Manis Bernutrisi, Intip Ragam Gizi dan Kandungan Strawberry Ini


Kandungan strawberry amat beragam dan menyehatkan bagi tubuh. Buah strawberry mengandung vitamin C, vitamin B9, mangan, kalium, dan zat-zat antioksidan.

(0)
25 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Kandungan strawberry adalah vitamin C, vitamin B9, mangan, kalium, dan zat-zat antioksidanStrawberry cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan diet keto
Siapa yang tak suka buah stroberi? Rasa manis asam buah imut ini membuatnya didaulat menjadi favorit banyak orang. Strawberry bisa dimakan langsung, diolah menjadi smoothies, atau ditambahkan ke makanan lain seperti oatmeal. Buah stroberi juga kaya nutrisi yang membuatnya menyehatkan bagi tubuh. Apa saja kandungan strawberry?

Profil nutrisi makro yang menjadi kandungan strawberry

Sebagai pembuka, berikut ini profil kadar nutrisi makro yang menjadi kandungan buah strawberry untuk setiap 100 gramnya:
  • Kalori: 32
  • Protein: 0,7 gram
  • Karbohidrat total: 7,7 gram
  • Gula: 4,9 gram
  • Serat: 2 gram
  • Lemak: 0,3 gram
Buah stroberi utamanya tersusun atas air (91%) dan karbohidrat (7,7%). Sisanya, stroberi juga mengandung nutrisi makro lain yaitu protein dan lemak dalam jumlah yang rendah.

Ragam kandungan strawberry yang manis seperti rasanya

Berikut ini nutrisi kunci yang menjadi kandungan strawberry yang menarik untuk diketahui:

1. Karbohidrat

Kadar karbohidrat sebagai kandungan buah strawberry amatlah rendah, yakni kurang dari 8 gram untuk setiap 100 gramnya. Dari jumlah tersebut, karbohidrat bersih yang bisa dicerna tubuh memiliki kadar kurang dari 6 gram – membuatnya cocok menjadi buah untuk diet keto.Karbohidrat dalam stroberi utamanya berasal dari gula sederhana, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Namun, walau karbohidrat pada buah ini utamanya gula, stroberi memiliki indeks glikemik relatif rendah, yakni sekitar 40. Artinya, stroberi tidak terlalu memicu lonjakan gula darah setelah dikonsumsi.

2. Serat

Selain gula, karbohidrat dalam stroberi juga tersusun atas serat. Serat sebagai kandungan strawberry berkisar 26% dari kandungan karbohidrat total buah ini. Sekitar 100 gram buah stroberi memberikan serat sekitar 2 gram. Serat tersebut tersusun atas serat larut air maupun serat tak larut air. 

3. Vitamin

Kandungan buah strawberry yang paling populer adalah vitamin C
Strawberry kaya akan vitamin C yang memiliki efek antioksidan
Sebagai jenis buah-buahan yang bergizi, strawberry juga menjagokan beberapa jenis vitamin. Vitamin utama yang jumlahnya cukup melimpah dalam buah strawberry, termasuk:
  • Vitamin C. yang kadarnya cukup berkesan dalam buah stroberi. Vitamin C sebagai kandungan strawberry memiliki efek antioksidan dan penting untuk sistem imun dan kulit yang sehat.
  • Vitamin B9. Disebut juga dengan folat, vitamin B9 memainkan peran penting untuk pertumbuhan jaringan dan fungsi sel. Folat juga vital bagi ibu hamil dan kelompok lanjut usia.
Selain vitamin C dan B9, strawberry juga mengantongi vitamin B6, K, dan E.

4. Mineral

Selain vitamin, buah stroberi tentu juga mengandung beberapa jenis mineral. Mineral utama yang menjadi kandungan buah strawberry, yaitu:
  • Mangan. merupakan mineral mikro yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Namun, walau dibutuhkan sedikit, mangan berperan penting untuk beragam proses di dalam tubuh.
  • Kalium. Kalium merupakan mineral yang cukup populer dalam budaya hidup sehat. Pasalnya, mineral ini berperan penting dalam pengendalian tekanan darah dan memiliki potensi untuk menyehatkan jantung. 
Mineral lain yang menjadi kandungan strawberry termasuk zat besi, tembaga, magnesium, dan fosfor.  

5. Zat antioksidan

Layaknya buah-buahan, strawberry juga mengandung beragam jenis zat antioksidan. Zat antioksidan yang menjadi kandungan buah strawberry yaitu:
  • Pelargonidin. Pelargonidin salah satu jenis antosianin, kelompok pigmen antioksidan yang memberi warna cerah pada buah stroberi. Terdapat lebih dari 25 jenis antosianin dalam stroberi – dan pelargonidin merupakan jenis yang kadarnya paling banyak.
  • Asam elagat. Asam elagat juga menjadi kandungan buah strawberry yang kadarnya cukup tinggi. Asam elagat  merupakan antioksidan polifenol yang bermanfaat untuk kesehatan.
  • Procyanidin. merupakan zat antioksidan yang terkandung dalam daging dan biji buah stroberi

Kandungan buah strawberry membuatnya menyehatkan

Kandungan strawberry seperti vitamin, mineral, dan zat antioksidan membuatnya menyehatkan bagi tubuh. Beberapa manfaat kesehatan yang ditawarkan buah stroberi, yaitu:
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Meningkatkan level antioksidan di dalam darah
  • Meningkatkan fungsi pembuluh darah
  • Mengurangi peradangan
  • Mengendalikan kadar lipid (lemak) di aliran darah
  • Mengurangi oksidasi kolesterol jahat atau LDL yang berbahaya
  • Mengendalikan gula darah dan mencegah terjadinya sindrom metabolik
  • Berpotensi untuk menurunkan risiko kanker

Catatan dari SehatQ

Ragam kandungan strawberry membuatnya amat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan strawberry tersebut termasuk vitamin C, vitamin B9, mangan, kalium, dan zat-zat antioksidan. Apabila masih memiliki pertanyaan terkait kandungan buah strawberry, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi hidup sehat terpercaya.
makanan sehatnutrisivitamin cbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods/strawberries
Diakses pada 11 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/271285
Diakses pada 11 November 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/strawberries-carb-counts-and-health-benefits-1087572
Diakses pada 11 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait