Manfaat VCO untuk Diet, Bantu Turunkan Berat Badan hingga Bakar Lemak Tubuh


Manfaat VCO untuk diet adalah membantu mengurangi tumpukan lemak pada tubuh. Namun, VCO tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena kandungan lemak jenuhnya berpotensi memicu kemunculan penyakit kronis.

(0)
Manfaat VCO untuk diet adalah membantu mengurangi tumpukan lemak pada tubuhUntuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, konsumsi minyak VCO harus diimbangi dengan pola makan sehat
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satu cara yang cukup sering dipakai yaitu dengan rutin mengonsumsi virgin coconut oil (VCO). Sejumlah klaim menyebut, manfaat VCO untuk diet adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan memperlama rasa kenyang.  Benarkah demikian?

Apa itu VCO?

Virgin coconut oil adalah minyak kelapa asli yang tidak melewati proses pemurnian. Sementara itu, minyak kelapa biasa umumnya melewati sejumlah proses, mulai dari pemurnian, pemutihan, hingga penghilangan bau. VCO bisa dikonsumsi secara langsung maupun dioleskan ke kulit. Selain itu, minyak kelapa murni juga bisa dikonsumsi dengan cara menambahkannya ke dalam minuman  seperti kopi, smoothies, dan milkshake.

Manfaat VCO untuk diet

VCO punya banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu proses penurunan berat badan. Menurut studi yang dilakukan terhadap 40 wanita berusia 20 hingga 40 tahun, kelompok peserta yang rutin mengonsumsi dua sendok makan minyak kelapa selama 12 minggu mengalami penurunan indeks massa tubuh dan penyusutan ukuran pinggang.Konsumsi VCO tersebut diimbangi dengan pola makan rendah kalori. Selain itu para peserta juga diminta untuk berjalan selama 50 menit per hari.  Sementara itu, studi lain mencari tahu apakah kandungan medium-chain triacylglycerol (MCT) yang bisa ditemukan dalam virgin coconut oil menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak lebih baik dibandingkan minyak zaitun. Penelitian tersebut melibatkan 49 pria dan wanita yang punya kelebihan berat badan dengan rentang usia 19 hingga 50 tahun.Hasilnya, kelompok peserta yang mengonsumsi muffin dengan minyak kelapa menunjukkan penurunan berat badan lebih besar dibandingkan kelompok minyak zaitun. Persentase lemak dan massa lemak dari kelompok minyak kelapa juga mengalami penurunan lebih signifikan.Dari studi tersebut, manfaat minyak VCO untuk diet adalah membantu menurunkan berat badan dan mengurangi tumpukan lemak pada tubuh. Meski begitu, masih dibutuhkan lebih banyak lagi penelitian untuk menggali manfaat minyak VCO untuk diet.Studi terbaru dari Biomedicine & Pharmacotherapy menunjukkan pula kemampuan VCO dosis rendah yang dapat menjaga sistem hepatik (liver) pada kasus obesitas serta membantu menurunkan level kolesterol (LDL), bilirubin, dan menjaga struktur liver.

Cara mengonsumsi VCO untuk diet

Beragam cara bisa dilakukan untuk mengonsumsi VCO. Minyak kelapa murni bisa dikonsumsi dengan dioleskan ke makanan yang dimasak dengan cara dipanggang. Selain itu, Anda juga dapat menambahkannya ke dalam minuman seperti kopi, teh, atau smoothie.Bagi yang menyukai rasa minyak kelapa murni, Anda bisa meminumnya mentah-mentah. VCO merupakan minyak yang aman dikonsumsi dalam keadaan mentah.Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, konsumsi minyak VCO harus diimbangi dengan pola makan sehat. Perbanyak konsumsi sayur, jangan lupa juga untuk menghindari konsumsi makanan olahan. Konsumsi VCO tanpa diimbangi pola makan sehat cenderung memberikan efek penurunan berat badan yang lebih sedikit.

 Adakah efek samping konsumsi VCO?

Konsumsi VCO secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan Anda. Potensi tersebut tak lepas dari kandungan lemak jenuh yang terdapat dalam VCO. Menurut data The Dietary Guidelines for Americans, konsumsi lemak jenuh sebaiknya kurang dari 10 persen asupan kalori harian seseorang,Lemak jenuh yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL). Meningkatnya kadar kolesterol jahat dapat menghambat aliran darah di pembuluh darah dan memicu kemunculan penyakit kronis seperti sakit jantung, stroke, dan diabetes.Selain itu, konsumsi lemak jenuh yang berlebihan juga bisa meningkatkan berat badan. Dalam 1 gram lemak mengandung 9 kalori, jumlah tersebut dua kali lebih besar apabila dibandingkan dengan karbohidrat dan protein.\

Catatan dari SehatQ

Minyak kelapa murni atau VCO memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu Anda dalam proses penurunan berat badan. Manfaat VCO untuk diet adalah membantu menurunkan berat badan dan mengurangi tumpukan lemak pada tubuhMeskipun begitu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi VCO secara berlebihan. Lemak jenuh dalam minyak kelapa murni berpotensi memicu kemunculan penyakit kronis seperti diabetes, stroke, dan sakit jantung jika dikonsumsi secara berlebihan.Untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai manfaat VCO untuk diet dan cara penerapannya dengan benar tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan sehatmakanan dietmenurunkan berat badan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324729
Diakses pada 30 Desember 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/coconut-oil-to-reduce-body-fat-4114687
Diakses pada 30 Desember 2020
Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000838.htm
Diakses pada 30 Desember 2020
Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/virgin-coconut-oil.html
Diakses pada 30 Desember 2020
Wale Johnson Adeyemi, Luqman Aribidesi Olayaki, Tahir Ahmad Abdussalam, Abosede Pelumi Toriola, Akeem Babatunde Olowu, Adebayo Jamiu Yakub, Aliu Olayinka Raji,Biomedicine & Pharmacotherapy. https://doi.org/10.1016/j.biopha.2020.110110.
Diakses pada 4 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait