Ragam Manfaat VCO untuk Bayi, Alami dan Melembapkan Kulit

(0)
25 Oct 2020|Azelia Trifiana
Manfaat VCO untuk bayi bisa jadi obat alami guna mengatasi masalah kulit bayiManfaat VCO untuk bayi begitu beragam salah satunya bisa mengatasi ruam popok
Jika ada satu jenis minyak yang sebaiknya selalu siaga di lemari, VCO atau virgin coconut oil adalah salah satunya. Manfaat VCO untuk bayi sangatlah banyak, mulai dari mengatasi bibir bayi kering hingga ruam popok. VCO adalah virgin coconut oil atau minyak kelapa yang diambil dari santan kelapa sehingga tidak mengalami proses pengeringan dan tidak dipanaskan di bawah sinar matahari. Untuk itu, kandungan antioksidan VCO menjadi lebih kaya karena tidak melalui pemanasan. Selain itu, VCO adalah minyak yang alami dan aman diaplikasikan langsung pada kulit bayi. Manfaat minyak kelapa untuk bayi di antaranya dapat membantu melembapkan kulit dan menyembuhkan luka.

Manfaat VCO untuk bayi

Umumnya, minyak kelapa VCO aman digunakan oleh bayi secara topikal atau oles. Namun, gunakan secukupnya di area yang dirasa perlu mendapat kelembapan lebih banyak.Beberapa manfaat VCO untuk bayi di antaranya:

1. Mengatasi ruam popok

ruam popok
Manfaat minyak kelapa untuk kulit bayi yang pertama adalah dapat membantu mengatasi ruam popok bayi. Belum ada bukti ilmiah terkait manfaat ini, namun minyak kelapa memang dapat mengurangi inflamasi, gatal, dan iritasi pada kulit. Mengaplikasikan minyak kelapa dapat melembapkan kulit sehingga tidak mudah ruam.Caranya cukup dengan mengoleskan VCO pada bokong atau lipatan paha yang mengalami ruam. Setelah itu, pastikan kulit sudah benar-benar kering sebelum mengganti popok dengan yang baru. Cara ini bisa diaplikasikan beberapa kali dalam sehari.

2. Baik untuk eksim

Kulit bayi yang sensitif sangat mungkin mengalami eksim. Ketika eksim pada bayi muncul, kulit akan menjadi sangat kering dan gatal. Mengaplikasikan minyak kelapa dapat membantu melembapkan kulit yang kering serta mengurangi rasa tidak nyaman. Minyak kelapa dapat dianggap sebagai pengganti pelembap.

3. Baik untuk kulit kepala dan rambut bayi

Minyak kelapa VCO mengandung asam lemak rantai sedang atau MCFA. Jenis asam lemak ini memiliki khasiat antibakteri dan antimikroba. Ketika diaplikasikan ke kulit kepala dan rambut bayi, artinya minyak kelapa bisa memberikan nutrisi yang diperlukan.Tak hanya itu, manfaat VCO untuk bayi juga dapat menghilangkan akumulasi sebum dari folikel rambut. Dengan mengaplikasikan minyak kelapa VCO pula, maka asam laurat di dalamnya dapat menjaga hilangnya protein.Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine (NIH), di antara tiga minyak yang diuji yakni minyak kelapa, minyak bunga matahari dan minyak mineral, minyak kelapa terbukti menjadi minyak yang terbaik untuk kulit kepala bayi.Di antara tiga minyak, minyak kelapa adalah satu-satunya minyak yang ditemukan dapat mengurangi kehilangan protein secara signifikan untuk rambut yang tidak rusak dan rusak saat digunakan sebagai produk perawatan sebelum dan sesudah mencuci. Sedangkan minyak bunga matahari dan mineral sama sekali tidak membantu mengurangi kehilangan protein dari rambut.Metode mengaplikasikan minyak kelapa untuk rambut bayi dapat dilakukan sebelum waktu mandi. Ini juga dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih banyak.

4. Melembapkan kulit

Manfaat minyak kelapa untuk bayi yang paling populer adalah dapat melembapkan kulit. Minyak kelapa VCO mengandung vitamin dan lemak sehat yang bisa menjadi pelembap alami kulit. Hanya dengan mengoleskan minyak kelapa di kulit yang kering serta memijatnya perlahan, dapat memberikan kelembapan yang diperlukan.

5. Mengatasi bruntusan pada bayi

Terkadang kondisi bruntusan pada bayi bisa cukup mengganggu karena menimbulkan rasa gatal. Belum lagi jika kerap terkena tangan yang tidak bersih, ada kemungkinan terjadi kontaminasi kuman.Salah satu cara mengatasinya bisa dengan mengaplikasikan minyak kelapa VCO secara berkala. Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat mengurangi paparan kuman pemicu bruntusan serta meredakan kondisi ini.

6. Menghilangkan cradle crap

Manfaat VCO untuk bayi lainnya adalah dapat membantu menghilangkan cradle crap di kulit kepala. Hal ini berkaitan dengan manfaat minyak kelapa yang berfungsi sebagai pelembap.Sebagian besar bayi baru lahir memiliki cradle crap atau lapisan kulit kering di kepala mereka. Sekilas, cradle crap terlihat seperti ketombe. Pemicu munculnya cradle crap adalah perubahan hormonal pada akhir masa kehamilan sang ibu.

7. Mengatasi bibir bayi kering

Selain melembapkan kulit dan kulit kepala, manfaat minyak kelapa untuk bayi juga bisa melembapkan bibir si Kecil ketika bibir bayi kering. Terlebih, kondisi ini dapat membuat bayi merasa nyeri saat menyusu.Untuk meredakannya, celupkan ujung jari di minyak kelapa kemudian oleskan di bibir bayi dan area di sekitarnya. Hanya saja pastikan mengaplikasikannya saat kondisi anak sedang tidur untuk mengurangi kemungkinan tanpa sengaja tertelan.

8. Meredakan pilek

meredakan pilek dengan campuran minyak kelapa dan minyak esensial memang sudah terkenal ampuh sejak dahulu kala. Berbagai produk untuk mengatasi pilek bayi yang dijual di apotik biasanya mengandung berbagai bahan kimia yang memiliki bau menyengat. Mengaplikasikan minyak kelapa untuk mengatasi pilek pada bayi dapat menjadi cara alami yang bisa dipilih.

Jenis minyak kelapa yang baik untuk bayi selain VCO

Setelah mengenal manfaat VCO untuk bayi, Anda juga perlu mengetahui jenis minyak kelapa lainnya yang baik untuk si Kecil, seperti:

1. Minyak kelapa murni

Berbeda dengan minyak kelapa VCO yang tidak dipanaskan di bawah sinar matahari, minyak kelapa murni adalah ekstrak daging buah kelapa yang dikeringkan di bawah sinar matahari. Minyak kelapa jenis ini juga baik untuk bayi karena tidak mengandung bahan kimia apapun.

2. Minyak kelapa organik

Minyak kelapa organik adalah minyak kelapa murni (VCO) yang diekstrak dari pohon kelapa organik yang tumbuh tanpa terkontaminasi oleh bahan kimia apapun. Nutrisi minyak kelapa organik menjadi lebih kaya karena VCO diekstrak dari tanaman organik yang lebih sehat tanpa tercampur bahan kimia.

Catatan dari SehatQ

Meskipun manfaat VCO untuk bayi sangat banyak, namun Anda tetap perlu memperhatikan reaksi bayi terhadap penggunaan produk tersebut. Ketika muncul tanda-tanda kulit bayi sensitif terhadap minyak kelapa, sebaiknya hentikan penggunaannya.Pastikan selalu memantau reaksinya pada kulit bayi. Jika ada reaksi alergi seperti iritasi, sebaiknya cari tahu apakah itu merupakan reaksi dari penggunaan minyak kelapa VCO.Penasaran ingin tahu lebih banyak tentang cara mengatasi kulit bayi yang kering? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play
bayi & menyusuiibu dan anaktumbuh kembang bayi
Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/coconut-oil-for-diaper-rash
Diakses pada 9 Oktober 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/top-12-health-benefits-using-coconut-oil-babies/
Diakses pada 9 Oktober 2020
Mom Junction. https://www.momjunction.com/articles/benefits-of-using-coconut-oil-for-your-baby_00370340/
Diakses pada 9 Oktober 2020
NIH. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12715094/ Diakses pada 26 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait