7 Manfaat Wall Sit dan Tips untuk Mempraktikkannya


Wall sit adalah gerakan olahraga yang memiliki banyak manfaat, seperti membentuk six pack, memperkuat otot betis, hingga meningkatkan kestabilan tubuh.

0,0
27 Sep 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Wall sit adalah gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumahWall sit adalah gerakan olahraga sederhana yang menawarkan banyak manfaat.
Selain push up dan sit up, masih banyak gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah tanpa peralatan apa pun. Salah satunya yang bisa Anda coba adalah wall sit. Wall sit adalah gerakan olahraga yang terlihat sederhana, tapi menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan.Jika Anda masih belum familiar dengan gerakan olahraga yang satu ini, simaklah penjelasan mengenai apa itu wall sit dan berbagai manfaatnya.

Apa itu wall sit?

Dari gerakannya, sebenarnya wall sit hampir mirip dengan squat. Hanya saja, wall sit dilakukan dengan cara menyandarkan punggung secara tegak ke dinding sambil menekuk lutut layaknya sedang melakukan squat.Dilansir dari Very Well Fit, wall sit adalah gerakan olahraga yang sering dilakukan untuk membentuk kekuatan isometrik (latihan otot yang dilakukan dengan statis) dan ketahanan pada bagian otot paha depan, bokong, serta betis.Gerakan olahraga yang juga dikenal sebagai wall squat ini cocok untuk Anda yang ingin memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah.

Tips melakukan wall sit exercise yang benar

Meski terlihat mudah dilakukan, Anda tidak boleh melakukan wall sit dengan sembarangan. Untuk mempraktikkan wall sit dengan benar, coba ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Pertama-tama, sandarkan punggung Anda ke dinding. Lalu posisikan kedua kaki sejajar dengan bahu dan beri jarak sekitar 60 centimeter (cm) dari dinding.
  • Kencangkan otot perut lalu geserlah punggung secara perlahan ke arah bawah sampai posisi tubuh Anda seperti sedang duduk di atas kursi.
  • Sesuaikan kaki Anda sampai lutut berada tepat di atas pergelangan kaki, bukan di atas jari kaki.
  • Jaga posisi punggung agar tetap lurus atau rata dengan dinding.
  • Tahan posisi ini selama 20-60 detik.
  • Jika sudah, geser punggung ke posisi berdiri secara perlahan.
  • Istirahat selama 30 detik dan ulangi gerakan wall sit sebanyak tiga kali.
  • Ingat, jangan memaksakan tubuh jika Anda belum kuat atau belum terbiasa melakukannya.
Jangan berkecil hati saat Anda hanya bisa mempraktikkannya sebentar. Seiring berjalannya waktu, tubuh Anda dapat beradaptasi dan bisa melakukan wall sit lebih lama lagi.

Manfaat wall sit

Mulai dari membentuk six pack, memperkuat otot betis, hingga meningkatkan kestabilan tubuh, berikut adalah berbagai manfaat wall sit yang tak kalah hebat dari gerakan olahraga lainnya.

1. Membentuk six pack

Tidak hanya sit up saja yang bisa membantu Anda mendapatkan six pack, wall sit pun juga bisa diandalkan untuk memperkuat otot perut.Sebab, Anda perlu mengencangkan otot perut saat mempraktikkan wall sit. Jika perut tidak dikencangkan, maka six pack tidak dapat terbentuk.

2. Melatih konsentrasi dan fokus

Tidak hanya untuk kesehatan fisik, wall squat juga bisa membantu Anda melatih konsentrasi dan fokus jika dilakukan secara rutin.Perlu diketahui, melakukan wall sit membutuhkan tingkat fokus yang tinggi, apalagi jika dilakukan selama 30 hingga 60 detik.Ditambah lagi, Anda perlu fokus mengatur napas secara benar, mengencangkan otot perut, dan menjaga kestabilan tubuh secara bersamaan. Jadi, tidak heran jika gerakan ini dapat melatih konsentrasi dan fokus.

3. Memperkuat otot betis

Kalau Anda ingin membentuk dan mengencangkan otot betis, wall sit exercise dapat menjadi salah satu solusinya.Pasalnya, selama melakukan wall sit, berat badan akan ditopang oleh kaki sehingga dapat membuat otot betis semakin terbentuk dan mengencang.

4. Menjaga kestabilan tubuh

Salah satu manfaat wall sit yang utama adalah memperkuat otot kaki. Saat otot-otot di bagian kaki sudah semakin kuat, kestabilan tubuh dapat terjaga sehingga risiko terjatuh atau tergelincir semakin kecil.

5. Memperkuat otot paha

Wall sit mengharuskan bagian kaki menopang berat badan Anda. Posisi ini dapat memperkuat dan membentuk bagian otot-otot di paha. Memiliki otot paha yang kuat membantu tubuh menjadi lebih stabil.

6. Menambah stamina dan ketahanan

Dilansir dari Fit and Me, gerakan wall sit juga dipercaya bisa menambah stamina dan ketahanan fisik. Pasalnya, saat kaki dan perut semakin kuat, ketahanan tubuh juga dipercaya dapat meningkat.Peningkatkan stamina dapat membantu Anda melakukan berbagai hal dalam durasi yang lebih lama, misalnya menaiki tangga yang panjang.

7. Membakar kalori

Jangan kira bahwa wall sit tidak bisa membakar kalori. Justru sebaliknya, gerakan olahraga ini adalah salah satu cara efektif untuk membakar kalori dan mengundang keringat, terutama jika Anda melakukannya dengan benar dengan durasi yang lama.

Catatan dari SehatQ

Wall sit adalah gerakan olahraga yang sederhana, tapi memiliki khasiat yang tinggi. Jika kamu ingin berolahraga di rumah tanpa menggunakan perlatan, wall sit dapat menjadi salah satu gerakan yang bisa dipraktikkan.Jika Anda ingin bertanya seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
olahragatips olahraga
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/the-wall-sit-quad-exercise-3120741
Diakses pada 13 September 2021
Fit and Me. https://www.fitandme.com/benefits-of-wall-sits/
Diakses pada 13 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait