8 Manfaat Tidur Tanpa Bra yang Wajib Diketahui Wanita

Tidur tanpa bra memiliki berbagai manfaat dari segi kesehatan
Tidur tanpa bra bisa menyebabkan payudara kendur adalah mitos

Tidur tanpa bra mungkin belum sepenuhnya menjadi hal yang lazim bagi sebagian besar perempuan. Faktor lingkungan dan sederet mitos yang muncul terkait hal tersebut seringkali menjadi alasannya.

Namun, tahukah Anda kalau tidur tanpa bra memiliki manfaat dari segi kesehatan? Lantas, bagaimana dengan mitos yang berkembang dan mengatakan kalau tidur tanpa BH bisa menyebabkan payudara kendur, bahkan berisiko mengalami kanker payudara?

Mitos seputar tidur tanpa bra yang menyesatkan

Sebagian besar perempuan mungkin menghadapi situasi yang dilematis saat hendak tidur di malam hari. Ingin memakai bra rasanya tidak nyaman, tetapi melepasnya konon bisa memicu kanker payudara dan membuat payudara semakin mengendur. Benarkah demikian?

Berikut adalah penjelasan mitos seputar tidur tanpa bra yang berkembang di masyarakat:

Mitos: tidur tanpa bra bisa mencegah risiko kanker payudara

Sebuah buku berjudul Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras yang dipublikasikan pada 1995 silam memulai prasangka terhadap penggunaan bra saat tidur. Sejak saat itu, banyak perempuan memilih untuk tidur tanpa bra demi menghindari bahaya yang mengancam kesehatan payudara mereka.

Buku tersebut memperkuat anggapan bahwa tidur menggunakan bra bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Akibatnya, banyak perempuan memercayai bra dapat memblokir kerja kelenjar getah bening saat tidur sehingga bisa menyebabkan timbulnya kanker payudara.

Faktanya, menurut American Cancer Society, belum ada hasil studi yang dapat membuktikan bahwa tekanan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh penggunaan bra menyebabkan kanker payudara.

Saat Anda tidur, cairan tubuh bergerak naik dan masuk ke kelenjar getah bening yang berada di ketiak, bukan menuju ke kelenjar payudara.

Selain itu, belum ada cukup bukti pula yang menyatakan mitos bahwa jenis bra tertentu dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Mitos: tidur tanpa bra mencegah payudara kendur

Faktanya, payudara kendur tentu akan dirasakan oleh setiap perempuan seiring bertambahnya usia, meski Anda tidur menggunakan atau tidak menggunakan bra. Pasalnya, jaringan yang menopang payudara akan kehilangan elastisitasnya dari waktu ke waktu.

Berbagai manfaat tidur tanpa bra untuk kesehatan

Mengingat belum adanya bukti medis mengenai manfaat dan risiko menggunakan bra saat tidur, maka tidur tanpa bra hanya menjadi sebatas pilihan guna mendukung aspek kenyamanan saat Anda tidur.

Meski demikian, ternyata ada berbagai manfaat tidur tanpa bra bagi kesehatan yang Anda dapatkan saat memilih untuk tidur tanpa bra di malam hari. Apa sajakah?

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Salah satu manfaat tidur tanpa bra adalah meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini karena setiap bra didesain menekan pembuluh darah, terlebih jenis bra kawat (underwire) dan bra untuk olahraga (push up bra).

Jika Anda tidur menggunakan bra yang ketat, maka akan menempel pada kulit sehingga membatasi gerak otot-otot dada. Akibatnya, bila digunakan terus-menerus akan menghambat sirkulasi darah ke jaringan payudara dan saraf lengan Anda serta area tubuh lainnya.

Dengan tidur tanpa bra, aliran darah pada tubuh Anda akan lancar sehingga mencegah efek negatif, seperti pusing dan kram.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Tidur tanpa bra bisa menjadi solusi bagi Anda yang merasa tidak nyaman tidur menggunakan bra. Dengan demikian, Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak sepanjang malam.

Perasaan tidak nyaman saat tidur bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur atau mengalami gangguan tidur lainnya. Akibatnya, Anda jadi tidak memperoleh waktu istirahat yang berkualitas sehingga energi tubuh tidak bisa sepenuhnya pulih.

3. Membantu pernapasan lebih baik saat tidur

Saat Anda berbaring, saluran udara bagian atas akan menyempit sehingga sulit bagi oksigen untuk mencapai ke paru-paru. Jika Anda menggunakan bra saat tidur, maka pergerakan otot dada akan lebih terbatas dan oksigen semakin sulit masuk ke paru-paru. Akibatnya, aliran oksigen dalam tubuh menjadi berkurang.

Oleh karena itu, manfaat tidur tanpa bra memungkinkan Anda untuk dapat bernapas dengan baik saat tidur.

4. Mengurangi keringat

Menggunakan bra saat tidur, terutama saat suhu ruangan naik di malam hari dapat menyebabkan Anda berkeringat. Bahkan, beberapa jenis bra mungkin dapat membuat Anda mengeluarkan keringat berlebih.

Munculnya keringat berlebih saat tidur dapat membuat Anda menjadi tidak nyaman sehingga sering terbangun di malam hari. Nah, tidur tanpa bra dapat menurunkan suhu tubuh sehingga Anda tidak mudah berkeringat.

5. Mengurangi risiko infeksi kulit

Saat bra tidak pernah dilepaskan, kulit akan sulit menyerap udara sehingga menciptakan lingkungan yang hangat dan lembap untuk perkembangbiakan bakteri maupun jamur. Infeksi kuman ini dapat menyebabkan kemunculan jamur kulit dan iritasi sehingga muncul rasa gatal.

Melepaskan bra saat tidur dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena infeksi.

6. Mencegah risiko hiperpigmentasi kulit

Hiperpigmentasi adalah kondisi perubahan warna kulit yang tidak merata atau munculnya bintik-bintik berwarna gelap pada kulit Anda. Salah satu penyebab hiperpigmentasi adalah meningkatnya pigmen melanin pada area tertentu kulit.

Mengenakan bra saat tidur di malam hari, terutama bra yang ketat, dapat menyebabkan timbulnya gesekan, iritasi, dan kerusakan pada area kulit di mana tali atau kawat bra bergesekan dengan kulit Anda dalam jangka waktu yang lama.

Kondisi tersebut dapat merangsang melanosit menghasilkan lebih banyak pigmen melanin pada area kulit sehingga menimbulkan hiperpigmentasi.

7. Membantu memperbaiki sistem limfatik

Manfaat tidur tanpa bra berikutnya adalah membantu memperbaiki sistem limfatik.

Bentuk bra yang terlalu ketat dan kaku dapat memberikan tekanan berlebih pada payudara Anda. Jika rutin menggunakan jenis bra ini saat tidur, Anda berisiko mengalami penyumbatan limfatik.

Penyumbatan tersebut terjadi akibat adanya penumpukan cairan pada kelenjar getah bening aksila yang terletak di area ketiak. Kelenjar inilah yang berfungsi melawan infeksi tubuh, zat-zat asing berbahaya, dan sel-sel kanker.

Ketika sistem limfatik dalam kondisi baik-baik saja maka memungkinkan pembuangan racun dari area payudara menjadi lancar. Hal ini dapat mencegah terjadinya retensi cairan, rasa tidak nyaman, dan peradangan pada payudara.

8. Mengurangi risiko terjadinya cedera

Umumnya, bra yang Anda kenakan memiliki beberapa jenis bahan, seperti tali, kawat, karet, dan lainnya. Hal tersebut bisa saja menimbulkan gangguan apabila tali, kawat, atau karet bra bergesekan dengan kulit saat Anda tidur, terlebih jika Anda memiliki posisi tidur yang cukup dinamis.

Meski jarang terjadi, pergesekan atau pergerakan yang cenderung tiba-tiba dan tidak disadari bisa saja menimbulkan cedera ringan pada bagian kulit payudara dan dada Anda. Maka dari itu, tidur tanpa bra dapat meminimalkan risiko cedera ini.

Catatan dari SehatQ

Memang belum ada studi yang dapat membuktikan kaitan antara tidur tanpa bra dengan risiko kanker payudara dan bentuk payudara yang mengendur. Akan tetapi, akan lebih baik menghindari efek memakai bra saat tidur dan mendapatkan manfaat tidur tanpa bra yang lebih jelas.

Jika Anda merasa kurang nyaman tidur tanpa bra, Anda bisa menggunakan piyama atau pakaian longgar dan tipis.

Stop Cancer Fund. http://stopcancerfund.org/p-breast-cancer/can-wearing-a-bra-cause-breast-cancer/

Diakses pada 17 Februari 2020

Cosmopolitan. https://www.cosmopolitan.com/uk/body/health/news/a49678/what-happens-body-sleep-with-bra-on/

Diakses pada 17 Februari 2020

Flo. https://flo.health/menstrual-cycle/lifestyle/sleep/sleeping-in-bra

Diakses pada 17 Februari 2020

Huffington Post. https://www.huffpost.com/entry/sleeping-in-a-bra_n_1784551

Diakses pada 17 Februari 2020

Artikel Terkait