Manisnya Manfaat Jus Cranberry yang Tidak Boleh Dilewatkan

(0)
11 Sep 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Jus cranberry kaya akan senyawa tanaman, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuhJus cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih
Pernahkah Anda mengonsumsi buah cranberry? Buah berwarna merah berkilau ini biasanya tumbuh di rawa-rawa dan sering kali ditemukan di atas permukaan air saat sudah matang. Posisi ini membuat buah cranberry terpapar lebih banyak sinar matahari sehingga nilai gizinya meningkat. Selain dimakan langsung, buah cranberry juga bisa diolah menjadi jus yang kandungan nutrisinya baik untuk tubuh Anda. Berikut adalah daftar manfaat jus cranberry yang bisa Anda dapatkan.

Manfaat jus cranberry untuk kesehatan

Jus cranberry kaya akan vitamin C dan vitamin E yang merupakan antioksidan kuat. Antioksidan ini memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, jus cranberry juga mengandung beberapa vitamin dan mineral lainnya, seperti tembaga, vitamin K1, dan vitamin B6. Beberapa manfaat jus cranberry untuk kesehatan, antara lain:

1. Mencegah infeksi saluran kemih

Jus cranberry mengandung senyawa tumbuhan proanthocyanidins yang dapat membantu mencegah infeksi saluran kemihSenyawa ini dapat menghentikan bakteri yang menempel pada lapisan saluran kemih sehingga tidak tumbuh dan menyebar. Hasilnya, infeksi saluran kemih dapat dihindari. Dalam sebuah studi pada hewan di tahun 2017, sifat antibakteri dari jus cranberry dilaporkan mengurangi kejadian ISK pada tikus. Sifat antibakterinya dapat mengurangi kolonisasi E-coli di kandung kemih yang merupakan penyebab sebagian besar kasus ISK. Sayangnya, penelitian mengenai manfaat jus cranberry untuk ISK belum menunjukkan hasil yang konsisten. Oleh sebab itu, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaatnya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Jus cranberry mengandung senyawa tanaman lain yang memiliki sifat antiradang. Sifat tersebut dapat melindungi Anda dari penyakit jantung sekaligus menjaga kesehatannya. Sebuah studi di tahun 2019 yang melibatkan pria dengan kelebihan berat badan dan obesitas menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman cranberry dengan polifenol tinggi selama 8 minggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung.Di sisi lain, sebuah studi di tahun 2011 dalam Nutrition Research yang melibatkan wanita dengan sindrom metabolik, menemukan bahwa jus cranberry dapat meningkatkan antioksidan dalam plasma darah. Tidak hanya itu, orang yang minum jus cranberry juga memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang lebih rendah.

3. Menangkal radikal bebas

Kandungan vitamin C, vitamin E, dan quercetin dalam jus cranberry berfungsi sebagai antioksidan kuat. Antioksidan mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan merupakan faktor risiko penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa cranberry dapat berperan dalam mencegah kanker melalui perubahan pola makan. Sayangnya, masih dibutuhkan bukti yang konklusif mengenai klaim ini.

4. Mencegah infeksi

Cranberry dipercaya dapat membantu melawan virus dan bakteri. Sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa jus cranberry mampu menghambat pertumbuhan tujuh mikroba bakteri. Di sisi lain, cranberry juga dapat melawan beberapa virus, termasuk norovirus, yang menjadi penyebab umum dari penyakit yang ditularkan melalui makan. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lanjutan mengenai manfaat ini.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Tidak hanya membantu melindungi jantung, senyawa tanaman polifenol dalam jus cranberry juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Menurut sebuah studi pada tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Research in Pharmacy Practice, kandungan polifenol dapat mencegah bakteri H.pylori tumbuh dan berkembang biak di lapisan perut yang bisa menyebabkan terjadinya tukak lambung. 

Efek samping minum jus cranberry

Jus cranberry dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Berdasarkan sebuah penelitian, cranberry bisa meningkatkan efek pengencer darah pada warfarin sehingga memungkin peminumnya mengalami pendarahan. Selain itu, terdapat pula kemungkinan interaksi antara cranberry dengan obat-obatan berikut:
  • Siklosporin
  • Flurbiprofen
  • Diklofenak
  • Amoxicillin
  • Ceflacor
  • Midazolam
  • Tizanidine.
Jika Anda mengonsumsi obat-obatan di atas ataupun obat lainnya yang, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi jus cranberry. Hal ini dilakukan guna mencegah terjadinya risiko yang tak diinginkan. Hindari menambahkan gula tambahan pada jus cranberry karena dikhawatirkan akan meningkatkan kadar gula darah. Lebih baik Anda menambahkan buah-buahan yang manis agar membuatnya terasa lebih nikmat. Pastikan juga untuk tidak mengonsumsi jus ini secara berlebihan.
nutrisihidup sehatzat gizi
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/cranberry-juice-benefits#healthy-juice-choices
Diakses pada 27 Agustus 2020
JRPP. http://www.jrpp.net/article.asp?issn=2319-9644;year=2016;volume=5;issue=4;spage=248;epage=251;aulast=Seyyedmajidi
Diakses pada 27 Agustus 2020
Academic. https://academic.oup.com/jn/article/137/1/186S/4664350
Diakses pada 27 Agustus 2020
Springer. https://link.springer.com/article/10.1007/s00394-018-1643-z
Diakses pada 27 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322731#takeaway
Diakses pada 27 Agustus 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S027153171100025X
Diakses pada 27 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait