5 Manfaat Wortel Ungu, Sang Leluhur yang Kaya Manfaat untuk Tubuh


Wortel ungu merupakan leluhur wortel oranye. Kandungan zat berupa anthocyanin membuat wortel ungu memiliki kadar antioksidan lebih tinggi ketimbang wortel lain

(0)
18 Dec 2020|Azelia Trifiana
Manfaat wortel unguWortel ungu adalah leluhur wortel oranye
Kandungan zat berupa anthocyanin membuat wortel ungu memiliki kadar antioksidan lebih tinggi ketimbang wortel lain. Mudah diolah dengan rasa yang lezat, manfaat wortel ungu dapat mencegah peradangan dalam tubuh.Meski lebih populer dengan warna oranye, sebenarnya sejak dulu wortel berwarna ungu dan putih. Setidaknya, ini yang terjadi hingga setidaknya sebelum abad 17. Kemudian setelah ada mutasi genetik, muncul wortel berwarna oranye yang populer hingga kini.

Kandungan nutrisi wortel ungu

Meski menemukan wortel ungu tak semudah yang berwarna oranye, perlu diketahui nutrisinya. Dalam 128 gram wortel ungu, kalorinya hanya sekitar 52. Sementara itu, ada pula kandungan bermanfaat lain seperti serat, vitamin K, vitamin C, beberapa jenis vitamin B, potasium, dan juga mangan.Dibandingkan dengan jenis wortel lainnya, si ungu ini mengandung anthocyanin paling tinggi. Inilah zat yang membuat warnanya ungu kehitaman. Dengan demikian, kapasitas antioksidannya pun jauh lebih tinggi.Anthocyanin adalah antioksidan dalam kelompok polifenol yang ada di buah dan sayuran berwarna gelap. Contohnya seperti anggur, blackberry, ubi ungu, kubis ungu, terong, dan juga sayuran ungu lainnya.

Manfaat wortel ungu

Beberapa manfaat mengonsumsi wortel ungu untuk kesehatan di antaranya:

1. Sumber antioksidan

Tentu mengingat wortel ungu memiliki kandungan anthocyanin lebih tinggi ketimbang wortel jenis lainnya, fungsi antioksidannya juga unggul. Adanya antioksidan dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif, yaitu ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh manusia.Jika stres oksidatif dibiarkan, bisa saja menimbulkan penyakit. Beberapa yang kerap dikaitkan adalah kanker, penyakit jantung, penuaan dini, hingga penurunan fungsi kognitif.Dalam ulasan 24 studi, ditemukan bahwa orang yang terbiasa mengonsumsi makanan tinggi anthocyanin memiliki sirkulasi darah lebih baik. Fungsi pembuluh darahnya juga lebih baik ketimbang yang tidak.Selain itu, ada juga studi lain yang melibatkan 34.000 partisipan perempuan. Mereka mengonsumsi 9,2 mg anthocyanin setiap harinya. Hasilnya, risiko mengalami penyakit jantung pun menurun.

2. Potensi melawan kanker

Dalam sebuah studi selama 12 pekan terhadap tikus di laboratorium, ekstrak wortel ungu membuat sel kanker berkembang tidak terlalu pesat. Serupa dengan hal ini, studi lain juga melihat bagaimana anthocyanin menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di payudara, hati, kulit, darah, dan juga usus.Tak hanya itu, studi terhadap 923 penderita kanker usus dan 1.846 orang yang tidak memiliki kanker menunjukkan hasil serupa. Perempuan yang mengonsumsi sayuran dan buah ungu berisiko lebih rendah mengalami kanker usus ketimbang yang tidak.

3. Potensi menurunkan berat badan

Wortel ungu termasuk sayuran rendah kalori namun tetap bernutrisi. Artinya, sayuran ini bisa menjadi menu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Untuk itu, ganti camilan dengan kalori tinggi dengan wortel untuk menurunkan asupan kalori setiap harinya.Tak hanya itu, wortel ungu merupakan sumber serat larut air yang baik. Ini akan membantu menurunkan rasa lapar. Mereka bekerja dengan meningkatkan hormon yang memicu rasa kenyang seperti peptide YY.Studi terhadap 100 perempuan yang mengonsumsi 200 gram wortel saat makan siang membuktikan hal ini. Mereka merasa jauh lebih kenyang dan pada akhirnya makan lebih sedikit di sisa harinya.

4. Meredakan sindrom metabolik

Ada beberapa gejala yang mengindikasikan sindrom metabolik seperti penumpukan lemak di perut, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, serta gula darah tak terkendali. Sindrom metabolik ini dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung, diabetes tipe 2, bahkan kematian.Kandungan anthocyanin dalam wortel ungu dapat membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan gula darah. Dalam studi terhadap tikus yang menderita sindrom metabolik, konsumsi ekstrak wortel ungu dapat meredakan gejalanya dengan efektif.

5. Meredakan penyakit radang usus

Penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease adalah peradangan kronis yang terjadi di saluran pencernaan seseorang. Dalam studi terhadap binatang, diketahui bahwa wortel ungu meredakan kolitis ulseratif, salah satu kondisi peradangan usus.Dalam sebuah studi, tikus yang menderita kolitis dan diberi makan wortel ungu memiliki kadar protein pro-peradangan lebih rendah. Manfaat ini datang dari kandungan anthocyanin di dalam wortel ungu.

Mengolah wortel ungu tidak berbeda dengan wortel lainnya, cukup diiris dan dipotong jika ingin dimasukkan dalam masakan. Wortel juga bisa dimasukkan dalam salad atau menjadi bahan membuat smoothies.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat wortel ungu bagi kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di .
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/purple-carrots
Diakses pada 4 Desember 2020
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17344514/
Diakses pada 4 Desember 2020
PubMed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16925866/
Diakses pada 4 Desember 2020
BMC Genomics. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4213543/
Diakses pada 4 Desember 2020
Heal With Food. https://www.healwithfood.org/health-benefits/purple-carrots-nutrition-vs-orange-cultivars.php
Diakses pada 4 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
0

Artikel Terkait