6 Manfaat Ubi Ungu dan Makanan Olahannya yang Bisa Anda Coba

Manfaat ubi ungu bagi kesehatan sangat banyak
Ada banyak manfaat ubi ungu bagi kesehatan

Manfaat ubi ungu tidak terbatas pada satu bidang saja. Di dunia kuliner, ubi ungu dikenal sebagai bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat dan memiliki warna yang mencolok. Sementara di dunia kesehatan, ubi ungu dapat melawan berbagai penyakit, mulai dari sakit mata hingga kanker.

Ubi dikenal dengan bentuk dan warna dagingnya yang beraneka ragam, mulai dari kuning kehijauan, oranye, hingga ungu. Warna ungu pada ubi terjadi karena tanaman golongan umbi-umbian ini kaya akan zat yang bernama anthocyanin yang aman dikonsumsi oleh manusia sehingga ubi ungu banyak diolah menjadi pewarna alami pada makanan.

Selain anthocyanin, ubi ungu juga mengandung nutrisi lain yang sangat berguna bagi tubuh, misalnya kalori, karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral. Selain itu, ubi ungu juga rendah akan lemak sehingga aman dikonsumsi jika Anda sedang diet.

Manfaat ubi ungu bagi kesehatan

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan anthocyanin saja membuat manfaat ubi ungu bagi kesehatan sangat banyak. Anthocyanin terbukti mudah diserap oleh tubuh dan dapat bersifat antioksidan, antihipertensi, antitumor, hingga melindungi hati dan retina.

Sementara kandungan nutrisi lain yang terdapat pada ubi ungu juga tak kalah memberi manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut manfaat ubi ungu yang bisa Anda rasakan:

  • Menangkal radikal bebas

Antioksidan yang terkandung dalam ubi ungu merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri adalah molekul jahat yang dapat merusak DNA manusia dan menyebabkan peradangan, serta sering dihubungkan dengan penuaan dini dan kanker.

  • Menjaga kesehatan usus

Manfaat ubi ungu yang satu ini berhubungan dengan kandungan serat yang juga terdapat dalam umbi tersebut. Umbi-umbian pada dasarnya memiliki dua jenis serat, yakni serat larut dan serat tidak larut dalam air.

Serat larut lebih banyak menyerap air sehingga akan melancarkan perjalanan makanan di dalam saluran cerna hingga sampai menjadi feses. Sebaliknya, serat yang tidak larut lebih sulit menyerap air, namun akan mencegah feses terlalu encer.

Beberapa jenis serat larut ataupun tidak larut juga difermentasi oleh bakteri di dalam usus menjadi zat yang bernama asam lemak rantai-pendek. Fungsi asam lemak ini adalah membantu dinding usus tetap sehat dan kuat dalam mencerna makanan. Untuk mendapatkan manfaat ubi ungu ini, Anda disarankan mengonsumsi 20-33 gram serat per hari.

  • Mencegah penyakit saluran cerna

Antioksidan di dalam ubi ungu bukan hanya mampu menangkal radikal bebas, namun juga membantu usus memproduksi bakteri baik, seperti Bifidobacterium dan Lactobacillus. Bakteri-bakteri ini berfungsi menyehatkan saluran cerna dan mencegah terjadinya penyakit, seperti irritable bowel syndrome (IBS) serta diare.

  • Bersifat antikanker

Seperti sudah disinggung di atas, anthocyanin yang terdapat dalam ubi ungu juga bisa melawan sel-sel kanker di dalam tubuh, termasuk kanker kemih, kanker usus, kanker perut, hingga kanker payudara. Meski demikian, klaim ini baru sebatas terbukti lewat pengujian di laboratorium dan belum pernah dicoba kepada manusia.

  • Membantu meningkatkan fungsi indera penglihatan

Manfaat lain dari adanya anthocyanin di dalam ubi ungu adalah menyehatkan mata. Antioksidan ini telah terbukti mampu mencegah kerusakan sel mata dan menyehatkan mata secara keseluruhan.

  • Meningkatkan fungsi otak

Anda sering mengalami kelupaan? Mulai sekarang konsumsilah ubi ungu. Pasalnya, kandungan anthocyanin dalam ubi ungu juga terbukti mampu meningkatkan fungsi otak mengingat zat tersebut mampu menangkal radikal bebas dan mencegahnya memasuki otak Anda.

Kandungan anthocyanin memang belum pernah terbukti menghilangkan masalah pikun pada manusia. Namun penelitian lain menyebut orang yang mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan memang memiliki peluang 13% lebih kecil terkena penyakit mental maupun demensia di masa mendatang.

Apa yang bisa Anda masak dengan ubi ungu?

Pada dasarnya, Anda dapat mengolah ubi ungu menjadi makanan apa pun dengan cara masak yang beraneka ragam pula, mulai dari dikukus, direbus, digoreng, dipanggang, hingga dibuat menjadi jus. Anda tinggal berseluncur di situs-situs masakan atau mencari di buku resep yang dijual bebas, sudah banyak pakar makanan yang mengulas berbagai makanan yang terbuat dari ubi ungu ini.

Sebagai tambahan, ubi ungu pun juga banyak diproses menjadi tepung siap guna. Makanan olahan yang terbuat dari ubi ungu pun sudah marak dijumpai, seperti mie, roti, selai, keripik, permen, hingga minuman beralkohol yang mungkin masih jarang dijumpai di Indonesia.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sweet-potato-benefits
Diakses pada 27 September 2019

Pub Med. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6059756/
Diakses pada 27 September 2019

Pub Med. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4965517/
Diakses pada 27 September 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed