu bisa diprediksi dalam persalinan.

  • Perlengkapan mandi

Setelah melahirkan, ibu dan bayi umumnya perlu menginap selama beberapa hari di rumah sakit. Karena itu, jangan lupa membawa handuk, jubah mandi, sikat gigi, pasta gigi, deodoran, pelembap bibir, sisir, ikat rambut, dan alat kecantikan lainnya yang dirasa perlu.

  • Pakaian

Usahakan untuk membawa beberapa pasang daster atau atasan berkancing depan. Jenis pakaian ini bisa memudahkan proses menyusui.

Anda juga dihimbau untuk menyertakan sandal, kaus kaki, dan pakaian dalam sebanyak beberapa pasang untuk mengantisipasi rawat inap.

Jangan lupa juga untuk memilih baju yang longgar dan tidak berlengan atau berlengan pendek, berkancing depan supaya memudahkan jika Anda perlu menjalani cek darah.

  • Bra menyusui dan breast pad

Disarankan agar ibu membeli perlengkapan melahirkan ini pada trimester ketiga. Biasanya, ukuran payudara di usia akhir kehamilan dan setelah persalinan tidak terlalu berubah.

  • Pembalut khusus untuk ibu melahirkan

Siapkan dua atau tiga bungkus pembalut untuk menyerap darah yang banyak keluar usai persalinan. Anda perlu mengganti pembalut ini setidaknya tiap satu atau dua jam pascamelahirkan.

  • Baju dan sepatu untuk pulang

Bawa baju yang agak longgar dan mudah dikenakan. Jangan lupa juga menyiapkan sepatu dengan hak datar yang nyaman.

  • Tas untuk pakaian kotor

Dengan membawa tas khusus untuk pakaian kotor, Anda tidak perlu repot lagi untuk memisah-misahkannya dengan pakaian bersih sehingga lebih praktis. Sesampainya di rumah, semua pakaian kotor juga bisa langsung dimasukkan ke mesin cuci.

  • Ponsel dan charger

Ponsel penting agar komunikasi dengan keluarga bisa lebih lancar. Karena itu, jangan lupa menyertakannya dalam daftar perlengkapan melahirkan.

Ibu juga bisa membawa kabel sambungan untuk berjaga-jaga jika jarak kasur cukup jauh dengan stop kontak.

  • Benda-benda yang membuat ibu nyaman

Dianjurkan untuk membawa apa saja yang bisa membuat sang ibu nyaman. Misalnya, bantal yang lebih empuk, bantal menyusui, buku, majalah, gawai, minyak untuk memijat, dan lainnya.

  • Kacamata

Bagi calon ibu dengan masalah penglihatan, kacamata mungkin dibutuhkan. Khususnya wanita hamil yang akam menjalani operasi caesar karena mereka disarankan untuk tidak menggunakan lensa kontak.

2. Perlengkapan untuk bayi

Barang-barang untuk buah hati juga harus dimasukkan ke dalam daftar perlengkapan melahirkan. Berikut daftarnya:  

  • Pakaian bayi

Rumah sakit umumnya menyediakan pakaian untuk bayi baru lahir. Tapi tidak ada salahnya jika ibu juga mempersiapkan pakaian bayi untuk digunakan selama di rumah sakit maupun pakaian yang akan dikenakan untuk pulang.

  • Kaus kaki

Jika baju bayi tidak memiliki sarung kaki, Anda dapat menyediakan kaus kaki.

  • Topi dan selimut

Kedua benda ini berfungsi menjaga supaya bayi tetap hangat.

  • Tas untuk menyimpan perlengkapan bayi

Jangan lupa untuk menyiapkan tas untuk menyimpan perlengkapan bayi saat dibawa ke rumah sakit. Tas ini juga bisa berguna untuk menaruh hadiah-hadiah yang diberikan oleh orang-orang yang menjenguk Anda.

Biasanya, popok untuk bayi sudah disediakan oleh rumah sakit. Jadi Anda tak perlu membawanya.

  • Car seat bayi

Untuk keselamatan Si Kecil selama dalam perjalanan pulang, Anda bisa memasang car seat khusus bayi menjelang kelahirannya.

3. Perlengkapan untuk ayah

Setelah mengemas perlengkapan melahirkan untuk ibu dan bayi, kini saatnya untuk ayah tercinta. Apa saja yang perlu disiapkan oleh suami untuk keperluan di rumah sakit?

  • Ponsel dan charger

Ponsel sangat diperlukan untuk mengabarkan pada keluarga dan kerabat mengenai kabar terbaru istri dan Si Kecil.

  • Kamera dan charger

Anda tentu tak mungkin melewatkan momen berharga ini. Pastikan baterai kamera terisi penuh sebelum memotret atau mengabadikan momen perjuangan pasangan Anda dan kelahiran buah hati.

  • Perlengkapan mandi

Anda tentu akan menginap di rumah sakit untuk menemani pasangan Anda. Jadi jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi yang dibutuhkan

  • Bantal dan selimut

Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan perlengkapan tidur sendiri ketimbang yang disediakan oleh rumah sakit, Anda bisa membawanya dari rumah.

  • Obat-obatan

Obat-obatan diperlukan untuk berjaga-jaga bila Anda mengalami keluhan kesehatan selama di rumah sakit.

  • Makanan dan minuman

Demi menjaga agar tubuh Anda tetap sehat dan berenergi, jangan lupa untuk menyertakan makanan dan minuman kecil dalam perlengkapan melahirkan.

  • Perlengkapan lainnya

Anda bisa membawa buku, majalah, tablet, dan barang lainnya yang bisa membuat Anda nyaman dan bebas dari rasa tegang. Pastikan juga Anda mengenakan sepatu atau sandal yang nyaman.

Setelah semua perlengkapan melahirkan beres, ibu jadi bisa lebih tenang untuk menghadapi persalinan nanti. Selalu lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin dan jaga kesehatan agar proses melahirkan dapat berjalan lancar. Selamat menanti kelahiran Si Kecil!

Parents. https://www.parents.com/pregnancy/giving-birth/preparing-for-labor/the-ultimate-hospital-packing-list/
Diakses pada 8 Maret 2020

MedlinePlus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000543.htm
Diakses pada 8 Maret 2020

BabyCenter. https://www.babycenter.com/packing-for-the-hospital-or-birth-center
Diakses pada 8 Maret 2020

Artikel Terkait