7 Manfaat VCO untuk Kulit dan Kecantikan yang Sayang Jika Dilewatkan

(0)
23 Aug 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat VCO untuk kulit wajah antara lain menghilangkan jerawat dan cegah keriputManfaat VCO untuk kulit begitu berlimpah
VCO atau virgin coconut oil adalah salah satu jenis minyak kelapa yang bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, termasuk soal kecantikan.Manfaat VCO untuk kulit antara lain adalah bisa membantu mengatasi jerawat dan digunakan sebagai salah satu alternatif pelembap. Lebih lengkap, berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Manfaat VCO untuk kulit

Minyak kelapa murni alias VCO ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bakteri serta jamur di kulit, mengatasi jerawat, hingga mempercepat penyambuhan luka, lho!
Manfaat VCO di kulit bisa hilangkan jerawat
VCO dapat bantu hilangkan bakteri dan jamur di kulit

1. Menghilangkan bakteri dan jamur di kulit

VCO dinilai baik untuk kesehatan kulit karena minyak yang satu ini dapat membantu membunuh bakteri, jamur, maupun mikroorganisme lain yang sering jadi biang kerok berbagai masalah kulit, seperti:Manfaat ini didapatkan dari kandungan asam laureat di dalamnya. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, Anda cukup mengoleskan VCO pada bagian kulit yang terinfeksi bakteri atau jamur.

2. Mengurangi peradangan

Peradangan di kulit umum terjadi pada orang yang mengidap psoriasis, dermatitis kontak, dan eksim. Minyak kelapa murni dinilai bisa membantu mengatasi kondisi tersebut.Manfaat VCO untuk kulit ini sudah dibuktikan lewat penelitian pada hewan uji. Pada riset tersebut, peneliti mengoleskan minyak tersebut pada bagian tubuh hewan yang mengalami peradangan.Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih perlu dilakukan.

3. Mengatasi jerawat

Sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh VCO membuatnya cocok dijadikan sebagai salah satu cara alami untuk mengatasi jerawat. Meski begitu, pemakaian minyak ini belum tentu cocok untuk semua orang.Bagi Anda yang ingin mencoba minyak kelapa untuk mengatasi jerawat, lakukan tes dengan mengoleskan di area kecil terlebih dahulu. Jika tidak ada reaksi yang timbul, maka penggunaannya bisa dilanjutkan.

4. Melembapkan kulit kering

Mengoleskan minyak kelapa setelah mandi, akan membuka lapisan kulit lebih lebar sehingga kelembapan yang ada bisa “terperangkap” lebih lama di kulit. Langkah ini akan menghasilkan kulit yang terlihat lembap sekaligus kenyal.Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim. Itu sebabnya minyak kelapa banyak digunakan untuk menjaga kesehatan kulit.
Minyak kelapa murni bisa hilangkan flek hitam di wajah
Minyak VCO dapat bantu samarkan flek hitam di wajah

5. Menyamarkan bercak hitam

Meski belum ada penelitian ilmiah yang membuktikannya, orang-orang yang sudah lama menggunakan minyak kelapa untuk merawat kulit, mengatakan bahwa VCO bisa membantu menyamarkan bercak hitam.Tidak hanya itu. VCO juga dianggap bisa menyamarkan warna kulit yang belang dan bahkan mencerahkan warna kulit. Efek baik dari VCO untuk warna kulit juga akan semakin meningkat jika pemakaiannya dicampur dengan air perasan lemon.Namun ingat, karena belum ada pembuktian lewat penelitian, Anda perlu lebih hati-hati dalam menggunakannya. Selain itu, hasil yang didapat juga bisa berbeda pada tiap orang, tergantung dari jenis kulit.

6. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat VCO untuk kulit didapatkan dari kandungan asam laureat yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut dipercaya bisa memicu produksi kolagen yang akan membuat kulit terlihat kencang dan elastis.Kolagen adalah komponen yang sangat penting di kulit. Komponen inilah yang akan membuat Anda terlihat awet muda, karena juga dapat mencegah terbentuknya garis-garis halus dan keriput.

7. Mempercepat penyembuhan luka

Kemampuan minyak kelapa dalam meningkatkan aktivitas antioksidan dan produksi kolagen di tubuh, membuatnya dinilai sebagai bahan yang ideal untuk membantu mempercepat penyembuhan luka.Melalui penelitian pada hewan uji, minyak kelapa terbukti efektif untuk membantu penyembuhan luka bakar. Selain itu, sifat antimikrobialnya juga menghindarkan luka dari infeksi.

Cara memakai VCO di kulit

Cara memakai VCO untuk kulit tidaklah sulit. Anda cukup mengoleskannya di area yang diinginkan. Namun, apabila ini adalah pertama kalinya Anda mencoba menggunakan minyak kelapa, jangan langsung mengoleskannya ke area yang luas.Saat pertama mencoba, cek dulu reaksi kulit terhadap minyak ini. Sebab, beberapa orang yang memiliki kulit sensitif juga merasa minyak ini bisa menyebabkan iritasi.Untuk melakukan tes, cukup oleskan sedikit VCO di tangan atau area lain pada tubuh. Tunggu beberapa saat atau semalaman. Apabila tidak ada reaksi berarti, maka minyak ini kemungkinan aman untuk Anda gunakan.

Efek samping memakai VCO di kulit

Minyak kelapa murni adalah bahan alami dan secara umum aman digunakan. Namun, perlu diingat bahwa VCO bersifat comedogenic. Artinya, bahan ini pada sebagian orang bisa menyumbat pori-pori dan justru akan memicu breakout jerawat.Orang yang sedang mengonsumsi antibiotik secara teratur dalam jangka panjang maupun memilki sistem imun lemah, juga disarankan untuk tidak menggunakan minyak ini sebagai perawatan kulit.Sebab, minyak kelapa dapat menyumbat pori, sehingga membuat kulit menjadi lahan yang subur untuk tumbuhnya bakteri dan jamur. Anda juga sebaiknya tidak menggunakan VCO apabila punya riwayat alergi saat mengonsumsi kelapa.Manfaat VCO untuk kulit ada beragam dan bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah di wajah secara alami. Meski begitu, ingatlah bahwa jenis kulit setiap orang bervariasi, sehingga hasil perawatan yang ada pun bisa berbeda.
perawatan kulitpengobatan jerawatkesehatan kulit
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/coconut-oil-good-for-skin
Diakses pada 11 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-and-skin
Diakses pada 11 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/coconut-oil-on-face-overnight
Diakses apda 11 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-coconut-oil#section8
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait