Manfaat Vitamin E Ini Bisa Didapat dari Sumber Alami

Sumber vitamin E dapat ditemukan dari sayuran dan buah-buahan
Berbagai makanan yang mengandung vitamin E

Vitamin E adalah salah satu jenis vitamin yang banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat virus corona mewabah. Suplemen bukan satu-satunya sumber vitamin E, Anda dapat mengonsumsi makanan atau minuman tertentu untuk menikmati manfaat vitamin E ini.

Vitamin E adalah jenis lemak yang larut dalam air serta memiliki sifat antioksidan. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin E akan meningkatkan sistem imun pada tubuh, menyehatkan peredaran darah, serta membuat kulit menjadi lebih muda.

Para peneliti menyatakan terdapat delapan jenis vitamin E. Namun, hanya vitamin E jenis alpha-tocopherol yang memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Untungnya, tipe vitamin E ini mudah dijumpai pada beberapa jenis makanan dan minuman.

Manfaat vitamin E bagi tubuh

Anggapan yang menyatakan vitamin E memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh manusia bukanlah isapan jempol. Jika tidak dikonsumsi berlebihan, maka ada beberapa manfaat vitamin E yang bisa Anda rasakan, yaitu:

  • Antioksidan

Manfaat vitamin E ini akan melindungi tubuh dari kerusakan sel, jaringan, maupun organ tubuh yang diakibatkan paparan radikal berbas. Antioksidan juga berfungsi mencegah terjadinya penuaan diri serta menurunkan risiko penyakit yang berhubungan dengan pertambahan usia.

  • Menguatkan sistem imun

Sistem imun yang kuat akan menurunkan risiko Anda terkena infeksi virus maupun bakteri. Manfaat vitamin E yang satu ini juga mendatangkan efek lain, berupa meingkatnya aktivitas antarsel sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan normal.

  • Melancarkan peredaran darah

Konsumsi vitamin E akan memudahkan tubuh menyerap vitamin K yang membantu memperlancar produksi sel darah yang baru. Selain itu, vitamin E akan melebarkan pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah di sepanjang salurannya.

Ada pula manfaat vitamin E untuk mencegah beberapa penyakit kronis, seperti kanker, penyakit jantung, hati, stroke, hingga demensia. Namun, klaim ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Sumber vitamin E yang alami

Jumlah konsumsi vitamin E yang disarankan adalah 15 mg (atau 22 international unit atau IU) per hari untuk pria dan wanita berusia 14 tahun ke atas. Ibu hamil pun bisa mengonsumsi jumlah vitamin E yang sama, sedangkan ibu menyusui disarankan makan lebih banyak vitamin E, yakni hingga 19 mg (28 IU) per hari.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, minum suplemen vitamin E memang dapat menjadi jalan pintas. Namun, Anda sebetulnya juga bisa mendapatkan vitamin ini dari bahan-bahan alami, baik pada tumbuhan maupun hewan.

Berikut beberapa sumber vitamin E yang berasal dari tumbuhan:

  • Biji bunga matahari: 35 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Almond: 26 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Hazelnut: 15 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Kacang tanah: 8,3 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Alpukat: 2,1 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Mangga: 0,9 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Kiwi: 1,5 mg vitamin E/100 gram penyajian.

Sumber vitamin E juga terdapat pada hewan, meski kandungannya tidak sebanyak pada tumbuh-tumbuhan di atas. Hewan tersebut adalah:

  • Abalone: 4 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Daging angsa: 1,7 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Ikan salmon: 1,1 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Bekicot: 5 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Telur ikan: 7 mg vitamin E/100 gram penyajian
  • Lobster: 1 mg vitamin E/100 gram penyajian.

Jangan lupa bahwa tumbuhan atau hewan di atas juga memiliki kandungan lain yang mungkin bisa mengganggu kesehatan Anda. Oleh karena itu, tetap batasi jumlah konsumsi sumber vitamin E Anda untuk menghindari berbagai risiko yang membahayakan.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324308
Diakses pada 27 Maret 2020

Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/article/002406.htm
Diakses pada 27 Maret 2020

Harvard. https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/vitamin-e/
Diakses pada 27 Maret 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-vitamin-e
Diakses pada 27 Maret 2020

Artikel Terkait