Manfaat Tomat untuk Wajah, Mulai dari Kulit Lembap Hingga Bebas Noda Jerawat


Manfaat tomat untuk wajah adalahmelembapkan kulit hingga menghilangkan jerawat. Anda bisa mendapatkan manfaatnya yang aman dan paling baik dengan cara mengonsumsi langsung atau mengoleskannya ke wajah.

(0)
14 Nov 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat tomat untuk wajah adalah melembapkan kulit hingga menghilangkan jerawatManfaat tomat untuk wajah bisa digunakan dengan mengoleskan masker
Selain menyegarkan, manfaat tomat untuk wajah ternyata sudah digunakan oleh banyak orang. Walau belum terbukti secara ilmiah, pecinta masker dari bahan alami mungkin sudah merasakan manfaat tomat untuk kulit wajah.Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui manfaat buah tomat untuk wajah yang diklaim banyak orang. 

Manfaat tomat untuk wajah dan kulit Anda

Manfaat tomat bagi wajah dapat berasal dari kandungan antioksidan dan vitamin C serta berbagai kandungan tomat lainnya, seperti vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium. Mencermati dari kandungan tersebut, manfaat tomat untuk kulit wajah memang tak ada salahnya untuk dicoba. Namun, perlu diingat bahwa manfaat tomat bagi kulit wajah ini mungkin masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. Maka dari itu, jika Anda memiliki kondisi kesehatan kulit tertentu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu. Dengan ini, manfaat tomat bagi wajah bisa didapat secara optimal. Adapun manfaat tomat untuk wajah adalah sebagai berikut:

1. Melembapkan kulit

Manfaat tomat untuk kulit wajah adalah melembapkan kulit
Kulit kering bisa terasa lembap berkat manfaat tomat
Salah satu manfaat tomat untuk wajah adalah membuat kulit lebih lembap. Beberapa orang banyak yang mengoleskan masker tomat atau meletakkan irisan buahnya langsung ke kulit untuk mengatasi kulit kering. Hal ini karena tomat kaya dengan kandungan kaliumnya. Sebuah hasil studi yang dimuat dalam Journal of Dermatological Science mengemukakan bahwa kadar kalium yang rendah berkontribusi terhadap kondisi kulit kering pada penderita dermatitis atopik. Akan tetapi, manfaat masker tomat untuk wajah lembap belum terbukti secara ilmiah lantaran masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efektivitasnya. 

2. Meredakan peradangan kulit

Manfaat tomat untuk wajah berikutnya adalah meredakan peradangan kulit. Tomat memiliki banyak kandungan yang bersifat antiradang, seperti likopen, beta-karoten, lutein, vitamin E, dan vitamin C. Dengan kandungan antiradang tersebut, tomat berpotensi untuk meredakan inflamasi dan iritasi kulit. Namun, potensi khasiat tomat ini perlu dikaji lebih lanjut apabila digunakan dengan cara mengoleskannya ke kulit secara langsung. 

3. Mengurangi produksi minyak berlebih 

Mengurangi produksi minyak berlebih jadi manfaat tomat untuk wajah
Tomat bisa digunakan sebagai toner wajah
Manfaat tomat bagi wajah ternyata dapat digunakan sebagai toner. Khasiat satu ini mampu mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus menyegarkan kulit wajah lebih lama. Cara membuat toner wajah dari tomat adalah mencampurkan jus tomat dan mentimun segar. Kemudian, oleskan toner yang terbuat dari campuran tersebut ke wajah menggunakan kapas. 

4. Memiliki sifat antipenuaan

Manfaat tomat untuk kulit wajah yang diperoleh dengan cara mengonsumsinya langsung ternyata berpotensi untuk memperlambat penuaan kulit. Manfaat tomat bagi kulit ini diklaim dari buah tomat yang memiliki aneka jenis vitamin B, yaitu vitamin B1, B3, B5, B6, dan B9. Lantas, bagaimana dengan manfaat masker tomat untuk kulit wajah? Faktanya, kajian ilmiah yang membuktikan manfaat buah tomat untuk wajah masih perlu dilakukan lebih dalam. 

5. Merangsang produksi kolagen

Merangsang produksi kolagen diyakini menjadi manfaat tomat untuk kulit lainnya. Kolagen adalah sejenis protein yang menyusun banyak bagian tubuh manusia, termasuk kulit. Dengan kadar kolagen yang cukup, maka elastisitas kulit dapat terjaga.
Manfaat tomat untuk wajah yakni meningkatkan produksi kolagen
Kulit wajah terasa lebih kencang berkat kandungan vitamin C pada tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C yang menjadi salah satu zat yang dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Manfaat tomat bagi kulit dengan cara mengonsumsinya sering dikaitkan dengan elastisitas kulit. Walau begitu, riset ilmiah terkait manfaat tomat untuk wajah dengan cara mengoleskannya memang belum pernah dilakukan.

6. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Melindungi kulit dari paparan sinar UV (ultraviolet) dari matahari juga dipercaya jadi manfaat tomat untuk kulit wajah. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Photochemical and Photobiological Sciences menemukan bahwa mengonsumsi makanan tinggi likopen, termasuk tomat, dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berasal dari matahari. Dengan demikian, membuat kulit Anda terhindar dari efek terbakar sinar matahari (sunburn)Pada studi yang dilakukan 12 minggu berturut-turut, para peneliti mengamati penurunan sensitivitas di antara para partisipan yang mengonsumsi tomat dan makanan tinggi likopen lainnya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa belum ditemukan bukti ilmiah mengenai manfaat tomat untuk wajah yang diperoleh dengan cara mengoleskannya ke kulit.

7. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat tomat untuk wajah adalah mengangkat sel kulit mati
Sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam bisa terangkat dengan tomat
Manfaat tomat untuk kulit disebut-sebut dapat mengangkat sel kulit mati. Banyak orang meyakini bahwa tomat memiliki enzim yang mampu mengeksfoliasi sel kulit mati. Alhasil, membuat kulit wajah akan tampak lebih sehat dan cerah. Jika Anda tertarik dengan manfaat tomat untuk wajah, tak ada salahnya mencoba cara membuat scrub dari campuran halusan tomat dan gula pasir di rumah. Kemudian, oleskan scrub ini ke permukaan kulit tubuh. Sebaiknya, hindari penggunaan scrub ini pada kulit wajah, ya. Pasalnya, butiran gula pasir pada scrub bisa saja menimbulkan cedera pada kulit wajah yang cenderung lebih tipis dari kulit tubuh Anda. 

8. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan vitamin C pada tomat sangatlah tinggi. Vitamin C seringkali ditemukan pada sejumlah produk perawatan kulit. Manfaat vitamin C untuk kulit baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak sekaligus mempercepat penyembuhan kulit. Meski demikian, mengoleskan jus tomat ke kulit secara langsung belum dapat membuktikan manfaat tomat untuk wajah sepenuhnya. 

9. Menangkal radikal bebas

Tomat memiliki likopen dan vitamin C yang dapat bertindak sebagai molekul antioksidan. Molekul antioksidan diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas berlebih penyebab berbagai penyakit. Anda pun boleh coba menerapkan manfaat masker tomat untuk wajah ini walaupun secara ilmiah memang belum dapat dibuktikan dengan pasti. 

10. Membantu mengurangi risiko kanker kulit

Tomat memiliki likopen, yakni senyawa karotenoid yang memberikan warna merah pada tomat. Menurut para ahli, likopen memiliki sifat antikanker. Walau begitu, kesimpulan ini masih terbatas pada hasil studi yang menganjurkan untuk mengonsumsi likopen secara langsung.Masih sangat sedikit, atau bahkan belum ada sama sekali, kajian yang dapat membuktikan manfaat tomat untuk wajah dengan cara mengoleskan ke kulit. Mengonsumsi tomat secara langsung tetaplah menjadi cara terbaik.

Cara mendapatkan manfaat tomat bagi wajah dengan aman

Manfaat tomat untuk wajah bisa dijadikan sebagai masker
Manfaat tomat untuk kulit wajah bisa didapat dengan mengoleskan masker
Telah disampaikan di atas, banyak klaim terkait manfaat tomat untuk wajah yang belum terbukti secara ilmiah jika digunakan dengan cara mengoleskannya. Mengonsumsinya langsung masih menjadi cara terbaik untuk mendapatkan manfaat tomat secara keseluruhan.Mesti begitu, apabila Anda tertarik untuk mencoba tomat dengan cara mengoleskannya ke kulit, tentu tak ada salahnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mengoleskan tomat ke wajah dan kulit bagian tubuh lainnya, yaitu:

1. Mengoleskannya langsung pada kulit

Manfaat tomat untuk wajah dan kulit lainnya bisa Anda dapatkan dengan cara potong tomat jadi beberapa bagian, lalu oleskan ke kulit.Anda juga bisa mengolah buah berwarna kemerahan ini menjadi jus atau masker. Selain dari jus, masker tomat yang dibuat dengan cara dihaluskan menggunakan sendok juga dapat dioleskan ke kulit. Kemudian, celupkan kapas ke dalam jus atau masker. Oleskan kapas dengan lembut ke seluruh permukaan kulit wajah dan tubuh. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat setelah 20 menit.

2. Mengoleskannya pada noda jerawat

Mengoleskan jus atau masker tomat hanya pada area tertentu pada wajah juga dapat menjadi pilihan.Caranya, gunakan kapas yang telah dibasahi jus atau masker tomat atau potong tomat jadi beberapa bagian. Kemudian, tempatkan pada titik-titik tertentu area kulit wajah Anda, seperti noda jerawat.

3. Membuat masker tomat

Tomat juga sudah sering digunakan untuk wajah dalam bentuk masker.Hal ini bukan tanpa alasan sebab manfaat tomat untuk wajah berjerawat memang benar adanya.Cara membuat masker tomat untuk wajah adalah sebagai berikut:
  • Dalam sebuah mangkuk kecil, haluskan 1 buah tomat menggunakan sendok.
  • Tambahkan 1 sendok teh gula ke dalam halusan tomat.
  • Oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah dengan gerakan melingkar. Namun, hindari area mata dan bibir.
  • Diamkan masker tomat selama kurang lebih 5 menit.
  • Selanjutnya, bilas wajah dengan air bersih.
  • Keringkan wajah Anda dengan handuk atau kain bersih lembut.
Anda juga dapat mencampurkan masker tomat dengan bahan alami lainnya, seperti yoghurt atau minyak zaitun, guna mendapatkan manfaat masker wajah alami secara maksimal.

4. Mengonsumsinya langsung

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat tomat bagi wajah adalah memakannya secara langsung. Anda bisa mengonsumsi tomat mentah yang sudah dicuci bersih atau mengolahnya terlebih dahulu. Hindari penggunaan gula pasir karena rasa tomat sudah cenderung manis. Menaburkan sedikit stevia mungkin boleh dilakukan untuk menambah cita rasa.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum mencoba manfaat masker tomat untuk kulit wajah

Manfaat tomat bagi wajah memang sangat beragam. Terlebih jika digunakan sebagai masker wajah alami. Walau begitu, penting untuk digarisbawahi, penggunaan tomat dengan cara mengoleskannya langsung bukanlah untuk semua orang. Sebab, ada efek samping tomat untuk wajah yang mungkin mengintai.Sebagian orang dengan kondisi kesehatan kulit tertentu mungkin dapat mengalami reaksi alergi terhadap buah tomat saat dioleskan langsung ke kulit. Bila Anda mengalami alergi, beberapa reaksi yang timbul dapat berupa ruam, gatal, kemerahan, dan iritasi.Baca Juga: Bahaya Makan Tomat Mentah Secara BerlebihanSebelum mengaplikasikannya ke kulit wajah, Anda disarankan untuk mengoleskan sedikit masker tomat ke ke beberapa bagian tubuh yang lain. Misalnya, punggung tangan, pergelangan tangan, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.Jika kulit Anda tidak mengalami iritasi, kemerahan, terasa perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, Anda mungkin aman untuk menggunakan masker tomat untuk kulit wajahSebaliknya, apabila kulit wajah mengalami iritasi, kemerahan, reaksi alergi, atau terasa perih seperti terbakar saat mengoleskan masker tomat untuk wajah, segera bilas kulit dengan air bersih. Lalu, hentikan penggunaannya.Anda dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum merasakan manfaat buah tomat untuk wajah.Dokter dapat membantu dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menggunakannya. Dengan ini, manfaat tomat untuk kulit wajah bisa Anda dapatkan dengan optimal.Bagi Anda yang penasaran ingin coba manfaat tomat untuk wajah? Bisa berkonsultasi langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQCaranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehatperawatan kulitkulit dan kecantikanmasker wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-oily-skin
Diakses pada 14 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/tomato-benefits-for-skin
Diakses pada 14 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/collagen
Diakses pada 14 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/tomato-for-face
Diakses pada 15 Oktober 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-tomatoes/
Diakses pada 15 Oktober 2020
Journal of Dermatological Science. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22464763/
Diakses pada 15 Oktober 2020
Journal of Photochemical and Photobiological Sciences. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16465309/
Diakses pada 15 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait