Berbagai Manfaat Kangkung yang Baik untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat kangkung untuk kesehatan cukup beragam. Kandungan vitamin dan mineralnya mampu cegah penyakit....

(0)
13 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat kangkung untuk kesehatanSayur kangkung atau tumis kangkung memiliki manfaat bagi kesehatan
Kangkung bukanlah sayuran yang asing di Indonesia, bahkan Anda mungkin salah satu penyuka berbagai kuliner yang berasal dari tanaman ini. Selain sangat mudah diolah menjadi aneka ragam makanan, manfaat sayur kangkung untuk kesehatan juga tidak kalah banyak, lho.

Mengenal sayur kangkung

Kangkung adalah tanaman yang memang banyak ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di Tanah Air, kangkung ini terdiri atas dua jenis, yakni kangkung air (Ipomoea aquatica) dan kangkung darat (Ipomoea reptans). Kedua tanaman ini sama-sama merupakan tanaman herba.Perbedaan kangkung air dan kangkung darat ada pada bentuk daun dan warna bunganya. Kangkung air memiliki daun daun panjang, ujung agak tumpul, berwarna hijau tua, dan bunga putih kekuningan atau kemerahan. Di sisi lain, kangkung darat memiliki daun panjang, ujung agak runcing, warna hijau keputihan dan bunga putih.

Manfaat kangkung untuk kesehatan

Kangkung mampu meningkatkan jumlah sel darah merah
Apa pun jenis kangkungnya, nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian, kangkung sangat kaya akan kalium, mangan, dan zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan harian manusia dari segala kelompok umur.Selain itu, kangkung juga mengandung cukup banyak magnesium yang berfungsi mendukung pertumbuhan orang dewasa, terutama pada wanita yang akan memasuki menopause, serta anak-anak. Dalam jumlah yang relatif lebih sedikit, kangkung juga mengandung serat, protein, serta kalsium.Berdasarkan kandungan nutrisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa manfaat sayur kangkung untuk kesehatan cukup signifikan, beberapa di antaranya adalah:

1. Mencegah anemia

Manfaat sayur kangkung yang paling diagung-agungkan adalah dapat mencegah anemia karena kaya akan zat besi. Zat besi sendiri dapat merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh sehingga Anda tidak akan mengalami gejala anemia, seperti badan lesu dan lemah serta sakit kepala.

2. Menyehatkan mata

Vitamin A pada kangkung mampu cegah katarak
Kangkung merupakan jenis sayuran yang dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan. Sayur kangkung mengandung vitamin A, karotenoid, dan lutein yang dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Salah satu penyakit berbahaya yang dapat dicegah dengan konsumsi kangkung secara rutin adalah katarak

3. Menjaga fungsi hati

Rupanya, kangkung berguna untuk menjaga fungsi hati. Dalam hal ini, kangkung air mampu mengurangi tanda-tanda keracun pada hati.Riset yang terbit pada jurnal Multidisciplinary Digital Publishing Institute menemukan, pada hati yang mengandung racun, ditemukan kandungan thioacetamide. Penelitian ini memaparkan, kangkung, terutama kangkung air, mampu mengurangi enzim yang meningkatkan produksi thioacetamide.Selain itu, kangkung air juga mampu mengurangi luka hati maupun kematian sel akibat keracunan. Hal ini dikarenakan kangkung air bersifat antioksidan dan detoksifikasi. Dalam hal ini, kangkung berguna untuk “memungut” racun maupun radikal bebas pada hati.

4. Meningkatkan kualitas otak

Omega-3 pada kangkung meningkatkan kapasitas otak
Kandungan vitamin B kompleks dan omega-3 pada kangkung dapat membantu kinerja otak menjadi lebih baik. Manfaat sayur kangkung ini menjadikannya sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan agar kapasitas otak mereka meningkat dan menjadi lebih cerdas.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kangkung juga disebut-sebut dapat menyehatkan jantung karena kandungan vitamin A dan C. Selain itu, kangkung juga memiliki sifat antioksidan. Dalam hal ini, kangkung sebagai antioksidan karena memiliki kandungan beta-karoten. Zat antioksidan ini dapat mencegah penyumbatan arteri jantung karena adanya kolesterol yang teroksidasi akibat paparan radikal bebas.Kolesterol yang terpapa radikal bebas pada dinding pembuluh darah meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke maupun serangan jantung. Sebaliknya, magnesium yang terkandung dalam sayur kangkung dapat menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.Selain zat antioksidan, manfaat sayur kangkung yang satu ini juga datang dari kandungan folat. Kandungan ini membantu mengubah zat bernama homosistein pada tubuh. Homosistein yang tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

6. Menstabilkan kadar kolesterol darah

Kangkung menurunkan kolesterol jahat
Jika Anda tengah melakukan diet rendah kolesterol, mengonsumsi kangkung bisa jadi salah satu pilihan. Pasalnya, kangkung telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan lemak dalam darah (trigliserida) dalam darah yang berkontribusi pada naiknya angka kolesterol total Anda.

7. Mengurangi sariawan

Siapa sangka, tidak hanya buah-buahan, sayur seperti sayur kangkung pun mampu mengurangi sariawan. Hal ini pun dibuktikan riset yang terbit pada jurnal Journal of Pharmacy Research.Temuan ini menunjukkan, kangkung mampu mampu mengurangi keasaman mulut. Kandungan asam diketahui menjadi biang keladi di balik sariawan pada mulut. Bahkan, penelitian ini menyatakan, kangkung mampu meningkatkan ketahanan jaringan mukosa.

8. Mengurangi radang usus

Beragam kandungan aktif mampu
berantas bakteri penyebab usus buntu
Menurut penelitian yang terbit pada International Journal of Current Pharmaceutical Research, kangkung kaya akan kandungan aktif yang bekerja sebagai antibakteri. Kandungan ini terdiri dari alkaloid, saponin, flavonoid, glycoside, asam amino, dan tannin.Dalam hal ini, radang usus disebabkan oleh beragam bakteri yang menginfeksi, seperti Salmonella, E.Coli, dan Staphylococcus aureus.

Cara memasak kangkung yang sehat

Saat memasak kangkung, pastikan tidak terlalu lama
Untuk mendapatkan manfaat sayur kangkung di atas, tidak sulit untuk memasukkan kangkung dalam daftar menu Anda sehari-hari. Cara mengolahnya pun cukup mudah, Anda dapat memasak kangkung menjadi tumis kangkung (cah kangkung), rujak kangkung, pecel kangkung, hingga mi kangkung. Berikut salah satu resep tumis/sayur kangkung belacan sederhana yang dapat Anda praktikkan di rumah.Bahan dan bumbu sayur kangkung:
  • 1 ikat kangkung (dipetik lalu dicuci bersih)
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 ml air
  • Minyak untuk menumis (secukupnya)
Bahan yang diulek kasar:
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 1 buah cabai rawit merah
  • 1 bungkus terasi siap pakai
Cara memasak sayur kangkung:
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu ulek dan daun salam hingga harum
  • Masukkan gula pasir, saus tiram, dan air, lalu aduk rata dan masak hingga mendidih
  • Masukkan kangkung, lalu masak dengan api besar hingga warnanya berubah jadi hijau terang. Tambah bumbu taburan jika rasanya belum sesuai dengan lidah. Angkat.
Untuk mendapatkan tekstur kangkung yang masih renyah, usahakan memasak kangkung selama 30 detik saja. Segera angkat dan pindahkan kangkung ke piring saji supaya tidak layu karena overcooked. Tentunya, hal ini bisa mengurangi manfaat sayur kangkung. Sebab, banyak nutrisinya yang hilang karena proses pemanasan yang terlalu lama.

Catatan dari SehatQ

Manfaat kangkung tentu berkhasiat untuk kesehatan. Tidak hanya menjaga tubuh agar senantiasa segar dan bugar, manfaat kangkung pun berguna untuk mengurangi risiko berbagai penyakit yang bisa dikatakan berbahaya.Kangkung diketahui memiliki beragam nutrisi. Jadi, tidak salah jika menyebut sayur kangkung sebagai sayur yang kaya akan gizi.Dalam hal ini, ragam nutrisi kangkung adalah zat besi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Bahkan, kangkung pun berguna untuk menangkal radikal bebas. Kangkung sebagai antioksidan karena memiliki kandungan beta-karoten.Jika Anda membutuhkan tambahan gizi yang serupa dengan kangkung, Anda bisa mencoba konsumsi vitamin A, B, C serta mineral besi. Namun, jika Anda sudah kerap mengonsumsi kangkung dan ingin mengonsumsi beragam vitamin dan mineral yang ada pada sayur kangkung, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter melalui chat di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Hal ini agar Anda terhindari dari risiko hipervitaminosis.Jika Anda diperbolehkan konsumsi vitamin dan mineral tambahan, Anda bisa membelinya di untuk mendapatkan penawaran harga menarik.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatanemiabuah dan sayuran
Semantic Scholar. https://pdfs.semanticscholar.org/9fea/9527c0404b8585c3c92a7a77ca5c196bd471.pdf
Diakses pada 12 Desember 2019
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/234288468_Nutritional_Composition_of_Water_Spinach_Ipomoea_aquatica_Forsk_Leaves
Diakses pada 12 Desember 2019
E-prints Undip. http://eprints.undip.ac.id/48590/6/(7)_BAB_II.pdf
Diakses pada 12 Desember 2019
Multidisciplinary Digital Publishing Institute. https://www.mdpi.com/1420-3049/17/5/6146 Diakses pada 11 Oktober 2020Journal of Pharmacy Research. https://jprsolutions.info/files/final-file-54e08d9db6baf0.36419834.pdf Diakses pada 11 Oktober 2020Journal of Current Pharmaceutical Research. https://innovareacademics.in/journals/index.php/ijcpr/article/view/20971/11945 Diakses pada 11 Oktober 2020Healthline. https://www.healthline.com/health/enteritis Diakses pada 11 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait