4 Manfaat Urea Cream yang Baik untuk Kesehatan Kulit

0,0
17 Jun 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Urea cream dapat mengobati kulit kering dan berbagai masalah kulit lainnya.Urea cream dipercaya bisa mengatasi kulit kering dan berbagai masalah kulit.
Urea cream atau krim urea adalah produk yang biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit, seperti eksim, psoriasis, mata ikan, hingga kapalan.Di samping itu, tahukah Anda kalau urea cream menawarkan segudang manfaat lainnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita? Bagi Anda yang tertarik menggunakannya, pahami dulu penjelasan seputar urea dan berbagai manfaatnya.

Berbagai manfaat urea cream untuk kesehatan kulit

Urea adalah komponen utama yang dapat ditemukan dalam urine mamalia. Namun, urea yang terkandung di dalam produk kesehatan kulit diproduksi secara sintetis dalam laboratorium dan tidak mengandung produk hewani. Bahkan, urea sintetis juga digunakan dalam pembuatan kue dan minuman anggur merah dengan proses fermentasi.Berikut adalah beberapa manfaat urea cream untuk kesehatan kulit yang bisa Anda dapatkan.

1. Melembapkan kulit

Sebuah studi yang dirilis dalam Journal of Foot and Ankle Research pada tahun 2017 mengungkapkan bahwa urea cream atau krim urea ternyata ampuh dalam mengatasi masalah kulit kering.Sebab, urea adalah humektan (agen pelembap yang biasanya ditemukan pada losion hingga sampo) yang bisa menarik air dari lapisan kulit terdalam dan udara sehingga kelembapan kulit dapat terjaga.

2. Mengangkat sel kulit mati

Urea cream dipercaya sebagai agen keratolitik. Itu artinya, produk tersebut dapat memecah protein keratin di lapisan terluar kulit.Proses ini dapat membantu mengurangi penumpukan sel kulit mati dan menyingkirkan kulit yang mengelupas atau bersisik.Namun, patut diingat bahwa manfaat urea cream yang satu ini baru bisa didapatkan secara maksimal pada produk yang mengandung lebih dari 10 persen urea.

3. Meningkatkan efektivitas obat-obatan oles tertentu

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Pharmaceutical Sciences, urea cream dapat meningkatkan efektivitas obat-obatan oles tertentu.Fungsi urea cream mampu membantu beberapa obat-obatan untuk bisa melakukan penetrasi ke dalam kulit. Obat-obatan yang dimaksud meliputi krim kortikosteroid dan krim antijamur.Tidak hanya itu, dilansir dari sebuah penelitian dalam Journal of Foot and Ankle Research, urea cream mampu memaksimalkan fungsi obat antijamur oral atau topikal dalam penanganan penyakit onikomikosis, yakni infeksi jamur pada kuku kaki.Meski fungsi urea cream ini terlihat menjanjikan, masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikannya.

4. Mengatasi berbagai penyakit kulit

Selain dipercaya bisa mengatasi kulit kering, kasar, dan bersisik, urea cream juga dianggap mampu mengobati berbagai penyakit kulit, di antaranya:
  • Eksim atau dermatitis atopik
  • Iktiosis (kondisi medis yang ditandai dengan kulit kering, bersisik, dan menebal)
  • Dermatitis kontak
  • Dermatitis radiasi
  • Infeksi jamur kaki
  • Tinea pedis (athlete’s foot)
  • Keratosis pilaris
  • Kulit gatal
  • Cantengan (ingrown nail)
  • Kapalan
  • Mata ikan.

Kandungan urea di dalam produk kecantikan

Produk kecantikan biasanya mengandung urea sekitar 2 hingga 40 persen. Kandungan urea tersebut memiliki efek yang berbeda-beda pada kulit Anda. Berikut adalah penjelasannya.
  • Urea cream 10 persen

Produk kecantikan yang mengandung urea kurang dari 10 persen biasanya digunakan untuk melembapkan kulit. Kandungan urea yang rendah ini dipercaya ampuh dalam mengatasi kulit kering atau kondisi medis yang menyebabkan kulit kering.
  • Urea cream 10-20 persen

Selanjutnya, produk kesehatan kulit yang mengandung urea lebih dari 10 persen memiliki sifat keratolitik, yaitu bisa mengangkat sel kulit mati pada kulit yang kering dan bersisik.Selain itu, produk kesehatan kulit yang mengandung urea sebanyak 20 persen juga digunakan untuk mengatasi kulit kasar, kapalan, serta tumit pecah-pecah.
  • Urea cream 20 persen ke atas

Produk kesehatan kulit yang mengandung urea lebih dari 20 persen mampu mengangkat sel kulit mati secara maksimal. Produk ini biasanya digunakan untuk mengobati jamur kaki dan melembutkan kuku yang tebal.

Apakah ada efek samping dari penggunaan urea cream?

World Health Organization (WHO) memasukkan urea cream ke dalam daftar obat-obatan esensial untuk perawatan kesehatan dasar.Terdapat beberapa faktor yang membuat urea cream dianggap sebagai obat yang esensial, yakni:
  • Keamanannya
  • Efektivitasnya
  • Keterjangkauannya.
Dalam beberapa kasus, krim urea dapat menimbulkan sejumlah efek samping, seperti iritasi kulit ringan, gatal-gatal, hingga sensasi terbakar.Namun, jika Anda memiliki alergi terhadap krim ini, efek samping yang lebih parah bisa muncul, seperti sesak napas dan detak jantung cepat. Jika ini terjadi pada Anda, segera periksakan diri ke dokter.Selain itu, krim urea juga bisa meningkatkan penyerapan bahan-bahan yang ada terkandung di dalam produk kecantikan lainnya. Jika kulit Anda sensitif terhadap bahan-bahan ini, maka urea cream dapat memperparah reaksinya.Perlu diingat, krim urea tidak direkomendasikan untuk anak berusia 2 tahun ke bawah.

Catatan dari SehatQ

Urea cream atau krim urea adalah produk yang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Meski begitu, sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakannya untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan.Jika Anda ingin bertanya seputar urea cream, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
kulit dan kecantikankulit keringmasalah kulit
Web MD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-6047-829/urea-topical/urea-keratolytic-topical/details#:~:text=Urea%20is%20used%20to%20treat,is%20known%20as%20a%20keratolytic.
Diakses pada 3 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/urea-in-lotion#ingredients
Diakses pada 3 Juni 2021
NHS. https://www.nhs.uk/conditions/ichthyosis/
Diakses pada 3 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait