logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kulit & Kecantikan

Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit, Bisa Mengatasi Hiperpigmentasi

open-summary

Manfaat vitamin E untuk kesehatan dan kecantikan kulit sangat banyak, bukan hanya melindunginya dari efek buruk sinar matahari, tapi juga dapat memperlambat tanda penuaan, menyamarkan hiperpigmentasi, hingga mengobati bekas luka. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya kamu perlu tahu bagaimana cara mengonsumsi vitamin E yang benar.


close-summary

18 Jan 2023

| Giovanni Jessica

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

manfaat vitamin e untuk kulit

Manfaat vitamin E untuk kulit bisa didapat dengan mengonsumsi makanan ataupun suplemen

Table of Content

  • Kebutuhan vitamin E harian
  • Manfaat vitamin E untuk kulit
  • Bolehkah vitamin E langsung dioleskan ke wajah?
  • Pesan dari SehatQ 

Vitamin E merupakan jenis vitamin larut dalam lemak yang kaya antioksidan. Manfaat vitamin E untuk kulit, antara lain dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, menyamarkan hiperpigmentasi, hingga tanda penuaan.

Advertisement

Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin E dari makanan, seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Selain itu, suplemen juga bisa membantu mencukupi kebutuhan harian. 

Kebutuhan vitamin E harian

Kebutuhan vitamin E setiap orang bisa berbeda tergantung pada usia mereka. Berikut adalah kebutuhan vitamin E harian setiap orang berdasarkan usia:

  • Usia 0-5 bulan: 4 mg
  • Usia 7-12 bulan: 5 mg
  • Usia 1-3 tahun: 6 mg
  • Usia 4-8 tahun: 7 mg
  • Usia 9-13 tahun: 11 mg
  • Usia di atas 14 tahun: 15 mg
  • Ibu menyusui: 19 mg

Asupan vitamin E terbaik adalah yang didapat dari makanan. Namun, suplemen mungkin kadang diperlukan. . Jika ingin mengonsumsi suplemen sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Manfaat vitamin E untuk kulit

Manfaat vitamin E yang paling dikenal adalah untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Namun lebih dari itu, fungsi vitamin E juga dapat memperkuat lapisan sel, membantu pembelahan sel, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Itu sebabnya, vitamin E juga bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. 

Manfaat vitamin E untuk kulit di antaranya menyamarkan hiperpigmentasi, melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas, memperlambat tanda penuaan, hingga melembapkan dan menjaga elastisitas kulit.  

Berikut manfaat vitamin E untuk kesehatan dan kecantikan kulit yang tidak boleh dilewatkan:

1. Melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas

Manfaat vitamin E salah satunya menjadi vitamin untuk kulit yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidannya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat diproduksi dari sisa metabolisme tubuh dan paparan lingkungan yang buruk.

Vitamin E juga berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari berbahaya yang berpotensi merusak kulit. Dengan demikian, bintik-bintik hitam dan keriput di wajah dapat dicegah kemunculannya. 

Namun, kamu sebaiknya tetap membatasi aktivitas di bawah sinar matahari langsung.

Jika terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan saat pagi atau siang hari, selalu oleskan sunscreen atau tabir surya terlebih dulu.

2. Menyamarkan hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi, alias bercak hitam di kulit akibat bekas luka atau jerawat muncul karena banyaknya jumlah pigmen melanin pada kulit. Kondisi ini dapat dipicu oleh hormon atau kondisi lainnya.

Penggunaan vitamin E secara topikal atau oles disebut berfungsi untuk menyamarkan hiperpigmentasi.

Meski begitu, sebuah studi yang dimuat dalam Indian Dermatology Online Journal mengemukakan, penggunaan minyak vitamin E hanya dapat memudarkan, bukan menghilangkan sepenuhnya.

Untuk memperoleh hasil maksimal, cara mengatasi hiperpigmentasi perlu dikombinasikan dengan penggunaan skincare mengandung vitamin E dan C.

3. Memperlambat keriput dan tanda penuaan dini lainnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat vitamin E untuk wajah berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi.

Fungsi antioksidan ini yang dapat memengaruhi sirkulasi darah sehingga membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda.

Itu sebabnya, orang yang rutin menggunakan produk skincare mengandung vitamin E akan merasa kulitnya lebih membaik dan tampak kencang.

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam International Scholarly Research Notices, vitamin E yang dikombinasikan dengan antioksidan lain terbukti dapat memperlambat kemunculan keriput akibat sinar matahari, atau dikenal dengan photoaging.

4. Mencegah kulit kering

Vitamin E juga berkhasiat untuk menjaga kelembapan dan mencegah kulit kering. Umumnya, tubuh memproduksi vitamin E melalui sebum, yakni minyak alami yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Jika jumlahnya seimbang, sebum dapat membantu menjaga kulit dari kondisi kering.

Manfaat vitamin kulit kering ini pun bisa diperoleh melalui penggunaan sejumlah produk pelembap untuk mencegah kulit kering dan mengelupas.

Vitamin E juga memiliki kandungan antiradang yang penting untuk menenangkan kulit kering mudah memerah, meradang, dan gatal.

5. Mengobati bekas luka

Vitamin E juga disebut dapat mengobati bekas luka. Namun, faktanya sebuah studi menemukan, penggunaan salep vitamin E tidak terlalu memberikan hasil signifikan dalam menyembuhkan luka pada penderita kanker kulit.

Bahkan, sepertiga dari penderita kanker kulit tersebut justru mengalami gatal dan kemerahan pada kulit.

Hasil yang berbeda justru ditemukan pada anak-anak yang memiliki bekas luka operasi di tubuhnya.

Mereka menggunakan vitamin E sebanyak 3 kali sehari. Kemudian, hasilnya menunjukkan tidak ada pertumbuhan keloid atau jaringan parut berlebih di daerah bekas luka operasi.

Masih diperlukan studi lebih luas untuk benar-benar dapat menentukan apakah vitamin E benar-benar ampuh dan aman untuk mengobati bekas luka. 

BACA JUGA: Dampak Kesehatan yang Mungkin Dialami Bila Kekurangan Vitamin E

Bolehkah vitamin E langsung dioleskan ke wajah?

Manfaat vitamin E untuk kulit bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin E, minum suplemen, ataupun menggunakan produk skincare yang mengandung vitamin E. 

Beberapa orang terkadang menggunakan kapsul suplemen vitamin E, membelahnya, dan mengoleskannya langsung di kulit wajah. Minyak dalam kapsul vitamin E itu dianggap memberikan hasil yang lebih cepat untuk kulit ketimbang meminumnya.

Lantas, apakah boleh mengoleskan minyak vitamin E secara langsung pada kulit wajah?  Menurut para ahli kecantikan, mengoleskan cairan vitamin E secara langsung pada wajah tidak direkomendasikan karena berisiko menimbulkan alergi pada kulit. Terlebih jika kamu mengaplikasikannya untuk area bawah mata yang sensitif dan tipis.

Selain itu, vitamin E yang dikemas dalam kapsul juga bukanlah vitamin E murni. Kandungan di dalamnya biasanya mengandung campuran minyak lain seperti minyak kedelai atau gliserin

Jika ingin menggunakan vitamin E secara topikal atau oles, pilihlah skincare yang mengandung vitamin E yang memang sudah diformulasikan khusus untuk kulit wajah.

Pesan dari SehatQ 

Ada berbagai cara memperoleh manfaat vitamin E untuk kulit. Mulai dari mengonsumsi makanan mengandung vitamin E, konsumsi suplemen vitamin E, hingga penggunaan produk skincare mengandung vitamin E.

Agar fungsi vitamin E untuk kulit dapat berjalan maksimal, kamu bisa mengonsumsi sejumlah makanan yang mengandung vitamin E untuk kulit wajah. Misalnya, berasal dari:

  • Salmon dan jenis makanan laut lainnya
  • Brokoli, bayam, dan sayuran hijau lainnya
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti biji bunga matahari, almond, dan hazelnut
  • Minyak nabati, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa

Vitamin E juga terkandung dalam bentuk topikal dalam sejumlah produk perawatan kulit atau skincare. Sebut saja, krim anti aging, krim mata, sunscreen, serum wajah, hingga make up.

Vitamin E mudah menyerap ke dalam kulit. Penggunaan secara topikal atau oles melalui krim atau produk lain dapat meningkatkan kadar vitamin E yang disimpan dalam kelenjar sebasea.

Nantinya, tubuh akan memproduksi vitamin E melalui sebum yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit. 

Masih punya pertanyaan seputar manfaat vitamin E untuk wajah atau mengalami gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguan kulit?

Coba konsultasikanlah ke dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Pastikan kamu sudah mengunduhnya di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan kulitvitamin ekulit keriput

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved