Tidak Hanya Gurih dan Lezat, Ini Manfaat Sumsum Sapi untuk Kesehatan


Banyak orang menggemari sumsum tulang sapi karena rasanya yang lezat gurih. Jika dimakan sewajarnya, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan, salah satunya kesehatan sendi. Meski demikian, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, sumsum sapi punya kandungan lemak yang cukup tinggi.

0,0
manfaat tulang sumsum sapi bisa didapat jika dikonsumsi dalam jumlah wajarTak hanya lezat, sumsum sapi juga bisa bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah wajar
Sumsum merupakan jaringan spons yang terletak di tengah tulang, khususnya pada tulang belakang, pinggul, dan tulang paha. Tulang sumsum sapi menjadi favorit banyak orang dan dapat diolah ke berbagai makanan nusantara yang lezat dan menggugah selera.Siapa sangka, sumsum sapi juga memiliki sederet manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut ulasannya.

Kandungan gizi sumsum tulang sapi

Beberapa orang memilih menghindari makan sumsum sapi karena merupakan salah satu makanan yang tinggi lemak. Hal ini memang benar adanya. Dalam 14 gram sumsum tulang, terdapat sekitar 100 kalori, 12 gram lemak, dan 1 gram protein.Akan tetapi, selain mengandung lemak tinggi, sumsum tulang juga tinggi vitamin B12 (kobalamin).Tak hanya itu, jika dikonsumsi secara bertanggung jawab, kandungan vitamin dan mineral dalam sumsum tulang bisa bermanfaat bagi kesehatan.Berikut ini adalah kandungan gizi yang berada di dalam sumsum tulang:
  • Riboflavin: 6% kebutuhan harian (AKG)
  • Zat besi 4% kebutuhan harian
  •  Vitamin E: 2% kebutuhan harian
  •  Fosfor: 1% kebutuhan harian
  •  Tiamin (vitamin B1): 1% kebutuhan harian
  •  Vitamin B12: 7% kebutuhan harian
  •  Vitamin A: 1% kebutuhan harian

Apa manfaat sumsum sapi untuk kesehatan?

Kandungan tulang sumsum sapi bermanfaat untuk membantu mengatasi peradangan
Kandungan tulang sumsum sapi bermanfaat untuk membantu mengatasi peradangan
Hingga kini memang belum banyak penelitian yang mempelajari manfaat sumsum sapi secara langsung terhadap kesehatan manusia. Namun, beberapa komponen penyusun sumsum tulang, seperti asam linoleat adiponektin, glisin, glukosamin, kondroitin, dan kolagen memiliki manfaat bagi kesehatan.Kandungan nutrisi sumsum tulang di atas juga tentu bisa bermanfaat jika dikonsumsi sewajarnya. Beberapa manfaat sumsum sapi untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengurangi peradangan dan menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungan glisin dan asam linoleat pada sumsum tulang diketahui bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan (antiinflamasi). Selain itu, sumsum tulang juga mengandung sejenis hormon protein yang disebut adiponektin yang berperan dalam mengatur peradangan dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

2. Mengoptimalkan fungsi sendi dan tulang 

Kandungan glukosamin dalam sumsum sapi dipercaya dapat mengoptimalkan kesehatan sendi. Glukosamin merupakan senyawa berfungsi mengurangi peradangan dan nyeri sendi, hingga sering digunakan sebagai salah satu pengobatan osteoporosis. Tulang sumsum sapi juga mengandung kolagen yang mendukung produksi tulang rawan sendi sehingga dapat membantu menjaga fungsi persendian. 

3. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat sumsum sapi dalam menjaga kesehatan kulit datang dari kandungan kolagen di dalamnya.Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kolagen berperan dalam menjaga kesehatan kulit, seperti meningkatkan elastisitas, menghidrasi kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan dan efek penuaan. 

4. Menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kanker

Siapa sangka, kandungan adiponektin dalam jaringan lemak di sumsum tulang dapat membantu memecah lemak sehingga mempertahankan sensitivitas insulin.Keduanya dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung (kardiovaskuler), hingga kanker. Meski sumsum sapi bermanfaat bagi kesehatan, Anda tetap perlu waspada. Ingatlah bahwa sumsum memiliki kandungan kalori dan lemak yang cukup tinggi.Pastikan Anda mengonsumsinya secara wajar sehingga terhindar dari risiko kenaikan berat badan dan kolesterol tinggi.

Tips mengolah tulang sumsum sapi 

Kaldu tulang merupakan salah satu cara mengolah sumsum sapi untuk mendapat manfaatnya
Kaldu tulang merupakan salah satu cara mengolah sumsum sapi untuk mendapat manfaatnya
Hidangan tulang sumsum sapi yang cukup populer dan mudah adalah kaldu tulang (bone broth). Kaldu dari sumsum tulang sapi ini kerap menjadi bahan dasar berbagai makanan, seperti soto, kuah bakso, sup, hingga campuran untuk MPASI bayi.Berikut adalah langkah-langkah mengolah tulang sumsum sapi menjadi kaldu:
  • Pastikan Anda memilih tulang sapi berkualitas baik, yakni masih berwarna merah muda pucat, dan berasal dari sapi yang baik.
  • Cuci bersih tulang sapi dengan air untuk menghindari kontaminasi bakteri
  • Rebus tulang selama 24-48 jam untuk mengekstrak nutrisi di dalamnya
  • Selanjutnya, Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti sayuran untuk menambah nutrisi dalam hidangan Anda
  • Jangan menambahkan gula, garam, dan penyedap secara berlebihan

Catatan dari SehatQ

Sumsum tulang sapi dapat menjadi pilihan menu makanan yang menggugah selera sekaligus memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Namun, hati-hati akan kandungan lemak dan kalorinya yang tinggi.Terlalu banyak konsumsi sumsum sapi justru bisa berdampak bagi sejumlah penyakit metabolisme, seperti obesitas dan diabetes.Untuk menambah nutrisi dalam kaldu sumsum tulang sap Anda, tambahkanlah sayur seperti wortel, bawang putih, bawang bombay, atau seledri. Selain nutrisi, penambahan sayuran juga membuat citarasa kaldu semakin kaya. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu dan ingin mengonsumsi sumsum sapi, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter secara online menggunakan fitur chat dokter melalui aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
makanan sehatmakanan tidak sehatkolesterol
Web MD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-bone-marrow#1
Diakses pada 25 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/bone-marrow#benefits
Diakses pada 25 Juni 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/445905-what-are-the-health-benefits-of-eating-bone-marrow/
Diakses pada 25 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait