Kuis Forest Viral di Internet, Ini Manfaat Tumbuhan yang Dirawat di Rumah

Ada beberapa manfaaat manfaat tumbuhan yang dirawat di rumah, seperti memperbaiki mood
Tumbuhan yang dirawat di rumah memberikan sejumlah manfaat, termasuk membantu berpikir lebih cepat

Baru-baru ini, kuis Forest viral di jagat dunia maya. Dalam kuis tersebut, Anda bisa mencari tahu karakter diri melalui pertanyaan-pertanyaan saat dihadapakan pada suatu situasi. Setelah kuis selesai, Anda akan mengetahui jenis tumbuhan, tanaman, atau bunga yang paling sesuai dengan kepribadian masing-masing.

Ternyata, manfaat tumbuhan dan tanaman juga bisa Anda dapatkan dengan menanamnya di rumah. Manfaat tersebut termasuk untuk kondisi psikologis maupun menurunkan risiko beberapa penyakit.

Apakah Anda termasuk yang gemar mengalokasikan sedikit ruang untuk tumbuhan hijau dan bunga yang cantik di rumah? Ketahui manfaatnya.

Manfaat tumbuhan dan tanaman yang dirawat di rumah

Ada sejumlah manfaat tumbuhan dan tanaman yang Anda dapatkan jika telaten merawatnya.

1. Memperbaiki mood

Menurut ahli, merawat tumbuhan dan tanaman menumbuhan rasa empati dalam diri Anda. Dengan begitu, orang yang telaten dalam merawat tumbuhan lebih mungkin untuk peduli dengan orang lain. Menyentuh tanaman juga membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Begitu pula dengan bunga-bungaan yang dapat memperbaiki suasana hati. Bunga juga memiliki efek terhadap rasa bahagia dan meningkatkan daya ingat, menurut sebuah penelitian dalam jurnal Evolutionary Psychology.

Beberapa jenis bunga yang diujikan pada responden penelitian di atas, yakni bunga mawar, bunga lily, dan daisy.

2. Membantu berpikir lebih cepat

Menaruh satu atau dua pot kecil bunga di meja kerja juga membantu Anda untuk berpikir lebih cepat dan meningkatkan performa. Para ahli menyebutkan, manfaat tumbuhan saat ditaruh indoor tersebut juga berupa meningkatkan daya ingat (20%), kreativitas (45%), dan produktivitas (38%).

Tak hanya itu, ketepatan dan kualitas kerja juga dapat meningkat.

3. Menjadi lebih jarang sakit

Tumbuhan di dalam rumah dapat meningkatkan kelembapan udara, namun dengan tidak berlebihan. Hal ini memberikan manfaat untuk menurunkan risiko Anda menjadi sakit. Sebab, udara kering dapat mengiritasi indera.

Tak main-main, tumbuhan di dalam rumah menurunkan risiko kelelahan (30%), batuk (35%), mata gatal (20%), hidung berair (20%) hingga tenggorokan kering (20%).

4. Menyingkirkan racun

Polusi udara di dalam ruangan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Risiko penyakit tersebut termasuk stroke (34%), penyakit jantung iskemik (26%), penyakit paru obstruktif kronis (22%), kanker paru-paru (6%), hingga infeksi paru-paru pada anak-anak (12%).

Tumbuhan adalah pembersih racun alami dan dapat membantu menyingkirkan senyawa berbahaya yang ada pada perabotan dan pakaian. Walau riset terkait hal ini melibatkan banyak tanaman, menaruh beberapa pot tumbuhan tetap memberikan manfaat untuk kesehatan Anda.

Beberapa tumbuhan yang direkomendasikan ahli untuk mendapatkan manfaat ini adalah tanaman lidah mertua (Snake plant) dan sri rezeki (Chinese Evergreen).

Cara lain untuk dapatkan manfaat tumbuhan

Selain dengan menyimpannya di ruangan, manfaat tumbuhan juga bisa Anda dapatkan dengan cara berikut ini:

1. Jalan-jalan keluar rumah

Para ahli menyebutkan, pohon dan tanaman yang ada di perkotaan meningkatkan kebahagiaan penduduknya. Dengan demikian, Anda bisa pergi ke taman atau kawasan yang terdapat banyak tanaman untuk mendapatkan manfaat tumbuhan ini.

2. Menaruh gambar tumbuhan

Pakar dari Stanfod University menyimpulkan bahwa lukisan alam dapat memperbaiki suasana hati. Apabila Anda bekerja yang berkutat dengan layar komputer atau laptop, mengatur gambar tumbuhan sebagai wallpaper dapat memberikan manfaat ini.

Perhatikan ini untuk dapatkan manfaat tumbuhan di rumah

Beragam penelitian telah menunjukkan manfaat tumbuhan dan tanaman untuk kesehatan psikologis maupun kesehatan fisik. Hal ini termasuk mood yang lebih gembira, performa kerja, serta empati yang lebih kuat terhadap sesama.

Hanya sedikit risiko negatif dari menanam tumbuhan bagi kebanyakan orang. Walau begitu, beberapa tanaman mungkin menimbulkan alergi bagi beberapa individu.

Selain itu, ada pula tumbuhan yang dapat menjadi racun bagi anak-anak serta hewan peliharaan di rumah. Apabila Anda dan anggota keluarga memiliki riwayat alergi, sangat bijak untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Healthline. https://www.healthline.com/health/importance-plants-home
Diakses pada 15 November 2019

SAGE Journals. https://journals.sagepub.com/doi/full/10.1177/147470490500300109
Diakses pada 15 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed