Manis dan Segar, Ketahui Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu manfaat buah markisa yang berkulit keras dan berwarna keunguan atau kuning adalah menjaga kesehatan jantung
Di balik aromanya yang harum dan rasanya yang manis, terdapat manfaat buah markisa yang banyak untuk kesehatan

Buah markisa memiliki aroma yang harum dan rasa yang manis. Setelah kulitnya yang berwarna kuning oranye dikupas, tampak biji yang seperti selasih. Selain dijadikan sirup dan dimakan langsung, ternyata ada banyak manfaat buah markisa untuk kesehatan.

Manfaat buah markisa bagi tubuh mungkin masih belum diketahui secara luas oleh khalayak. Buah markisa memang jarang terlihat, tetapi menunggu buah markisa panen sepadan dengan manfaat buah markisa yang baik untuk tubuh.

Apa saja manfaat buah markisa yang menarik hati?

Manfaat buah markisa tidak hanya sekedar tambahan dalam makanan atau sirup belaka, karena buah markisa memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan Anda. Inilah beberapa manfaat buah markisa yang mungkin belum Anda ketahui:

  • Kaya vitamin C

Markisa dapat menjadi salah satu sumber antioksidan vitamin C bagi tubuh Anda. Manfaat buah markisa dengan vitamin C-nya mampu membantu menurunkan risiko terkena pilek dan membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

  • Sumber serat

Selain vitamin C, buah markisa juga kaya akan serat yang membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, serta membuat Anda tetap merasa kenyang. Serat juga ditemukan mampu menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

  • Mengandung vitamin A

Jangan sepelekan biji-bijian yang terdapat dalam buah markisa. Biji markisa merupakan sumber vitamin A yang dapat memenuhi 8% dari konsumsi vitamin A yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan sel tubuh, mata, daya tahan tubuh, dan sistem reproduksi.

  • Tinggi antioksidan

Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh manusia. Manfaat buah markisa lainnya adalah menjadi sumber antioksidan yang membantu untuk melancarkan peredaran darah. Beberapa antioksidan yang ada dalam buah markisa adalah beta-karoten, polifenol, dan vitamin C.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah markisa dalam meningkatkan daya tahan tubuh berasal dari kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

  • Mengurangi kecemasan

Buah markisa kaya akan magnesium yang berperan dalam mengurangi rasa cemas dan stres. Magnesium ditemukan mampu membantu mengurangi kecemasan, tetapi penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengetahui manfaat buah markisa terhadap kecemasan secara pasti.

  • Indeks glikemik yang rendah

Buah markisa memiliki kadar indeks glikemik yang rendah dan karenanya tidak akan menaikkan kadar gula darah secara signifikan setelah dikonsumsi. Buah markisa dapat menjadi buah alternatif bagi penderita diabetes. Namun, penderita diabetes perlu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah markisa.

  • Menaikkan fungsi insulin

Manfaat buah markisa untuk menaikkan sensitivitas insulin berasal dari kandungan piceatannol dalam buah markisa yang berpotensi untuk membantu meningkatkan fungsi insulin dan menurunkan risiko terkena diabetes.

Sebuah riset mendapati bahwa senyawa piceatannol dalam buah markisa dapat meningkatkan metabolisme dan sensitivitas terhadap insulin yang berperan dalam proses pengubahan gula menjadi energi untuk sel tubuh.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam buah markisa tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga berperan dalam mengeluarkan kolesterol dalam pembuluh darah. Kandungan serat dan potasium pada buah markisa berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat buah markisa dalam menjaga kesehatan jantung didukung oleh kemampuannya untuk menstabilkan tekanan darah. Selain itu, buah markisa juga rendah sodium.

  • Mengandung antiradang

Uniknya, kulit buah markisa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu memberikan efek antiradang.

Suplemen dari kulit buah markisa ditemukan dapat membantu mengurangi gejala asma dan meringankan nyeri dan kekakuan pada persendian di penderita osteoartritis.

Meskipun demikian, manfaat buah markisa untuk mengurangi peradangan masih memerlukan riset lebih lanjut.

Apakah buah markisa aman untuk dikonsumsi?

Manfaat buah markisa mungkin tidak dapat dirasakan oleh beberapa orang yang mengalami alergi terhadap lateks. Hal ini karena struktur protein dari buah markisa mirip dengan struktur dari protein lateks, sehingga dapat memicu reaksi alergi.

Selain itu, buah markisa yang berwarna ungu juga bisa menjadi racun bila dikonsumsi dalam jumlah yang besar, karena buah markisa berwarna ungu mengandung senyawa cyanogenic glycoside yang dapat berinteraksi dengan enzim di tubuh dan membentuk racun sianida.

Bagaimana cara mengonsumsi buah markisa?

Anda dapat menikmati manfaat buah markisa dengan langsung mengonsumsi buah markisa begitu saja ataupun diolah menjadi hidangan lain.

Bila ingin mengonsumsi buah markisa secara lansgung, Anda dapat memebelah buah markisa dan menggunakan sendok untuk memakan bagian biji buah markisa. Bagian putih dari buah markisa tidak dapat dimakan.

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi biji-bijinya dan hanya ingin mengonsumsi bagian bulir-bulir transparannya, Anda dapat menggunakan penyaring untuk meminum bulir-bulir markisa. Anda juga dapat mencampurkannya ke dalam air gula, jus, yogurt, dan sebagainya.

Sebaiknya jangan panaskan buah markisa ataupun mengawetkan buah markisa dalam bentuk kalengan. Namun, Anda dapat membekukan buah markisa untuk dikonsumsi nantinya.

Catatan dari SehatQ

Manfaat buah markisa mungkin belum diketahui banyak orang, berikut adalah beberapa manfaat buah markisa yang bisa dirasakan:

  • Kaya vitamin C
  • Sumber serat
  • Mengandung vitamin A
  • Tinggi antioksidan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengurangi kecemasan
  • Indeks glikemik rendah
  • Menaikkan sensitivitas insulin
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengandung antiradang

Manfaat buah markisa belum tentu bisa dirasakan oleh semua orang, karena orang yang memiliki alergi lateks berisiko juga untuk mengalami alergi buah markisa. Sebaiknya jangan mengonsumsi buah markisa berwarna ungu dalam jumlah yang besar karena buah markisa berwarna ungu berpotensi menjadi racun bagi tubuh.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/passion-fruit#what-it-is
Diakses pada 24 September 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324383.php
Diakses pada 24 September 2019

Medscape. medscape.com/viewarticle/464479_6
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19083404
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23984870
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5691758/
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26728196
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23609775
Diakses pada 24 September 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5452159/
Diakses pada 24 September 2019

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/passion-fruit-health-benefits#1
Diakses pada 24 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed