15 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental


Manfaat yoga bagi kesehatan antara lain mengurangi stres dan kecemasan, baik untuk jantung, meredakan sakit punggung, memperbaiki postur, dan membuat jadi lebih bahagia. Yoga bisa dilakukan oleh siapa saja.

0,0
08 Jul 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat yoga untuk kesehatan bisa mengurangi stres, baik untuk jantung, dan meredakan nyeriManfaat yoga untuk kesehatan sangatlah beragam, baik untuk fisik maupun mental
Ada banyak manfaat yoga yang bisa Anda dapatkan. Tak hanya secara fisik, tapi juga mental. Olahraga ini bisa meredakan nyeri punggung, baik untuk jantung, serta bermanfaat mengurangi stres maupun gejala depresi.Saat melakukan yoga, Anda akan diajak untuk fokus mengenali seluk beluk tubuh. Semua gerakan akan dilakukan secara perlahan, termasuk dengan cara bernapasnya. Hampir setiap orang, baik dari anak hingga lansia dan dengan segala bentuk tubuh bisa memulai yoga dari gerakan dasar.

Manfaat yoga yang bisa Anda dapatkan

Jika dilakukan secara teratur, berikut ini beberapa manfaat yoga yang bisa Anda dapatkan.
Manfaat yoga bisa meredakan stres dan kecemasan
Manfaat yoga salah satunya mengurangi stres dan kecemasan

1. Mengurangi stres dan kecemasan

Kemampuan gerakan yoga dalam mengurangi stres dan kecemasan tidak hanya muncul karena suasana studio yoga yang tenang. Secara ilmiah, olahraga ini bisa menurunkan produksi kortisol yang merupakan hormon stres di tubuh.
Manfaat yoga yang satu ini bisa didapatkan kalau Anda melakukannya secara teratur.

2. Meredakan peradangan

Peradangan atau inflamasi sebenarnya adalah respons normal di tubuh. Namun jika kadarnya berlebihan, maka risiko terjadinya penyakit-penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung, akan meningkat.Yoga adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan peradangan di tubuh. Meski begitu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Yoga dapat membantu mencegah kondisi-kondisi yang bisa memicu penyakit jantung, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan berat badan berlebih. Olahraga ini juga bisa mengurangi risiko terjadinya gangguan pada pembuluh darah yang kerap menjadi biang kerok gangguan di jantung.Apabila yoga dikombinasikan dengan olahraga kardio, maka manfaat-manfaat di atas akan bisa didapatkan dengan lebih maksimal. Bahkan, lebih bagus dua kali lipat dibanding dengan kalau Anda hanya melakukan salah satu jenis olahraga.

4. Meredakan gejala depresi

Kemampuan yoga dalam menekan jumlah kortisol di tubuh juga berguna untuk meredakan gejala depresi. Saat kadar kortisol meningkat, maka kadar serotonin akan menurun. Serotonin adalah hormon yang sering didapuk sebagai hormon kebahagiaan.Sebaliknya, ketika kadar kortisol kembali normal, maka serotonin pun akan meningkat, membuat gejala depresi jadi berkurang.

5. Mengurangi nyeri punggung

Untuk Anda yang kerap mengalami nyeri punggung, yoga bisa menjadi salah satu cara meredakannya secara alami. Yoga sama efektifnya dengan aktivitas peregangan lain yang bisa membuat orang dengan kondisi ini lebih mudah bergerak.Anda bisa mencoba pose yoga cat-cow untuk meredakan nyeri punggung. Berikut ini caranya:
  • Posisikan tubuh seperti akan merangkak.
  • Posisi telapak tangan di bawah bahu dan lutut di bawang pinggul.
  • Setelah itu, tarik napas sambil menggerakkan perut ke bawah hingga mendekati lantai.
  • Ketika membuang napas, gerakkan tubuh lagi ke atas hingga punggung membentuk lengkungan.
Manfaat yoga bisa bantu tidur nyenyak
Yoga bisa membuat tidur lebih nyenyak

6. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat yoga yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Lewat sebuah penelitian pada sejumlah lansia yang melakukan yoga dan tidak, kelompok lansia yang rutin yoga menunjukkan bahwa mereka bisa tertidur lebih cepat dan nyenyak. Durasi tidurnya juga lebih lama.Mekanisme yoga dalam memengaruhi siklus tidur sebenarnya belum diketahui secara jelas. Namun, manfaat ini diduga muncul karena yoga dapat meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur jam biologis tubuh.Yoga juga bisa meredakan nyeri, stres, serta kecemasan yang merupakan penyebab umum orang susah tidur.

7. Membuat tubuh lebih lentur dan seimbang

Tidak perlu takut untuk memulai yoga karena merasa tubuh tidak cukup fleksibel atau seimbang. Justru, olahraga ini akan membantu Anda memiliki tubuh yang lentur dan seimbang.Kedua hal ini penting dimiliki karena bisa mengurangi risiko terjadinya cedera saat beraktivitas.

8. Meredakan migrain

Yoga dipercaya bisa jadi salah satu cara alami untuk meredakan migrain. Sebab, olahraga ini dapat menstimulasi saraf vagus yang ada di kepala dan mengurangi tingkat keparahan migrain. Yoga juga dapat mengurangi frekuensi seseorang mengalami migrain.

9. Membuat tubuh lebih kuat

Tidak hanya membuat tubuh lebih lentur, yoga juga akan membuat otot menjadi lebih kuat. Stamina pun akan meningkat.

10. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat yoga untuk otak ada beragam. Dengan rutin melakukan yoga, maka Anda akan menjadi lebih fokus dan bisa berpikir jernih saat mengambil suatu keputusan. Olahraga ini juga membantu meningkatkan fungsi kognitif di otak.
Manfaat yoga salah satunya menurunkan berat badan
Manfaat yoga adalah bisa menurunkan berat badan

11. Menurunkan berat badan

Yoga membuat seseorang menjadi lebih sadar akan segala hal yang terjadi di tubuhnya, termasuk soal rasa lapar dan kenyang. Jadi, Anda akan lebih berhati-hati saat mengonsumsi sesuatu.Hal ini membuat orang-orang yang rutin yoga, biasanya beralih mengonsumsi makanan yang lebih sehat, sehingga penurunan berat badan akan mengikuti setelahnya.Mereka juga akan tahu waktunya makan dan saatnya untuk berhenti. Dengan kata lain, yoga membuat nafsu makan jadi lebih terkontrol.

12. Mendukung proses pemulihan penyakit

Banyak pasien yang melakukan yoga sebagai pendamping perawatan medis yang karena olahraga ini bisa membantu meningkatkan kualitas hidup, sehingga proses pemulihan pun bisa berlangsung dengan lebih baik.Pada pasien stroke yang sedang menjalani terapi fisik, misalnya, yoga bisa membantu meningkatkan keseimbangan dan kemampuan fungsi motorik mereka.Sementara pada pasien kanker prostat yang sedang menjalani terapi radiasi, yoga bisa membantu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan fungsi saluran kemih.

13. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat yoga yang satu ini termasuk salah satu yang paling kentara. Orang yang berlatih yoga secara teratur setiap harinya, memiliki postur lebih tegap baik saat berjalan maupun duduk.

14. Jadi lebih bahagia

Satu sesi yoga saja sudah bisa meningkatkan jumlah zat kimia tertentu di otak yang bertanggung jawab untuk mengurangi aktivitas sistem saraf, sehingga suasana hati dapat membaik dan membuat Anda merasa lebih bahagia.

15. Baik untuk kesehatan paru-paru

Yoga mengajarkan teknik bernapas khusus yang dinamakan pranayama. Teknik pernapasan ini dilakukan secara perlahan dan dalam, dilakukan dengan maksud untuk menenangkan sistem saraf simpatik sehingga kadar stres di dalam tubuh berkurang.Melakukan cara bernapas ini secara teratur juga terbukti bisa meningkatkan kapasitas vital paru-paru.

Catatan dari SehatQ

Manfaat yoga untuk kesehatan bisa Anda dapatkan jika dilakukan secara teratur. Untuk bisa melakukan gerakan yoga dengan benar, carilah instruktur yang bisa menyesuaikan pose tubuh dengan baik sehingga manfaat yang didapatkan dari olahraga ini pun bisa maksimal.Yoga bisa dilakukan oleh orang dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Tak hanya itu, olaharaga ini juga bisa dilakukan oleh orang dengan berbagai rentang berat badan, mulai dari yang terlalu kurus hingga yang obesitas.Apabila Anda masih punya pertanyaan seputar dampak yoga untuk kesehatan, diskusikan langsung dengan tim dokter SehatQ melalui fitur Chat Dokter. Download aplikasinya secara gratis di Playstore dan App Store.
olahragatips olahragayoga
Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/9-benefits-of-yoga
Diakses pada 30 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-yoga
Diakses pada 30 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326414
Diakses pada 30 Juni 2021
Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/healthy-living/fitness/a28508/yoga-health-benefits/
Diakses pada 30 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait