Manfaat VCO untuk Wajah, Cara Menggunakan, dan Efek Samping yang Perlu Diwaspadai


Manfaat VCO untuk wajah adalah mengatasi jerawat, menghilangkan noda hitam, mencegah keriput, hingga mempercepat penyembuhan luka. Namun, perhatikan cara penggunaannya agar terhindar dari efek samping yang ditimbulkan.

0,0
23 Aug 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat VCO untuk kulit wajah adalah menghilangkan jerawat dan cegah keriputVCO atau virgin coconut oil adalah jenis minyak kelapa murni yang memiliki manfaat melimpah
VCO atau virgin coconut oil adalah jenis minyak kelapa murni yang memiliki manfaat melimpah, tak terkecuali untuk kecantikan kulit wajah. Apa saja manfaat vco untuk wajah?Sejumlah hasil penelitian membuktikan bahwa manfaat vco untuk kulit lebih efektif dalam mencegah oksidasi dan menetralisir radikal bebas sehingga mampu menghancurkan sel penyebab peradangan dan penyakit pada kulit. Manfaat minyak VCO untuk wajah tidak terlepas dari kandungan antioksidan dan polifenol yang tinggi di dalamnya. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat minyak vco untuk wajah, simak ulasan artikel berikut ini.

Apa manfaat VCO untuk wajah?

Berikut adalah manfaat VCO untuk wajah selengkapnya.

1. Menghilangkan bakteri dan jamur di kulit

Manfaat VCO untuk wajah bisa hilangkan jerawat
VCO dapat bantu hilangkan bakteri dan jamur di kulit
Salah satu manfaat VCO untuk wajah adalah menghilangkan bakteri dan jamur di kulit. VCO dinilai baik untuk kesehatan kulit karena minyak yang satu ini dapat membantu membunuh bakteri, jamur, maupun mikroorganisme berbahaya lainnya yang sering jadi biang kerok berbagai masalah kulit. Sebut saja, jerawat, selulitis, folikulitis, dan kutu air. Selain itu, sebuah riset lain menguji sifat antibakteri dari 30 jenis asam lemak terhadap 20 strain bakteri berbeda. Hasilnya, ditemukan bahwa asam laurat yang terkandung pada minyak VCO paling efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Untuk mendapatkan manfaat VCO untuk kulit ini, pastikan Anda mengoleskannya pada area kulit yang terinfeksi bakteri atau jamur. 

2. Mengurangi peradangan

Manfaat VCO untuk wajah berikutnya adalah mengurangi peradangan. Peradangan di kulit biasanya terjadi pada orang yang mengidap psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim. Nah, minyak kelapa murni dinilai bisa membantu mengatasi kondisi tersebut.Manfaat VCO untuk kulit ini sudah dibuktikan lewat sebuah penelitian yang dimuat dalam Pharmaceutical BiologyPada riset tersebut, peneliti mengoleskan minyak kelapa murni pada bagian tubuh hewan yang mengalami peradangan.Hasilnya, ditemukan bahwa minyak kelapa tidak hanya mempunyai efek antiradang, melainkan juga menghilangkan rasa nyeri. Meski manfaat VCO untuk kulit disebut dapat meredakan peradangan, penelitian lebih lanjut pada manusia masih perlu dilakukan untuk mengetahui efektivitasnya. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih perlu dilakukan.

3. Mengatasi jerawat

Mengatasi jerawat disebut dapat manfaat VCO untuk wajah
Cara mengatasi jerawat bisa diatasi dengan minyak VCO
Manfaat VCO untuk wajah berjerawat tentu menjadi kabar gembira bagi Anda yang memiliki masalah jerawat. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang terkandung dalam VCO membuatnya cocok dijadikan sebagai salah satu cara alami untuk mengatasi jerawat. Meski begitu, pemakaian minyak ini belum tentu cocok untuk semua orang.Bagi Anda yang ingin mencoba minyak kelapa untuk mengatasi jerawat, sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu dengan mengoleskan di area kecil pada kulit. Jika tidak ada reaksi yang timbul, maka penggunaan VCO untuk wajah bisa dilanjutkan.

4. Melembapkan kulit kering

Melembapkan kulit kering juga menjadi manfaat VCO untuk wajah Anda. Cara menggunakan VCO untuk wajah setelah mencuci muka bisa membuka lapisan kulit menjadi lebih lebar sehingga kelembapan yang ada bisa “terperangkap” lebih lama di kulit. Dengan demikian, kulit akan terasa lembap dan kenyal. Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim. Itu sebabnya, minyak kelapa banyak digunakan untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Menyamarkan bercak hitam

Manfaat VCO untuk wajah cerah juga bisa didapat
Manfaat VCO diyakini bisa menyamarkan warna kulit tidak merata
Meski belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya, orang-orang yang sudah lama menggunakan minyak kelapa untuk merawat kulit, mengatakan bahwa manfaat VCO untuk wajah bisa membantu menyamarkan bercak hitam.Tidak hanya itu, manfaat VCO untuk kulit juga dianggap bisa menyamarkan warna kulit yang belang, bahkan mencerahkannya. Manfaat VCO untuk kulit wajah ini akan semakin maksimal apabila Anda menggunakannya dengan air perasan lemon.Namun, perlu diingat bahwa belum ada pembuktian melalui penelitian. Jadi, Anda perlu lebih hati-hati dalam menggunakannya.Selain itu, hasil yang didapat juga bisa berbeda pada tiap orang, tergantung dari jenis kulit.

6. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat VCO untuk wajah yang utama berasal dari kandungan asam laurat di dalamnya. Kandungan tersebut dipercaya dapat memicu produksi kolagen sehingga membuat kulit terlihat lebih kencang dan elastis.Kolagen adalah komponen yang sangat penting di kulit. Komponen inilah yang akan membuat Anda terlihat awet muda. Dengan demikian, tanda penuaan, seperti keriput dan garis halus, bisa dicegah pembentukannya. 

7. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat VCO untuk wajah diyakini dapat membantu proses penyembuhan luka. Hal ini berkat kemampuan minyak kelapa dalam meningkatkan aktivitas antioksidan dan produksi kolagen sehingga ideal untuk mempercepat penyembuhan luka. Namun, hasil studi yang ada baru dilakukan pada uji coba hewan. Selain itu, sifat antimikroba yang terkandung pada minyak kelapa murni juga diyakini mampu mencegah infeksi.

8. Meringankan luka bakar

Manfaat VCO untuk wajah berdasarkan hasil studi pada hewan uji menyatakan bahwa minyak kelapa murni terbukti efektif untuk membantu penyembuhan luka bakar. Namun, hasil studi tersebut efektif bila penggunaan VCO dikombinasikan dengan antibiotik oles pada kulit efektif dalam menyembuhkan luka bakar. 

9. Sebagai make up remover

Manfaat VCO untuk wajah bisa membersihkan wajah
Usapkan kapas yang sudah dibasahi minyak kelapa
Manfaat VCO untuk wajah yang mungkin tidak Anda sangka adalah mampu membersihkan wajah. Caranya, cukup oleskan minyak kelapa pada seluruh wajah hingga leher seraya memijat kulit perlahan. Hal ini juga berlaku untuk menghapus riasan mata. Cukup tuang minyak kelapa secukupnya pada kapas, lalu sapukan pada area mata dan beri sedikit tekanan agar make up mata dapat terangkat. Jika sudah selesai, bilas wajah Anda menggunakan sabun cuci muka untuk memastikan seluruh residu make up dan kotoran di wajah  terangkat sempurna. 

10. Sebagai krim mata

Anda bisa memperoleh manfaat VCO untuk wajah sebagai krim mata.Cukup oleskan sedikit minyak kelapa menggunakan jari manis pada area bawah untuk menghidrasi dan melindungi kulit. Lakukan secara rutin setiap malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Bagaimana cara menggunakan VCO untuk wajah?

Manfaat VCO untuk wajah bisa terasa maksimal bila digunakan dengan tepat
Cara menggunakan VCO cukup oleskan pada wajah
Cara menggunakan VCO untuk wajah sebenarnya tidak sulit. Anda cukup mengoleskannya secara langsung pada area wajah. Namun, jika ini adalah pertama kalinya Anda mencoba mengoleskan minyak kelapa murni, jangan langsung mengoleskan pada area wajahSaat pertama mencoba, cek dulu reaksi kulit Anda terhadap minyak ini. Sebab, beberapa orang mungkin saja mengalami iritasi akibat penggunaan minyak kelapa murni, terutama pada orang dengan kulit sensitif. Untuk melakukan tes, cukup oleskan sedikit VCO di tangan atau area lain pada tubuh. Tunggu beberapa saat atau semalaman. Apabila tidak ada reaksi berarti, maka minyak ini kemungkinan aman untuk Anda gunakan pada wajah.Sebaliknya, jika muncul tanda alergi, sebaiknya hindari penggunaannya pada wajah untuk mencegah reaksi lebih parah yang tidak diinginkan. 

Apa efek samping VCO untuk wajah?

Minyak kelapa murni adalah bahan alami yang secara umum aman untuk digunakan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa VCO bersifat comedogenic. Artinya, pada sebagian orang, efek samping VCO untuk wajah rentan menyumbat pori-pori sehingga dapat memicu jerawat. Terutama, pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat.Orang yang sedang mengonsumsi antibiotik secara teratur dalam jangka panjang maupun memilki sistem imun lemah, juga disarankan untuk tidak menggunakan minyak kelapa murni ini sebagai perawatan kulit.Sebab, efek samping VCO untuk wajah dapat menyumbat pori, sehingga membuat kulit menjadi lahan yang subur untuk perkembangbiakan bakteri dan jamur. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan VCO apabila punya riwayat alergi saat mengonsumsi kelapa.Beberapa orang yang mempunyai riwayat alergi terhadap walnut atau hazelnut mungkin memiliki alergi terhadap minyak kelapa sehingga tidak dianjurkan untuk menggunakannya pada wajah. 

Manfaat VCO untuk wajah memang beragam untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Meski begitu, perlu diingat bahwa jenis kulit setiap orang bervariasi, sehingga hasil yang ditunjukkan pun bisa berbeda-beda pada tiap orang. Tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu sebelum memperoleh manfaat minyak VCO untuk wajah. Dokter dapat membantu dalam menentukan apakah Anda cocok menggunakan minyak kelapa murni untuk wajah atau tidak. Dengan demikian, manfaat VCO untuk kulit bisa Anda dapatkan dengan aman dan optimal. Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ untuk mengetahui lebih lanjut seputar manfaat VCO untuk kulit.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitpengobatan jerawatkesehatan kulitkulit dan kecantikankulit keringperawatan wajah
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/coconut-oil-good-for-skin
Diakses pada 11 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-and-skin
Diakses pada 11 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/coconut-oil-on-face-overnight
Diakses apda 11 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-coconut-oil#section8Pharmaceutical Biology. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.3109/13880200903062614
Diakses pada 10 Maret 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2792613/
Diakses pada 10 Maret 2021
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC444260/
Diakses pada 10 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait