Manisnya 9 Manfaat Kurma Ajwa Ini untuk Tubuh


Khasiat kurma ajwa sangatlah berlimpah, mulai dari mencegah anemia maupun melindungi tubuh dari radikal bebas. Buah ini juga dapat mengontrol diabetes.

(0)
07 Jan 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Khasiat kurma ajwa untuk kesehatan ada beragam, salah satunya mencegah kurang darahKhasiat kurma ajwa untuk kesehatan salah satunya adalah mencegah tumor
Dari sekian banyak jenis kurma yang ada, kurma ajwa dianggap sebagai salah satu yang memiliki paling banyak mineral. Hal ini membuat manfaat kurma ajwa untuk kesehatan pun berlimpah dan bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsinya secara teratur.

Khasiat kurma ajwa untuk kesehatan

Manfaat kurma untuk kesehatan sudah sejak lama diketahui kebenarannya secara ilmiah. Namun untuk jenis kurma yang lebih spesifik seperti kurma ajwa, khasiatnya ternyata bisa lebih luas. Sebab, kurma jenis ini dinilai memiliki mineral yang lebih tinggi.Berikut ini beberapa manfaat kurma ajwa yang bisa Anda dapatkan.
Manfaat kurma ajwa salah satunya untuk menjaga kesehatan organ hati
Kurma ajwa baik untuk kesehatan hati

1. Baik untuk kesehatan hati

Khasiat kurma ajwa yang berlimpah, juga dapat dirasakan oleh organ hati. Buah ini dinilai dapat melindungi hati dari kondisi toksik atau beracun yang dapat menimbulkan kerusakan yang serius.

2. Kaya akan antioksidan

Antioksidan adalah komponen yang bisa melindungi tubuh dari efek negatif akibat paparan radikal bebas berlebih.
Paparan tersebut, bisa memicu munculnya stres oksidatif yang kemudian menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung hingga kanker.
Buah kurma, termasuk kurma ajwa merupakan salah satu sumber antioksidan alami yang bisa didapatkan tubuh.

3. Berpotensi mencegah tumor

Secara umum, ada dua jenis tumor, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak adalah tumor yang tidak mengandung sel kanker, sedangkan tumor ganas memiliki sel kanker. Kandungan beta D-glucan yang ada pada kurma, dinilai memilki sifat antitumor, sehingga berpotensi mencegah terjadinya penyakit ini.

4. Meredakan peradangan di tubuh

Jika mengalami banyak peradangan atau inflamasi, maka kemampuan tubuh untuk melawan berbagai penyebab penyakit mulai dari infeksi bakteri, virus, bahan kimia beracun, hingga alergen bisa berkurang.Maka dari itu, kita perlu mengonsumsi makanan sehat yang dapat menurunkan kadar peradangan di tubuh. Kurma ajwa adalah salah satu jenis buah yang memiliki sifat antiperadangan.

5. Mencegah preeklampsia pada ibu hamil

Preeklampsia adalah kondisi saat ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi, sehingga mengalami gejala-gejala seperti pembengkakan parah di wajah, kaki, dan tangan, pusing, bahkan kerusakan organ vital lainnya.Kondisi ini bisa membahayakan bagi ibu dan janin. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah untuk mencegahnya.Sebuah penelitian yang dilakukan pada 40 orang ibu hamil menunjukkan bahwa mengonsumsi kurma ajwa secara teratur, bisa mengurangi risiko munculnya preeklampsia.Sebab, kurma ajwa kaya akan kandungan kalium dan magnesium, dua mineral yang berperan penting dalam pencegahan naiknya tekanan darah. Kedua mineral ini juga akan menjaga ritme jantung tetap teratur, dan otot-otot jantung tetap berfungsi baik.Kalium sendiri merupakan mineral yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah, sehingga aliran darah bisa berjalan dengan lancar dan tekanannya pun dapat terjaga normal.
Makan kuma ajwa dianggap bisa membuat ASI jadi lebih bernutrisi
Khasiat kurma ajwa salah satunya menambah nutrisi pada ASI

6. Membuat ASI jadi lebih bernutrisi

Kurma ajwa sangat baik dikonsumsi bagi ibu menyusui karena buah ini akan memperkaya ASI dengan berbagai nutrisi yang baik bagi bayi. Bahkan, anak yang menyusu dari ibu yang rutin mengonsumsi kurma ajwa dilaporkan berisiko lebih rendah terkena penyakit dan infeksi.

7. Membantu mengontrol diabetes

Ekstrak kurma ajwa dilaporkan memiliki sifat antidiabetes. Kemampuan ini datang dari kandungan saponin, fenol, dan flavonoid yang dimilikinya. Ketiga komponen ini masuk sebagai kelompok fitokimia.Fitokimia, telah terbukti bisa bisa mengontrol kondisi diabetes karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja jaringan pankreas dengan cara memacu produksi insulin dan mengurangi penyerapan gula di dinding usus.

8. Menghambat pertumbuhan bakteri

Tak hanya daging buahnya, biji kurma ajwa juga bisa memberikan manfaat untuk kesehatan. Ekstrak biji kurma ajwa, mengandung mengandung methanol dan aceton yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan gram negatif.Beberapa bakteri yang mampu dihambat pertumbuhannya oleh ekstrak ini antara lain adalah E.Coli dan Staphylococcus Aureus. E. Coli merupakan bakteri penyebab berbagai penyakit pencernaan termasuk diare. Sementara itu Staphylococcus Aureus adalah bakteri yang sering menyebabkan infeksi kulit termasuk bisul.

9. Mencegah anemia

Manfaat kurma ajwa yang terakhir adalah mencegah anemia atau yang sering juga disebut sebagai kurang darah. Sebab, kurma jenis ini kaya akan zat besi yang penting untuk mendukung produksi sel darah merah di tubuh.Maka dari itu, untuk Anda yang punya riwayat anemia, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi kurma ajwa sebagai salah satu alternatif makanan penambah darah.Namun ingat, sebaiknya tidak menjadikan buah ini sebagai pengobatan utama. Untuk bisa mendapatkan perawatan yang menyeluruh, tetap periksakan diri Anda ke dokter.

Catatan dari SehatQ

Kurma ajwa bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari mencegah penuaan dini, tumor, hingga preeklampsia pada ibu hamil. Meski begitu, Anda perlu ingat bahwa mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak disarankan.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat kurma ajwa maupun buah lainnya untuk mengatasi atau mencegah penyakit, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
makanan sehatbuah dan sayurankurma
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3992385/
Diakses pada 29 Desember 2020
Hindawi Biomed Research International. https://www.hindawi.com/journals/bmri/2019/2917895/
Diakses pada 29 Desember 2020
Journal of Agricultural Science and Food Research. https://www.longdom.org/open-access/characterization-of-nutritional-and-bioactive-compounds-in-ajwa-in-comparison-to-other-five-varieties-of-palm-dates-18145.html
Diakses pada 29 Desember 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/preeclampsia/symptoms-causes/syc-20355745
Diakses pada 29 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait