5 Manfaat Tidur Pakai Kaus Kaki yang Baik untuk Kesehatan

(0)
03 Jun 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat tidur pakai kaus kaki dipercaya bisa bikin Anda cepat tidur.Manfaat tidur pakai kaus kaki sangat beragam, salah satunya bikin cepat tidur.
Apakah Anda suka menggunakan kaus kaki saat tidur? Jika iya, pertahankan kebiasaan ini karena ada berbagai macam manfaat tidur pakai kaus kaki bagi kesehatan tubuh kita.Tidak hanya menghangatkan, manfaat memakai kaus kaki saat tidur cukup beragam, mulai dari membantu tidur lebih cepat, hingga meningkatkan kualitas hubungan seksual dengan pasangan. Penasaran dengan berbagai manfaat tidur pakai kaus kaki? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

5 manfaat tidur pakai kaus kaki bagi kesehatan tubuh

Berikut adalah berbagai manfaat tidur pakai kaus yang telah terbukti secara ilmiah.

1. Lebih cepat tidur

Banyak orang yang mengira bahwa tidur pakai kaus kaki dapat membuat kaki gerah dan panas. Faktanya malah sebaliknya, kebiasaan ini justru bisa membantu mengatur suhu internal tubuh Anda.Sebuah studi dari tahun 2007 mengungkapkan, orang dewasa yang menggunakan kaus kaki atau kaus kaki yang dihangatkan (heated socks) mampu tidur lebih cepat.Kaki bisa menjadi hangat saat dibalut dengan kaus kaki sehingga dapat melebarkan pembuluh darah. Hasilnya, kulit dapat melepaskan panas dan menurunkan suhu tubuh. Pada akhirnya, tubuh akan mengirimkan pesan kepada otak bahwa waktu tidur telah tiba.

2. Meredakan gejala penyakit Raynaud

Manfaat tidur pakai kaus kaki selanjutnya adalah meredakan gejala penyakit Raynaud (Raynaud's disease). Tangan dan kaki yang terasa dingin menjadi salah satu gejala dari pernyakit Raynaud. Penyakit ini dapat berdampak pada pembuluh darah di bagian kulit. Gejalanya bisa muncul saat penderitanya merasa kedinginan atau stres.Ketika gejala penyakit Raynaud terjadi, aliran darah ke bagian tangan dan kaki akan berkurang. Hasilnya, jari-jari di kaki dan tangan akan merasa dingin dan mati rasa. Warna kulitnya pun bisa berubah menjadi putih atau biru.Dengan menggunakan kaus kaki saat tidur, rasa dingin pada kaki yang dialami penderita penyakit Raynaud dapat diredakan. Di samping tidur pakai kaus kaki, periksaan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih maksimal.

3. Mencegah hot flashes

Hot flashes adalah kondisi medis yang dapat dirasakan wanita pada masa menopause. Gejalanya meliputi:
  • Perasan atau sensasi hangat pada sekujur tubuh secara tiba-tiba
  • Berkeringat
  • Jantung berdebar kencang
  • Kemerahan pada kulit wajah.
Tidur pakai kaus kaki dipercaya mampu menurunkan suhu tubuh di malam hari sehingga dapat mencegah hot flashes.Sebab, kondisi ini merupakan akibat dari fluktuasi hormon yang bisa berdampak pada kontrol suhu tubuh.

4. Meningkatkan kualitas hubungan seksual dengan pasangan

Menurut sebuah riset, manfaat tidur pakai kaus kaki juga bisa meningkatkan peluang orgasme saat sedang berhubungan seksual.Studi tersebut menyatakan bahwa menggunakan kaus kaki saat berhubungan seksual dapat meningkatkan peluang orgasme hingga 30 persen.Namun, studi ini hanya dilakukan pada skala kecil, tepatnya cuma melibatkan sekitar 13 pasangan yang berpartisipasi.

5. Meredakan gejala telapak kaki pecah-pecah

Manfaat memakai kaos kaki saat tidur selanjutnya adalah meredakan gejala telapak kaki pecah-pecah. Kebiasaan tidur pakai kaus kaki dipercaya bisa mencegah kaki menjadi kering selama tidur sehingga kemungkinan kaki pecah-pecah bisa diturunkan.Namun, untuk merasakan manfaat tidur pakai kaus kaki ini, pastikan Anda telah melembapkan telapak kaki terlebih dahulu sebelum menggunakan kaus kaki di tempat tidur.

Jenis kaus kaki yang dapat digunakan saat tidur

Memilih kaus kaki yang akan digunakan saat tidur juga tidak boleh sembarangan. Wol merino atau kasmir dianggap sebagai bahan kaus kaki terbaik untuk dipakai saat tidur. Meski begitu, harganya lebih mahal dibandingkan kaus kaki pada umumnya.Selain itu, pastikan kaus kaki yang Anda kenakan tidak terlalu ketat untuk mencegah sirkulasi darah terhambat pada kaki Anda.

Catatan dari SehatQ

Bagi Anda yang penasaran dengan manfaat tidur pakai kaus kaki, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Namun, pastikan kaus kaki yang digunakan tidak terlalu ketatJika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
waktu tidurmanfaat tidurhidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321125#socks-help-you-fall-asleep
Diakses pada 27 April 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/sleeping-with-socks-on#benefits
Diakses pada 27 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait