Manfaat Zat Besi untuk Ibu Hamil dan Berbagai Sumber Alaminya


Manfaat zat besi untuk ibu hamil tidak boleh diremehkan. Selain bisa mencegah anemia, mineral yang satu ini dianggap ampuh meningkatkan energi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, hingga mengatasi rasa letih.

0,0
20 Aug 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Fungsi zat besi untuk ibu hamil dinilai pentingManfaat zat besi untuk ibu hamil tidak boleh diremehkan.
Saat hamil, kebutuhan zat besi wanita meningkat dua kali lipat. Hal ini dikarenakan tubuh ibu hamil membutuhkan zat besi lebih supaya bisa memproduksi ekstra darah untuk janin di dalam rahim.Selain membantu tubuh dalam memproduksi darah dan mencegah anemia, masih banyak manfaat zat besi untuk ibu hamil yang sebaiknya Anda ketahui.

Manfaat zat besi untuk ibu hamil

Dilansir dari Web MD, sekitar 50 persen ibu hamil tidak mencukupi kebutuhan zat besi hariannya. Padahal, ada banyak manfaat zat besi untuk ibu hamil yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui berbagai manfaat berikut supaya bisa memahami pentingnya zat besi bagi ibu hamil.

1. Mencegah anemia defisiensi besi

Salah satu manfaat zat besi untuk ibu hamil yang penting adalah mencegah anemia defisiensi besi. Kondisi ini sering kali dialami oleh ibu hamil.Anemia defisiensi besi dapat mengundang berbagai gejala yang merugikan, misalnya rasa lelah yang ekstrem, kulit pucat, nyeri dada, sakit kepala, kuku yang rapuh, hingga turunnya nafsu makan.Tidak hanya itu, anemia dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, seperti kelahiran prematur hingga berat badan lahir rendah (BBLR).Maka dari itu, cobalah untuk terus memenuhi kebutuhan zat besi harian agar terhindar dari gejala dan komplikasi yang merugikan.

2. Mengatasi rasa lelah

Merasa lelah adalah salah satu gejala kehamilan yang sering dirasakan banyak ibu hamil. Hal ini terjadi akibat hormon di dalam tubuh ibu hamil yang terus berfluktuasi.Rendahnya kadar zat besi di dalam tubuh ibu hamil juga dapat mengundang rasa lelah yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, aktivitas yang biasanya dilakukan dengan mudah juga bisa terasa melelahkan.Inilah sebabnya ibu hamil dianjurkan untuk terus mencukupi kebutuhan zat besinya agar terhindar dari rasa lelah yang mengganggu.

3. Memperkuat sistem imun

Manfaat zat besi untuk ibu hamil lainnya adalah memperkuat sistem imun. Pasalnya, zat besi merangsang produksi hemoglobin yang bertugas untuk mengirimkan oksigen kepada sel, jaringan tubuh, dan organ yang rusak. Tidak hanya itu, hemoglobin juga berfungsi untuk melawan penyakit dan infeksi.Saat kadar zat besi di dalam tubuh rendah, kondisi ini dapat mengganggu fungsi sistem imun dan menghambat proses penyembuhan.

4. Menjaga kualitas tidur

Ibu hamil disarankan untuk menjaga kualitas tidur agar waktu istirahatnya tercukupi. Salah satu cara untuk mendapatkan jam tidur yang berkualitas adalah memenuhi kebutuhan zat besi harian.Dilansir dari sebuah studi yang dirilis dalam jurnal African Health Sciences, rendahnya kadar zat besi di dalam tubuh dapat mengundang berbagai masalah tidur, seperti insomnia hingga sleep apnea.

5. Meningkatkan energi

Saat kebutuhan zat besi terpenuhi, energi tubuh dapat meningkat sehingga ibu hamil dapat terhindar dari rasa lelah.Anda juga perlu waspada karena minimnya kadar zat besi di dalam pola makan bisa mengganggu efektivitas tubuh dalam menggunakan energi.Selain itu, fungsi zat besi dalam membawa oksigen ke otot dan otak juga dinilai penting untuk performa fisik dan mental.

Kebutuhan zat besi untuk ibu hamil

Kebutuhan zat besi untuk ibu hamil adalah 27 miligram per harinya. Saat menyusui, ibu berusia 19 tahun ke atas membutuhkan 9 miligram zat besi setiap harinya, sementara ibu menyusui yang berusia 18 tahun ke bawah membutuhkan 10 miligram zat besi per harinya.

Kapan ibu hamil harus mulai mengonsumsi zat besi?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ibu hamil harus mulai mengonsumsi suplemen zat besi berdosis rendah (30 miligram per hari) sejak menjalani konsultasi kehamilan pertama.Dokter kandungan biasanya dapat memberikan suplemen zat besi untuk mencukupi kebutuhan zat besi untuk ibu hamil.

Jenis zat besi untuk ibu hamil

Selain dari suplemen, ada banyak makanan yang mengandung zat besi. Zat besi yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dibagi menjadi dua jenis, di antaranya:
  • Zat besi heme

Zat besi heme adalah zat besi yang terkandung di dalam makanan hewani, seperti daging sapi, daging ikan, dan berbagai sumber protein hewani lainnya. Zat besi heme mampu dicerna cepat oleh tubuh.
  • Zat besi nonheme

Bagi ibu hamil yang menjalani pola makan vegetarian atau vegan atau tidak suka memakan daging, Anda dapat mencoba zat besi non-heme yang dikandung makanan tertentu, seperti buah, sayur-mayur, kacang, dan biji-bijian.Meski begitu, perlu diingat bahwa zat besi nonheme membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna di dalam tubuh.

Makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil

Ada banyak makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil, meliputi:
  • Daging merah
  • Kacang edamame
  • Kacang merah
  • Buah kering
  • Tahu
  • Bayam
  • Sereal oats yang difortifikasi
  • Cokelat hitam
  • Kentang
Setelah mengetahui berbagai makanan zat besi untuk ibu hamil di atas, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C karena vitamin ini dapat membantu tubuh menyerap zat besi dengan maksimal.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kehamilan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
menjaga kehamilankehamilanzat besi
Web MD. https://www.webmd.com/baby/are-you-getting-enough-iron#1
Diakses pada 6 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/iron-rich-foods-for-pregnancy#importance-of-iron
Diakses pada 6 Agustus 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/iron-deficiency-anemia/symptoms-causes/syc-20355034
Diakses pada 6 Agustus 2021
NHS. https://www.nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/tiredness/#:~:text=Is%20it%20normal%20to%20feel,rest%20as%20much%20as%20possible.
Diakses pada 6 Agustus 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/iron-supplements-benefits-4178814
Diakses pada 6 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/287228#foods
Diakses pada 6 Agustus 2021
CDC. https://www.cdc.gov/mmwr/preview/mmwrhtml/00051880.htm
Diakses pada 6 Agustus 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/iron/
Diakses pada 6 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait