logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Manfaat Tertawa yang Menyehatkan Tubuh dan Pikiran

open-summary

Manfaat tertawa untuk kesehatan adalah menurunkan depresi dan meningkatkan kualitas tidur. Anda bahkan bisa mengurangi stres, rasa sakit, hingga melawan kelupaan.


close-summary

27 Mar 2019

| Anita Djie

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat tertawa

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang

Table of Content

  • Manfaat Tertawa bagi Kesehatan
  • Cara mudah lebih banyak tertawa
  • Catatan dari SehatQ

Menertawakan suatu hal adalah kegiatan di waktu senggang yang menyenangkan. Isi waktu luang Anda dengan mencari berbagai cerita lucu dari Internet dan tertawalah! Anda pun bisa membagikan konten-konten lucu tersebut kepada orang-orang terdekat. Jadi, bukan hanya Anda yang bisa merasakan manfaat tertawa bagi tubuh.

Advertisement

Saat jari-jari Anda mulai mengetikkan kata “lelucon lucu” di mesin pencari, sebuah pemikiran terlintas di benak Anda. “Apakah benar tertawa dapat memberikan suatu manfaat atau tertawa hanyalah suatu cara untuk membuang-buang waktu?”

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Tertawa tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan manfaat bagi diri Anda! Karena manfaatnya, kini tertawa dijadikan sebuah terapi. Sebuah penelitian dilakukan di Korea tahun 2017, untuk melihat efek terapi tertawa. Hasilnya, para pasien yang menjalani terapi tersebut, mampu mengatasi depresi yang sebelumnya dialami. Selain itu, kualitas tidur pun meningkat.

Manfaat Tertawa bagi Kesehatan

Tertawa tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan depresi dan meningkatkan kualitas tidur. Anda bahkan bisa mengurangi stres, menjaga kesehatan, mengurangi rasa sakit, hingga melawan kelupaan, dengan tertawa.

1. Mengatasi Stres

Tertawa dapat menghadirkan suasana yang lebih rileks dan meningkatkan suasana hati Anda. Otot-otot akan menjadi rileks saat Anda tertawa. Selain itu, tertawa meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, serta mengurangi respons terhadap stres. Oleh karena itu, Anda bisa merasa lebih tenang.

Sementara itu, peningkatan hormon endorfin dan serotonin karena tertawa, dapat memperbaiki mood Anda, dan memiliki efek yang serupa dengan antidepresan. Oleh karenanya, Anda bisa menjadikan tertawa sebagai salah satu cara untuk menghadapi masalah yang sedang dialami.

2. Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan

Stres dan pemikiran-pemikiran negatif dapat menurunkan sistem imun. Sebaliknya, pemikiran-pemikiran positif membuat tubuh Anda mengeluarkan neuropeptida yang dapat melawan stres, dan menangkal penyakit. Tertawa dapat memberikan manfaat yang besar untuk organ-organ kardiovaskular Anda.

Penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2016 mengenai efek tertawa terhadap penyakit kardiovaskular pada lansia. Hasil penelitian menunjukkan, lansia yang tiap hari tertawa, secara umum memiliki penyakit kardiovaskular yang lebih rendah. Selain berolahraga teratur, tertawa pun bisa meningkatkan kesehatan Anda.

3. Mengurangi Rasa Sakit

Saat tertawa, tubuh akan melepaskan pereda sakit secara alamiah. Sebuah penelitian dilakukan di Inggris tahun 2012, untuk mencari relasi antara tertawa dan daya tahan tubuh terhadap rasa sakit.

Hasilnya, responden mengalami peningkatan ketahanan terhadap rasa sakit, setelah tertawa. Peningkatan ini disebabkan oleh pelepasan endorfin dalam tubuh, yang bersifat analgesik, atau meredakan rasa sakit. Oleh karena itu, saat merasa kesakitan, cobalah untuk tertawa!

4. Melawan Lupa

Peningkatan hormon kortisol karena stres dapat merusak neuron tertentu dalam otak, dan berefek negatif pada aktivitas belajar dan memori Anda. Sebuah penelitian di Amerika pada tahun 2014 mengungkap efektivitas dari humor terhadap fungsi memori jangka pendek.

Berdasarkan penelitian tersebut, tertawa bisa menurunkan hormon kortisol, dan meningkatkan kemampuan belajar, serta daya ingat. Jadi sebenarnya, Anda tidak perlu mengonsumsi berbagai suplemen untuk meningkatkan daya ingat. Cukup dengan tertawa, Anda bisa menjaga kesehatan otak.

5. Mendistraksi dari hal negatif

Manfaat tertawa yang tak boleh disepelekan ialah mendistraksi Anda dari berbagai macam hal negatif. Tertawa bersama teman atau keluarga dapat mendistraksi Anda dari amarah, rasa bersalah, stres, dan perasaan negatif lainnya.

Jadi, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk beristirahat sejenak dan mulai menyisihkan sedikit waktu untuk membaca cerita maupun konten-konten lucu. Semakin sering Anda tertawa, maka semakin banyak manfaat yang Anda rasakan.

6. Meningkatkan sistem imun tubuh

Orang yang lebih banyak tertawa cenderung lebih sehat ketimbang mereka yang selalu muram. Pasalnya, tertawa secara langsung membawa keceriaan dalam tubuh. Mood Anda pun jadi lebih baik setelah melakukannya dalam durasi yang tepat.

Tertawa yang puas pun akan membuat kerja organ tubuh menjadi lebih baik. Tidak terkecuali sistem kekebalan tubuh yang menjadi lebih kuat. Dengan kata lain, tertawa dapat meningkatkan antibodi

7. Membakar kalori

Tertawa sudah selayaknya olahraga untuk tubuh. Tertawa akan melatih banyak otot untuk bekerja lebih baik. Di samping itu, ada juga bagian tubuh yang menenangkan.

Secara tidak langsung, tertawa juga akan membakar kalori tubuh. Lebih banyak Anda tertawa, lebih banyak juga kalori yang akan terbakar. Di samping itu, tertawa juga bisa menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Gas Tawa, Zat Penenang yang Bikin Rileks Namun Tetap Aman

Cara mudah lebih banyak tertawa

Cara yang bisa dilakukan supaya bisa tertawa terbahak-bahak adalah melihat sesuatu yang lucu. Hal tersebut bisa didapatkan dengan mudah di dekat Anda. Berikut beberapa tips untuk membuat Anda tertawa:

  • Mulai dengan tersenyum
  • Bersikap lebih tenang melihat banyak hal
  • Berkumpul dengan orang yang menyenangkan
  • Meluangkan waktu untuk diri Anda sendiri
  • Menonton film, video, atau membaca konten komedi

Baca juga: Pseudobulbar Affect, Gangguan yang Bisa Sebabkan Menangis Sambil Tertawa

Catatan dari SehatQ

Tertawa lepas bukan cara yang sulit untuk dilakukan. Terlebih lagi, Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari tertawa. Cobalah mencari teman yang menyenangkan supaya bisa lebih banyak tertawa.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat dari aktivitas menyenangkan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

depresikesehatan mentalstrespenyakit jantung

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved