4 Manfaat Tomat untuk Diet dan Cara Terbaik Mengonsumsinya


Tomat adalah makanan kaya nutrisi yang rendah kalori sehingga dianggap cocok untuk menurunkan berat badan. Manfaat tomat untuk diet meliputi membantu meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan.

0,0
02 Oct 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu manfaat tomat untuk diet adalah membantu meningkatkan metabolismeTomat dianggap dapat membantu menurunkan berat badan
Tomat merupakan salah satu buah yang dianggap mampu menurunkan berat badan. Manfaat tomat untuk diet terletak pada kelebihannya sebagai makanan kaya nutrisi yang rendah kalori. Meskipun demikian, tomat tidak bisa benar-benar dikatakan sebagai makanan yang baik atau buruk untuk menurunkan berat badan.Pasalnya, semua itu tergantung pada cara mengolah dan menghidangkannya. Misalnya, dalam bentuk jus. Walaupun tomat merupakan makanan rendah kalori, jika dihidangkan dengan tambahan gula atau garam berlebihan tentunya manfaat jus tomat untuk diet bisa hilang.

Manfaat tomat untuk diet

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari mengonsumsi tomat untuk diet, baik dalam bentuk jus atau dikonsumsi langsung.

1. Meningkatkan metabolisme

Manfaat jus tomat untuk diet bisa diperoleh dari kemampuannya dalam meningkatkan metabolisme lipid. Selain itu, tomat juga mengandung sejumlah asam amino yang dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

2. Rendah kalori dan karbohidrat

Manfaat tomat untuk diet berikutnya adalah sebagai sumber nutrisi penting untuk memenuhi kebutuhan mineral, vitamin, protein, dan serat.Di sisi lain, tomat memiliki jumlah kalori yang rendah sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan penumpukan kalori saat makanan ini dikonsumsi secukupnya.Selain itu, tomat juga rendah karbohidrat. Menambahkan satu atau dua buah tomat pada pola makan sehari-hari dinilai dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

3. Melancarkan pencernaan

Penambahan berat badan juga bisa disebabkan oleh kesulitan mencerna makanan atau sembelit. Manfaat tomat untuk diet dalam konteks ini adalah membantu Anda memiliki pencernaan yang sehat dan lancar.Tomat memiliki kandungan serat yang dapat mendukung bakteri baik di dalam usus. Serat juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mendukung upaya penurunan berat badan Anda menjadi lebih lancar dan sehat.

4. Indeks glikemik rendah

Tomat merupakan salah satu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah. Indeks glikemik adalah indikator yang menunjukkan seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Semakin tinggi nilainya, semakin besar pengaruhnya terhadap peningkatan kadar gula darah.Nilai indeks glikemik tomat adalah 38, sedangkan nilai makanan dalam kategori indeks glikemik rendah adalah 55. Maka dari itu, konsumsi tomat dianggap mampu membantu mengurangi lonjakan kadar gula darah.

Cara mengonsumsi tomat untuk menurunkan berat badan

Manfaat tomat untuk diet bisa didapatkan dengan melakukan diet tomat. Diet ini mengharuskan konsumsi tomat setiap kali makan. Ada dua cara untuk melakukannya, yaitu:

1. Diet tomat total

Cara ini mengharuskan Anda untuk mengonsumsi tomat saja. Cara mengonsumsi tomat untuk diet bisa dengan memakan mentah, memanggangnya, minum jus tomat, dan sebagainya.Jenis diet tomat ini dinilai dapat menurunkan berat badan dengan cepat, tapi biasanya tidak bertahan lama. Selain itu, Anda juga dapat mengalami kekurangan nutrisi karena hanya mengonsumsi tomat saja.

2. Diet tomat kombinasi

Diet tomat ini dianggap lebih sehat daripada hanya mengonsumsi tomat saja. Manfaat tomat untuk diet bisa didapatkan dari penambahan buah dan produk tomat ke makanan sehari-hari.Hasilnya mungkin tidak akan secepat dan sedrastis diet tomat total, tetapi diet ini lebih menyehatkan dan lebih mudah untuk diikuti.Cara mengonsumsi tomat untuk diet di sini dapat dilakukan dengan memasukkan sayur ini ke dalam menu makan Anda sehari-hari, misalnya:
  • Menambahkan irisan tomat segar pada roti lapis dan salad.
  • Mengonsumsi sebagai sup tomat untuk makan siang atau makan malam.
  • Menambahkan tomat cincang mentah pada telur rebus atau telur dadar.
  • Memasak sup dan kari Anda dengan puree tomat segar dalam jumlah banyak.
  • Membuat jus tomat atau smoothie

Potensi efek samping tomat

Buah tomat
Tomat juga memiliki sejumlah efek samping
Meskipun ada banyak manfaat jus tomat untuk diet, mengonsumsinya terlalu berlebihan juga tidak dianjurkan. Khususnya, jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, misalnya penyakit rematik, gangguan ginjal, atau asam lambung.Berikut adalah beberapa potensi efek samping dari memakan terlalu banyak tomat.
  • Menyebabkan refluks asam lambung
  • Berpotensi menyebabkan alergi
  • Mendorong terbentuknya batu ginjal
  • Pembengkakan dan peradangan pada sendi
  • Likopenoderma, yaitu gangguan kulit akibat tingginya kandungan likopen di dalam tubuh
  • Diare bisa terjadi saat tomat terkontaminasi oleh bakteri Salmonella.
Tomat memang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, program diet yang hanya mengandalkan tomat jarang membuahkan kesuksesan. Diet tomat juga harus disertai diet tinggi protein, diet rendah karbohidrat, dan gaya hidup aktif seperti rajin berolahraga.Yang harus Anda ingat, metabolisme tubuh setiap orang berbeda antara satu sama lain. Sehingga proses penurunan berat badan mungkin bervariasi. Contohnya, manfaat tomat untuk diet mungkin berdampak signifikan bagi Anda, tetapi tidak untuk orang lain atau malah sebaliknya.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
buah dan sayurantomat
Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/are-you-eating-too-many-tomatoes-6-tomato-side-effects-you-must-know-about-1846744
Diakses 17 September 2021
Times of India. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/food-news/tomatoes-can-they-help-lose-weight/photostory/77263409.cms?picid=77263527
Diakses 17 September 2021
Better Me. https://betterme.world/articles/tomato-diet/
Diakses 17 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait