6 Manfaat Thai Massage yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah

(0)
27 Jan 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Berbeda dari teknik pijat lainnya, Thai massage tidak menggunakan minyak untuk memijat tubuh pelanggan.Berbagai gerakan Thai massage dipercaya dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh.
Thai massage telah dipraktikkan selama 2.500 tahun lamanya untuk mengatasi berbagai keluhan medis. Berbeda dari teknik pijat lainnya, Thai massage tidak menggunakan minyak untuk memijat tubuh pasien, melainkan teknik peregangan, penarikan, dan goyangan untuk meredakan ketegangan di berbagai bagian tubuh.

Manfaat Thai massage untuk kesehatan tubuh

Mulai dari mengatasi sakit kepala, meredakan nyeri punggung, hingga mengobati kecemasan, mari kita kenali berbagai manfaat Thai massage sebelum mencobanya.

1. Mengatasi sakit kepala

Thai massage dipercaya bisa mengatasi sakit kepala
Thai massage dianggap ampuh atasi sakit kepala
Jika Anda menderita migrain dan sakit kepala tegang yang mengganggu, cobalah Thai massage. Di dalam beberapa studi kecil, para peneliti mengungkapkan bahwa Thai massage mampu meredakan intensitas migrain dan sakit kepala tegang.Efek Thai massage dalam meredakan sakit kepala ini dipercaya bisa bertahan beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu lamanya.

2. Meredakan nyeri punggung

Ternyata, Thai massage juga digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk nyeri punggung. Sebuah riset yang diikuti 120 partisipan di Thailand mencoba melihat efek Thai massage kepada pasien nyeri punggung ringan.Setelah menjalani studi selama empat minggu, peneliti menyimpulkan bahwa penerima Thai massage 2 kali dalam seminggu mengalami penurunan nyeri punggung secara signifikan.

3. Meredakan rasa kaku dan nyeri pada sendi

Ketika persendian kaku dan terasa nyeri, tentu fungsinya akan terganggu. Thai massage dapat menjadi solusi masalah ini.Dalam sebuah penelitian, sejumlah ahli meminta pasien artritis lutut untuk menjalani sesi Thai massage selama 8 minggu. Hasilnya, rasa nyeri dapat diatasi dan partisipan dapat berjalan lebih lancar tanpa rasa sakit.Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa menjalani sesi Thai massage selama 3 minggu sama efektifnya dengan mengonsumsi ibuprofen rutin selama 3 minggu pada pasien osteoartritis lutut.

4. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Thai massage dipercaya dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh
Thai massage dipercaya ampuh tingkatkan fleksibilitas tubuh
Thai massage ternyata memiliki manfaatnya tersendiri bagi para atlet sepak bola. Di dalam sebuah riset, 34 pemain bola diminta untuk melakukan sesi Thai massage sebanyak tiga kali selama 10 hari. Hasilnya, kemampuan mereka untuk melakukan latihan sit-and-reach meningkat secara signifikan.Manfaat Thai massage dalam meningkatkan fleksibilitas terjadi karena teknik pijat ini mampu meningkatkan aliran darah dan pasokan oksigen ke otot.Tidak hanya itu, ternyata Thai massage juga meningkatkan kecepatan para pemain bola di dalam studi tersebut.

5. Menenangkan kecemasan

Meskipun Thai massage dianggap sebagai teknik pijat yang penuh gerakan, teknik ini juga bisa menenangkan rasa cemas yang menghantui pikiran Anda.Beberapa penelitian membuktikan bahwa Thai massage dapat meredakan perasaan stres yang dirasakan para partisipan.Selain itu, hasil scan otak para partisipan juga menunjukkan bahwa Thai massage dapat membawa perasaan rileks dan meredakan perasaan cemas.

6. Mengembalikan energi tubuh

Thai massage mengharuskan hampir seluruh bagian tubuh bergerak layaknya olahraga yoga. Karena alasan ini, Thai massage dipercaya dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang.Beberapa ahli mencoba membandingkan Thai massage dan Swedish massage pada orang-orang yang merasa kelelahan. Hasilnya, Thai massage mampu mengembalikan energi fisik maupun mental para partisipan.Meski begitu, penelitian ini masih berskala kecil. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan klaim ini.

Peringatan sebelum mencoba Thai massage

Thai massage memiliki beberapa efek pada sistem peredaran darah. Inilah sebabnya Anda disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencobanya.Selain itu, bagi Anda yang mengidap beberapa penyakit di bawah ini, berdiskusilah dulu pada dokter sebelum mencoba Thai massage.
  • Penyakit jantung atau penyakit arteri koroner
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit yang berdampak pada tulang belakang, seperti osteoporosis dan penyakit neurologis
  • Diabetes
  • Baru menjalani operasi
  • Luka terbuka
  • Kanker
  • Gangguan perdarahan
  • Trombosis vena dalam
  • Luka bakar
  •  
Anda juga perlu tahu kalau Thai massage tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil karena belum ada bukti yang jelas mengenai keamanannya jika dilakukan pada golongan ini.

Tips sebelum mencoba Thai massage

Biasanya, Anda akan diminta untuk menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman sebelum melakukan Thai massage. Perlu diingat juga, durasi Thai massage berkisar dari 1-2 jam.Cobalah ikuti beberapa tips di bawah ini sebelum menjalani sesi Thai massage:
  • Jangan makan besar sebelum Thai massage
  • Jika ini pertama kalinya Anda mencoba Thai massage, datanglah lebih awal untuk mengisi formulir dan mengganti pakaian
  • Pastikan bahwa terapis sudah memiliki riwayat kesehatan Anda secara lengkap
  • Jika Anda merasa tidak nyaman, beri tahu terapis segera.
Jika Anda masih ragu untuk mencoba Thai massage karena alasan medis, jangan malu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga!
hidup sehatpijatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/thai-massage-benefits
Diakses pada 12 Januari 2021
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/thai-massage-90010
Diakses pada 12 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait