Ini Manfaat Vitamin C untuk Ibu Menyusui yang Tidak Boleh Diremehkan


Vitamin C untuk ibu menyusui sangatlah bermanfaat. Sebagai antioksidan yang sangat kuat, vitamin C dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI, memperkuat sistem imun tubuh, hingga menjaga kesehatan tulang.

(0)
15 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat vitamin C untuk ibu menyusui sangatlah banyak namun dosisnya harus tepatVitamin C untuk ibu menyusui dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI.
Tahukah Anda kalau ada banyak manfaat vitamin C untuk ibu menyusui? Selain dipercaya ampuh meningkatkan produksi ASI, vitamin ini juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan tulang selama masa menyusui.Untuk mengenal lebih jauh mengenai manfaat vitamin C untuk ibu menyusui, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Manfaat vitamin C untuk ibu menyusui

Vitamin C alias asam askorbat adalah jenis nutrisi penting untuk ibu menyusui guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.Sayangnya, tubuh kita tidak mampu memproduksinya sendiri. Namun, Anda tetap bisa mendapatkannya lewat makanan maupun suplemen.Berikut adalah sejumlah manfaat vitamin C untuk ibu menyusui.

1. Meningkatkan produksi ASI

Tidak banyak yang tahu bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi ASI. Faktanya, mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat memperlancar produksi ASI pada ibu menyusui.Bagi ibu menyusui yang produksi ASI-nya menurun, cobalah konsumsi lebih banyak vitamin C lewat buah dan sayuran. Untuk mendapatkan asupan vitamin C tambahan Anda juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin C.Namun, jika Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin C, ada baiknya berkonsultasi dulu pada dokter.

2. Memperkuat sistem imun tubuh

Proses menyusui Si Kecil bisa terganggu jika Anda sakit. Ditambah lagi, jika Anda takut kalau penyakit yang diidap dapat tertular pada bayi.Namun, Anda tidak perlu khawatir karena berbagai penyakit dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi vitamin C. Vitamin ini dipercaya bisa menghadang berbagai macam infeksi.

3. Memperkuat tulang dan gigi

Khawatir akan kesehatan tulang dan gigi selama menyusui? Anda bisa mengonsumsi vitamin C secara rutin sebagai solusinya. Pasalnya, vitamin C merupakan salah satu vitamin yang bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi.Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi berbagai sumber vitamin D untuk membantu memperkuat tulang dan gigi.

4. Meningkatkan kadar vitamin C di dalam ASI

Vitamin c untuk ibu menyusui sangatlah penting
Vitamin C untuk ibu menyusui sangatlah penting
Konsumsi vitamin C secara rutin dapat meningkatkan kadar vitamin C di dalam ASI. Selain itu, kadar antioksidan di dalam ASI juga akan melonjak. Hasilnya, berbagai manfaat vitamin C juga bisa dirasakan oleh SI Kecil.

5. Mencegah mastitis

Mastitis adalah infeksi yang terjadi di saat saluran ASI tersumbat. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Terdapat berbagai studi yang membuktikan kalau mengonsumsi vitamin C dapat mencegah mastitis pada ibu menyusui.

6. Mencegah alergi pada bayi

Sama seperti orang dewasa, bayi pun membutuhkan vitamin C untuk mencegah datangnya penyakit seperti alergi. Risiko kemunculan alergi dapat diredakan jika kebutuhan vitamin C pada bayi terpenuhi dengan baik.Baca juga: Pentingnya Nutrisi untuk Ibu Menyusui, Ini Makanan yang Jadi Sumbernya

Kebutuhan vitamin C ibu menyusui

Vitamin C dibutuhkan oleh setiap orang, tetapi dosis vitamin C yang dibutuhkan ibu menyusui berbeda. Menurut Universitas Maryland Medical Center, ibu menyusui berusia 19 tahun ke atas membutuhkan setidaknya 120 miligram vitamin C per harinya.Jika Anda masih berusia 18 tahun ke bawah, maka kebutuhan vitamin C hariannya adalah 115 miligram. Kadar maksimum vitamin C harian pada ibu menyusui yang berusia 18 tahun ke bawah adalah 1.800 miligram, sedangkan untuk usia 19 tahun ke atas adalah cukup untuk 2.000 miligram per hari.

Efek samping vitamin C jika dikonsumsi berlebihan oleh busui

Vitamin C untuk ibu menyusui tidak boleh dikonsumsi berlebihan
Ketahuilah dosis tepat vitamin C untuk ibu menyusui
Vitamin C dapat membawa banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi vitamin C secara berlebihan (di atas 2.000 miligram per hari) karena ada banyak efek samping merugikan yang bisa muncul, seperti:Selain itu, mengonsumsi vitamin C secara berlebihan juga dipercaya bisa menyebabkan mual, muntah, kram perut, sakit kepala, hingga munculnya batu ginjal.

Makanan yang mengandung vitamin C tinggi untuk ibu menyusui

Terdapat berbagai makanan yang mengandung vitamin C yang baik dan aman untuk ibu menyusui. Berikut adalah jenis-jenis makanan beserta kandungan vitamin C di dalamnya:
  • Jambu: 377 milligram
  • Jeruk: 97,5 milligram
  • Pepaya: 95,6 milligram
  • Stroberi: 97,6 milligram
  • Brokoli: 81,2 milligram
  • Kentang: 72,7 milligram
  • Kiwi: 64 milligram
  • Mangga: 60,1 milligram
  • Lemon: 44,5 milligram
  • Paprika merah: 190 milligram
  • Paprika hijau: 120 milligram.
Jika Anda memutuskan untuk memasak berbagai makanan di atas, kadar vitamin C yang terkandung di dalamnya bisa turun. Menurut National Institutes of Health (NIH), mengukus atau memasaknya di microwave adalah cara terbaik untuk menjaga kadar vitamin C yang dikandung dalam makanan.

Catatan dari SehatQ

Vitamin C untuk ibu menyusui dapat membawa banyak keuntungan bagi Anda maupun Si Kecil, salah satunya untuk menjaga kesehatan selama masa kehamilan.Maka dari itu, jangan lupa untuk menyisipkan berbagai makanan yang mengandung vitamin C pada pola makan sehari-hari Anda.Untuk mengetahui berbagai vitamin yang dibutuhkan ibu menyusui, cobalah bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
bayi & menyusuimakanan ibu menyusuivitamin c
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-benefits
Diakses pada 30 November 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/should-you-take-vitamin-c-while-breastfeeding/
Diakses pada 30 November 2020
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/468962-what-does-high-vitamin-c-while-breastfeeding-do/
Diakses pada 30 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait