Mantan Pacar Masih Simpan Foto Anda, Kemungkinan Dijadikan Trofi!


Mantan pacar memang sudah tidak menjadi kekasih, tapi bagaimana jadinya kalau ia masih menyimpan foto Anda? Ternyata, ada riset yang menyatakan, foto tersebut bisa dijadikan sebagai ‘trofi’ oleh mantan!

(0)
09 Nov 2020|Maria Yuniar
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Mantan pacar yang masih simpan foto Anda, belum tentu gagal move onMantan pacar bisa saja simpan foto Anda sebagai 'trofi'
Mantan pacar memang sudah tidak lagi menjadi kekasih Anda. Namun bagaimana jadinya kalau ia masih menyimpan foto Anda? Ternyata, foto tersebut bukan hanya kenang-kenangan untuknya.Sebuah penelitian menyatakan, perilaku mantan pacar yang masih saja menyimpan foto Anda, menunjukkan kepribadian narsistik. Selain itu, foto Anda pun dijadikannya sebagai 'trofi'!

Mantan pacar masih simpan foto Anda, ini kemungkinannya

Mantan pacar masih simpan foto Anda, bisa dijadikannya trofi 
Dalam sebuah artikelnya yang berjudul, “Hunting Lovers: Narcissists Keep Trophies from Their Past Relationships," Aleksandra Niemyjska, dari SWPS University of Sosial Sciences and Humanities, Warsawa beserta para peneliti lain menyatakan, orang narsisis atau narsis, menyimpang objek yang berhubungan dengan hubungannya di masa lalu.Mengapa begitu? Para pemilik kepribadian narsistik 'merasa hidup' dengan menyimpan barang-barang dari hubungannya yang sudah lewat, sekaligus untuk meningkatkan kepercayaan diri terhadap keberadaannya.Mari mencoba memasuki jalan pikiran mantan pacar yang masih menyimpan foto Anda dan menjadikannya sebagai trofi. Berikut ini kemungkinannya.

1. Trofi sebagai bukti keberhasilan dalam pacaran

Jika mantan pacar masih menyimpan foto Anda meski hubungan percintaan telah berakhir, itu artinya dia menganggap Anda sebagai pasangan yang menarik, sukses, dan mungkin saja populer.Dengan begitu, foto Anda pun dijadikannya trofi yang memperlihatkan keberhasilannya yang pernah menjadi pacar Anda. Selain itu, trofi ini seakan-akan menjadi bukti kehebatan dan daya tarik mantan pacar, sehingga Anda pun dulu sampai jatuh hati padanya.

2. Trofi sebagai pengganti Anda yang telah ‘hilang’

Ternyata bukan hanya dijadikan bukti ‘kehebatannya’, foto Anda pun merupakan trofi untuk menggantikan kehadiran Anda yang tak lagi jadi kekasihnya. Dengan kata lain, keberadaan foto Anda bisa memuaskan kebutuhannya dalam mendapatkan dan merasakan hubungan percintaan.

Tipe-tipe kaum narsisis

Para peneliti menjelaskan, ada dua tipe narsisis, yaitu grandiose dan dan vulnerable. Keduanya sama-sama memiliki perasaan superior di atas orang lain. Para narsisis akan meraskan kepuasan antara lain melalui hubungan percintaan dengan kekasih yang sukses serta memiliki penampilan menarik.Namun, ada perbedaan di antara keduanya, termasuk dalam hal menyimpan foto mantan pacar setelah putus cinta.

1. Narsisis tipe grandiose

Para narsisis dengan tipe grandiose tampil berani, percaya diri, dan cenderung suka pamer. Orang seperti ini biasanya menyimpan foto mantan pacar sebagai bukti keberhasilannya dan daya tariknya dalam mendapatkan Anda di masa lalu.

2. Narsisis tipe vulnerable

Seperti istilahnya dalam bahasa Inggris, yaitu ‘vulnerable’, para narsisis tipe ini ternyata ‘rapuh’ dan cenderung pemalu, tidak seperti tipe grandiose. Kaum narsisis tipe vulnerable pun cenderung menarik diri, bahkan memiliki sikap dendam.Orang narsistik vulnerable menyimpan foto mantan pacar untuk secara tidak langsung meningkatkan kepercayaan dirinya, dan akan memamerkannya sebagai trofi untuk mendapat pengakuan dan pujian. Hal itu, secara tidak langsung dapat meningkatkan harga diri mereka dengan menghubungkannya di masa lalu.Dalam hal menyimpan foto mantan pacar, kaum narsisis tipe grandiose dan vulnerable sama-sama menjadikannya trofi sebagai lambang keberhasilan.

Ini ciri-ciri mantan pacar narsistik

Narsistik sebenarnya adalah sebuah gangguan mental, dengan istilah medis narcissistic personality disorder (NPD). Coba ingat-ingat lagi, apakah mantan pacar yang masih menyimpan foto Anda, memiliki sikap seperti berikut ini?
  • Merasa lebih penting dari orang lain, termasuk Anda
  • Berfantasi tentang keberhasilan, kekuatan, maupun daya tarik yang tanpa batas
  • Merasa unik dan hanya bisa dipahami oleh orang-orang dengan status sosial tinggi
  • Haus pujian
    Selalu merasa berhak terhadap segala sesuatu
  • Suka pamer
  • Tidak memiliki empati
  • Iri pada orang lain atau malah memiliki keyakinan bahwa orang lain iri terhadapnya
  • Bersikap sombong dan angkuh
Apabila menunjukkan sikap-sikap di atas, mantan pacar Anda kemungkinan besar adalah seorang yang narsistik.

Mantan pacar simpan foto Anda, tanda belum move on?

Jangan salah sangka. Saat mantan pacar kedapatan masih menyimpan foto Anda, bukan berarti dia gagal move on. Sebab menurut para peneliti, kaum narsistik memilih pasangan yang romantis, semata-mata untuk meningkatkan harga diri mereka, bukan karena alasan keintiman maupun kedekatan.Oleh karena itu, sikap mantan pacar yang tidak malu-malu kedapatan masih menyimpan foto Anda, bisa jadi muncul karena alasan yang sama: untuk meningkatkan harga diri, bukan perkara gagal move on.
percintaanmenjalin hubunganputus cinta
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/am-i-dating-a-narcissist
Diakses pada 28 Oktober 2020
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/why-bad-looks-good/202009/why-narcissists-keep-trophies-past-relationships
Diakses pada 28 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait