logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

open-summary

Tak hanya segar, manfaat timun suri bagi kesehatan cukup banyak. Apalagi, di dalamnya terdapat kandungan vitamin C dan air yang tinggi. Mulai dari mencegah dehidrasi, melancarkan sistem pencernaan, hingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.


close-summary

3 Des 2019

| Asni Harismi

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Manfaat timun suri tidak hanya untuk tajil, tapi juga untuk kesehatan Anda

Di balik kesegarannya, timun suri menyimpan banyak manfaat

Table of Content

  • Kandungan gizi timun suri
  • Manfaat timun suri untuk kesehatan
  • Bahaya timun suri
  • Cara mengolah timun suri

Manfaat timun suri sangat banyak untuk kesehatan, karena tinggi vitamin C.

Advertisement

Timun suri termasuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae), yang memiliki kemiripan karakteristik tanaman dengan timun (Cucumis sativus) dan melon (Cucumis melo).

Dari segi bentuk, timun suri mirip dengan timun yang lonjong. Akan tetapi, aromanya mirip melon yang mengeluarkan aroma manis setelah matang. Sementara teksturnya, daging timun suri lebih halus dari timun serta melon.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai khasiat dari berbagai macam kandungan timun suri.

Kandungan gizi timun suri

Timun suri mengandung banyak nutrisi, termasuk asam linoleat, glukosa, magnesium, saponin, fruktosa, vitamin A, kalium, potasium, dan kandungan bergizi lainnya.

Dalam 100 gram, kandungan timun suri berisi nutrisi seperti berikut:

  • Air: 96,32 g
  • Protein: 1,26 g
  • Lemak: 0,04 g
  • Karbohidrat: 2,09 g
  • Serat: 0,89 g
  • Vitamin C: 24,84 mg
  • Kalsium: 768 mg
  • Fosfor: 422 mg
  • Kalium: 1.008 mg

Kandungan gizi dan vitamin timun suri, tergolong cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Kalori timun suri juga terhitung rendah, sehingga bisa menjadi alternatif untuk membantumenurunkan berat badan.

Manfaat timun suri untuk kesehatan

Banyak tanaman dari keluarga Cucurbitaceae yang dianggap sebagai makanan bernutrisi atau diolah menjadi obat.

Buah dari golongan ini, termasuk timun suri, dianggap mengandung komponen yang dapat meringankan penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, dan beberapa jenis kanker.

Lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai manfaat buah timun suri untuk kesehatan di antaranya adalah:

1. Menjaga hidrasi san melancarkan pencernaan

Mengonsumsi timun suri setelah seharian beraktivitas dapat dengan cepat mengganti cairan tubuh yang hilang.

Alasannya, karena ada kandungan air yang cukup tinggi dalam timun suri yang bermanfaat untuk menjaga hidrasi tubuh, termasuk saat Anda berpuasa. 

Selain itu, timun suri juga mengandung serat larut yang berkhasiat untuk membantu melancarkan buang air besar dan pergerakan usus agar bekerja dengan baik.

Apakah timun suri bisa melancarkan BAB? Ya, ketika cairan dalam tubuh tergantikan, ini bisa membantu mencegah sembelit, infeksi kandung kemih, sakit kepala, kelelahan, penyakit batu ginjal.

Tak hanya menjaga kesehatan usus dan lambung, timun suri juga diklaim aman untuk penderita asam lambung.

2. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat timun suri lainnya datang dari kandungan vitamin K yang terdapat di dalamnya.

Vitamin K terbukti dapat membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik, sehingga nutrisi tersebut dapat menyehatkan tulang dan meminimalisasi terjadinya osteoporosis di masa mendatang.

Perlu Anda ketahui, kalau vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak. Ini bermanfaat membantu tubuh membangun protein agar tulang sehat serta pembekuan darah pun normal.

3. Mencegah kanker

Sebagai keluarga cucurbitaceae, timun suri mengandung nutrisi bernama cucurbitacins yang terbukti secara ilmiah dapat mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Meski demikian, hingga saat ini belum ada obat kanker yang mengandung cucurbitacins. Alasannya, karena sifat antikanker yang satu ini masih harus diteliti lebih dalam.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam timun suri membuatnya dapat membantu mencegah penumpukan kolesterol.

Manfaat timun suri ini juga bisa didapat dari kandungan cucurbitacins, yang bermanfaat membantu menurunkan risiko penyakit aterosklerosis alias terbentuknya plak di dinding pembuluh arteri jantung.

Lalu, kandungan kalium pada timun suri juga berkhasiat untuk mengurangi penyakit kardiovaskular dan stroke.

5. Mencegah diabetes

Tanaman Cucurbitaceae, seperti timun, timun suri, dan melon mengandung Cucurbita ficifolia, yaitu zat yang dapat mencegah kenaikan kadar gula darah dalam tubuh secara drastis.

Timun suri juga aman untuk penderita diabetes, karena mengandung indeks glikemik rendah.

Ini artinya, buah timun suri dapat menjadi sumber energi di dalam tubuh Anda meskipun tidak mengandung karbohidrat ataupun zat yang dapat membuat kadar gula darah meroket.

6. Sumber antioksidan

Dikutip dari Mayo Clinic, timun suri adalah buah yang mengandung antioksidan, termasuk vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpenoid, dan lignan yang bersifat anti-inflamasi.

Kandungan vitamin C di dalamnya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten di dalamnya terbukti bermanfaat untuk kesehatan mata.

Menurut penelitian, tiap anggota buah yang berasal dari keluarga cucurbitaceae memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas di dalam tubuh. 

Manfaat dari makan buah-buahan ini, termasuk timun suri adalah dapat menurunkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya.

7. Mencegah penyakit Alzheimer

Timun suri tidak hanya tinggi vitamin C, tapi juga mengandung vitamin K. Vitamin K (vitamin yang larut dalam lemak) ini bisa meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotrofik pada persendian.

Lalu, vitamin K pada timun suri juga berkhasiat juga sebagai nutrisi yang kerap dijadikan obat untuk membatasi kerusakan neuronal di otak. Itulah sebabnya, mengonsumsi timun suri dalam takaran jumlah yang pas bisa membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer.

8. Mencegah anemia

Salah satu kandungan timun suri yang baik untuk kesehatan adalah zat besi.

Zat besi di dalam timun suri bermanfaat mencegah anemia, karena perannya sebagai komponen penting dari hemoglobin yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Ketika mengalami anemia, Anda tidak akan mendapatkan cukup darah yang banyak mengandung oksigen, sehingga akan mudah merasa lelah dan lemah.

9. Menurunkan berat badan

Kalori timun suri tergolong sangat rendah, sehingga bisa dijadikan alternatif untuk makanan diet.

Timun suri juga mengandung air yang tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Tentunya, hal ini perlu dibarengi dengan menjaga pola makan. Penelitian menunjukkan bahwa mengnsumsi makanan dengan kepadatan energi rendah dapat mengurangi berat badan.

10. Mencegah penyakit radang usus

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat serat pada buah dapat mencegah penyakit divertikulitis. Divertikulitis adalah penyakit yang diakibatkan oleh peradangan usus yang menyakitkan.

Timun suri adalah salah satu buah yang tinggi serat. Menurut penelitian, mengonsumsi serat dari buah dan sayuran, seperti timun suri bisa menurunkan kemungkinan terkena radang usus.

11. Menurunkan darah tinggi

Ada pula kandungan kalium dalam buah timun suri yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatanmu. Kalium bekerja sama dengan natrium untuk menjaga keseimbangan cairan.

Selain itu, kalium dalam timun suri juga berkhasiat mengatur tekanan darah. Jadi, asupan kalium yang cukup dapat mencegah  atau mengelola tekanan darah tinggi.

Bahaya timun suri

Khasiat timun suri memang sangat banyak, tetapi Anda juga perlu berhati-hati karena bisa memicu sejumlah gangguan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Efek samping timun suri yang perlu diwaspadai adalah:

  • Dapat menyebabkan keracunan.
  • Memicu pertumbuhan dan penyebaran radikal bebas di dalam tubuh.
  • Menyebabkan perut kembung.
  • Dapat menyebabkan sinusitis.
  • Merusak jantung dan pembuluh darah.

Timun suri adalah buah yang kaya air dan vitamin C, sehingga apabila mengonsumsinya secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan. Untuk itu, bijaklah dalam mengonsumsi buah ini.

Cara mengolah timun suri

Hebatnya lagi, manfaat timun suri bisa Anda peroleh dengan cara yang mudah. Anda dapat langsung mengonsumsi buah timun suri, karena rasanya yang manis mirip dengan melon, meski secara tekstur buah ini lebih lembut.

Jika Anda berselancar di berbagai situs resep makanan, Anda akan menemukan banyak olahan minuman menyegarkan yang terbuat dari timun suri.

Namun, secara garis besar buah timun suri banyak diolah menjadi agar-agar (jelly) atau minuman es campur.

Anda juga bisa menambahkan bahan lainnya dalam membuat agar-agar atau es campur timun suri, misalnya creamer, kental manis, daun mint, hingga kelapa muda.

Diamkan di kulkas selama beberapa waktu atau nikmati bersama dengan es batu, agar kesegaran dan manfaat timun suri makin terasa di mulut dan tenggorokan Anda.

Ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat timun suri? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

tips puasamakanan sehatbuah dan sayuranhidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved