Tidak Hanya Buat Tajil, Ini Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan Anda

(0)
03 Dec 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat timun suri tidak hanya untuk tajil, tapi juga untuk kesehatan AndaDi balik kesegarannya, timun suri menyimpan banyak manfaat
Timun suri identik sebagai buah yang banyak dicari pada saat Ramadan untuk diolah menjadi minuman es yang menyegarkan. Meski harganya tergolong terjangkau bagi semua kalangan, manfaat timun suri untuk kesehatan juga ternyata tidak bisa diremehkan, lho!Timun suri termasuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae) yang memiliki kemiripan karakteristik tanaman dengan timun (Cucumis sativus) dan melon (Cucumis melo).Dari segi bentuk, timun suri memang mirip dengan timun yang lonjong, namun dalam hal aroma ia lebih dekat kepada melon yang mengeluarkan aroma manis ketika sudah matang. Sementara dari segi tekstur, daging buah timun suri lebih halus dari timun maupun melon.

Manfaat timun suri untuk kesehatan

Banyak tanaman dari keluarga Cucurbitaceae yang dianggap sebagai makanan bernutrisi ataupun diolah menjadi obat. Buah dari golongan ini, termasuk timun suri, dianggap mengandung komponen yang dapat meringankan penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan beberapa jenis kanker.Sebagai tanaman yang memiliki sifat mirip dengan timun dan melon, manfaat timun suri untuk kesehatan di antaranya adalah:
  • Mengganti cairan

Mengonsumsi timun suri setelah seharian beraktivitas atau berpuasa dapat dengan cepat menggantikan elektrolit Anda yang hilang. Ketika cairan dalam tubuh tergantikan, Anda akan terhindar dari risiko terkena konstipasi dan penyakit batu ginjal, serta menyehatkan usus secara keseluruhan.
  • Menyehatkan tulang

Manfaat timun suri lainnya datang dari kandungan vitamin K yang terdapat di dalamnya. Vitamin K terbukti dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik sehingga nutrisi tersebut dapat menyehatkan tulang dan meminimalisir terjadinya keretakan tulang di masa mendatang.
  • Mencegah kanker

Sebagai keluarga cucurbitaceae, timun suri mengandung nutrisi bernama cucurbitacins yang terbukti secara ilmiah dapat mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.Meski demikian, hingga saat ini belum ada obat kanker yang mengandung cucurbitacins karena sifat antikanker yang satu ini masih harus diteliti lebih dalam.
  • Menyehatkan sistem kardiovaskular

Kandungan serat dalam timun suri membuatnya dapat mencegah penumpukan kolesterol. Manfaat timun suri ini juga bisa didapat dari kandungan cucurbitacins, yang disebut-sebut mampu menurunkan risiko Anda terkena penyakit aterosklerosis alias terbentuknya plak di dinding pembuluh arteri jantung.
  • Mencegah diabetes

Tanaman Cucurbitaceae, seperti timun, timun suri, dan melon mengandung Cucurbita ficifolia, yaitu zat yang dapat mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh secara drastis.Timun suri juga memiliki indeks glikemik rendah, yang artinya dapat menjadi sumber energi di dalam tubuh Anda meski tidak mengandung karbohidrat ataupun zat yang dapat membuat kadar gula darah meroket.

Bagaimana cara mengolah timun suri?

Hebatnya lagi, manfaat timun suri di atas bisa Anda peroleh dengan cara yang mudah. Anda tentu dapat langsung mengonsumsi buah timun suri karena rasanya yang manis mirip dengan melon, meski secara tekstur buah ini lebih lembut.Jika Anda berselancar di berbagai situs resep makanan, Anda akan menemukan banyak resep minuman menyegarkan yang terbuat dari timun suri. Namun, secara garis besar tanaman ini banyak diolah menjadi bentuk agar-agar (jelly) ataupun bagian dari minuman es campur.Anda juga bisa menambahkan bahan lain dalam membuat agar-agar atau es campur timun suri, misalnya creamer, kental manis, daun mint, hingga kelapa muda.Diamkan di kulkas selama beberapa waktu atau nikmati bersama dengan es batu, agar kesegaran dan manfaat timun suri makin terasa di mulut dan tenggorokan Anda.
tips puasamakanan sehatbuah dan sayuran
Fakultas Biologi UGM. https://biologi.ugm.ac.id/2009/09/01/bukti-ilmiah-dibalik-nama-timun-suri/
Diakses pada 3 Desember 2019
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/286430479_Cucurbits_watermelon_and_benefits_to_human_health
Diakses pada 3 Desember 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/283006.php
Diakses pada 3 Desember 2019
Okezone. https://lifestyle.okezone.com/read/2018/05/24/298/1902310/kreasikan-sajian-timun-suri-dengan-5-resep-ini-cocok-untuk-berbuka
Diakses pada 3 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait