Setelah melakukan tes kepribadian, Anda lebih paham dan mengerti tentang persepsi orang lain
Tes kepribadian bisa menjadi cara untuk mengenal diri sendiri, tetapi bukan untuk diagnosis gangguan kepribadian

Kepribadian adalah suatu hal yang menarik untuk ditelusuri, karenanya tes kepribadian sangat marak dilakukan. Teknologi yang modern semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai informasi, terutama mengenai tes kepribadian.

Kerap kali tes kepribadian digunakan untuk mendiagnosis gangguan kepribadian, padahal diagnosis gangguan kepribadian lebih kompleks dan tidak hanya membutuhkan kuesioner atau tes, tetapi juga diagnosis dari psikiater.

Gangguan kepribadian memerlukan diagnosis dari psikiater berdasarkan Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) yang menjadi panduan dari diagnosis gangguan mental. Oleh karenanya, gangguan kepribadian tidak bisa didiagnosis hanya melalui tes kepribadian saja.

Di internet, beredar beragam tes kepribadian, mulai dari yang tes yang serius sampai yang hanya untuk hiburan saja. Namun, tahukah Anda bahwa tes kepribadian ternyata memiliki sejumlah manfaat.

Manfaat Tes Kepribadian

Secara garis besar, tes kepribadian dapat membantu untuk lebih mengenal diri sendiri. Namun, manfaat melakukan tes kepribadian tidak hanya itu saja.

1. Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan

Melalui tes kepribadian, Anda dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan diri Anda. Hal ini akan membantu untuk mengetahui jenis pekerjaan yang dapat dikerjakan dan jenis pekerjaan apa yang harus diberikan kepada orang lain. Memahami kekuatan dan kelemahan diri juga akan membantu kerja sama dalam tim.

2. Mengetahui Apa yang Disukai dan yang Tidak Disukai

Serupa dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan, tes kepribadian juga dapat membantu untuk mengetahui apa yang disukai dan yang tidak disukai. Mengetahui apa yang disukai dan yang tidak disukai dapat membantu untuk memilih profesi ataupun jurusan perkuliahan yang ingin digeluti.

3. Lebih Mengerti Orang Lain

Mengetahui diri sendiri melalui tes kepribadian membuat Anda bisa mengerti bahwa tiap orang memiliki persepsi dan reaksi yang berbeda terhadap suatu masalah yang sama. Sebagaimana Anda memiliki reaksi dan persepsi tertentu akan suatu hal, orang lain juga memiliki reaksi dan persepsi yang berbeda.

Memiliki rasa pengertian terhadap orang lain dapat membantu untuk membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan orang lain.

4. Mengetahui Situasi yang Tepat untuk Mencapai Potensi

Tes kepribadian tentunya dapat membantu untuk mengenali potensi dan situasi yang dapat memaksimalkan potensi tersebut.

Anda dapat mengetahui lingkungan kerja apa yang sesuai untuk potensi Anda, cara yang sesuai untuk mengatasi masalah dan stres yang dirasakan, serta cara mengatur kebiasaan kerja Anda.

5. Memilih Pekerjaan yang Sesuai

Seperti yang tertera di atas, pengenalan diri yang dilakukan dapat membantu Anda untuk mencari pekerjaan yang sesuai. Namun, tes kepribadian juga dapat digunakan oleh pihak perusahaan untuk mencari karyawan yang sesuai dengan kriteria perusahaan.

Tes Kepribadian Bukanlah Segalanya

Tes kepribadian memang dapat memberikan wawasan mengenai diri, tetapi tes kepribadian bukanlah segalanya. Anda harus selalu mengingat bahwa tes kepribadian hanya suatu cara untuk mengetahui diri tetapi bukanlah “label”. Kepribadian merupakan sesuatu yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai hal.

Jangan biarkan tes kepribadian membuat Anda mengelompokkan orang-orang berdasarkan dari hasil tesnya karena pada dasarnya manusia diciptakan dengan kepribadian yang berbeda-beda untuk melengkapi satu sama lain. Tidak ada jenis kepribadian yang lebih baik dari yang lainnya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/personality-disorders#diagnosis
Diakses pada 08 Maret 2019

NBC News. https://www.nbcnews.com/better/pop-culture/why-do-we-need-personality-tests-tell-us-who-we-ncna914371
Diakses pada 08 Maret 2019

Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/reasons-to-learn-more-about-your-personality-type-4099388
Diakses pada 08 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed