Beragam Manfaat Terong Belanda yang Baik untuk Kesehatan


Ada banyak manfaat terong belanda yang baik untuk kesehatan. Buah yang memiliki kulit berwarna merah tua dan kuning ini dipercaya bisa membantu turunkan berat badan hingga mengontrol diabetes.

(0)
13 Jul 2021|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat terong belanda yang baik untuk kesehatanManfaat terong belanda datang dari kandungan nutrisinya yang luar biasa.
Terong belanda adalah buah yang bernutrisi tinggi. Buah yang juga dikenal dengan sebutan tamarillo ini mengandung protein, vitamin A, C dan E yang baik untuk kesehatan tubuh.Terong belanda juga memiliki kandungan berbagai mineral penting, mulai dari zat besi, kalium, hingga mangan.Mari kita kenali lebih lanjut berbagai manfaat terong belanda yang baik untuk kesehatan tubuh.

11 manfaat terong belanda untuk kesehatan

Mulai dari membantu turunkan berat badan hingga mengontrol diabetes, berikut adalah segudang khasiat terong belanda yang tak boleh diremehkan.

1.    Kaya akan nutrisi

manfaat terong belanda
Manfaat terong belanda datang dari kandungan nutrisinya
Terong belanda memiliki kandungan nutrisi yang tidak boleh diremehkan. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Crop & Food Research, di dalam 100 gram buah terong belanda terdapat berbagai nutrisi berikut.
  • Kalori: 31
  • Karbohidrat: 3,8 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak total: 0,36 gram
  • Kolesterol: 0 miligram
  • Serat: 3,3 gram
  • Folat: 4 mikrogram
  • Vitamin A: 189,17 mikrogram atau setara dengan 630 IU
  • Vitamin C: 29,8 miligram
  • Vitamin E: 2,09 miligram
  • Vitamin B3: 0,271 miligram
  • Vitamin B1: 0,043 miligram
  • Kalium: 321 miligram
  • Natrium: 1,44 miligram
  • Kalsium: 10,7 miligram
  • Zat besi: 0,57 miligram
  • Magnesium: 20,6 miligram
  • Mangan: 114 mikrogram
  • Fosfor: 38,9 miligram
  • Zinc: 0,15 miligram.
Berbagai manfaat buah terong belanda datang dari kandungan nutrisinya yang luar biasa ini.

2.    Mengontrol diabetes

Kandungan serat yang dimiliki terong belanda dapat membantu menjaga kadar gula di dalam aliran darah supaya tetap stabil. Buah ini juga tergolong dalam makanan dengan indeks glikemik rendah sehingga tidak menyebabkan gula darah naik.Tak hanya itu, terong belanda mengandung asam klorogenat yang bisa menunda terjadinya diabetes dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

3.    Membantu turunkan berat badan

Khasiat terong belanda juga dipercaya bisa menurunkan berat badan. Klaim ini berdasarkan pada kandungan asamnya yang dianggap mampu membantu mengurangi lemak di dalam tubuh.Untuk memaksimalkan manfaat terong belanda yang satu ini, imbangi dengan rutin berolahraga dan menjaga porsi makan Anda.

4.    Baik untuk kulit

Terong belanda manfaatnya juga bisa dirasakan oleh kulit. Buah ini dipercaya bisa menyehatkan kulit karena mengandung vitamin A, C, dan juga E.Selain itu, kandungan antosianin, fenol, dan flavonoid di dalamnya juga diyakini bisa menjaga kulit dari stres oksidatif dan polusi.

5.    Mengontrol tekanan darah tinggi

Terong belanda dianggap ampuh dalam mengontrol tekanan darah tinggi karena kandungan kaliumnya yang cukup tinggi.Sebuah studi yang dirilis dalam AHA Journals menyatakan, kalium memiliki peran penting dalam mengontrol tekanan darah.Berbagai percobaan menggunakan suplemen kalium menunjukkan bahwa mineral ini mampu menurunkan tekanan darah secara signifikan, terutama pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi. 

6.    Baik untuk jantung

Kalium yang dikandung terong belanda memiliki segudang manfaat, terutama untuk kesehatan jantung.Kalim mampu menyeimbangkan efek berbahaya dari kadar natrium tinggi di jantung. Terong belandajuga mengandung magnesium yang baik untuk sistem kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).Ditambah lagi, antioksidan yang dikandung terong belanda dipercaya mampu mengurangi stres okisdatif yang dapat menyebabkan stroke.

7.    Baik untuk mata

Manfaat buah terong belanda juga baik untuk mata. Vitamin A yang dimiliki buah ini mampu mengembalikan kelembapan dari selaput mata yang bertugas melindungi mata dari bakteri dan virus.Selaput ini juga menjaga indra penglihatan dari infeksi dan menurunkan risiko penyakit mata, mulai dari katarak hingga degenerasi makula.

8.    Mencegah kanker

Manfaat buah terong belanda dalam mencegah kanker berasal dari kandungan antiosianinnya. Kandungan ini termasuk antioksidan kuat yang mampu membantu tubuh dalam memerangi radikal bebas penyebab kanker.

9.    Memperkuat sistem imun

Anda membutuhkan vitamin C untuk membantu memperkuat sistem imun. Kabar baiknya, terong belanda mengandung vitamin C yang cukup tinggi.Mengonsumsi vitamin C secara rutin juga bisa memperkuat dan menjaga sel imun yang bertugas melawan infeksi di dalam tubuh.

10.  Menyehatkan sistem pencernaan

Terong belanda dipercaya bisa menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah diare beserta perut kembung. Manfaat ini berasal dari kandungan seratnya yang baik untuk sistem pencernaan.Tidak hanya itu, mengonsumsi terong belanda secara rutin juga bisa membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik.Terong belanda bahkan diyakini mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus dan menghilangkan bakteri jahat secara efektif.

11.  Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang dimiliki terong belanda dipercaya dapat mencegah anemia. Sebab, zat besi dapat merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh.Anemia dapat menyebabkan Anda merasa lemah lesu dan pusing. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi secara rutin seperti terong belanda.

Cara mengonsumsi terong belanda

Berikut adalah cara untuk mengonsumsi terong belanda yang bisa Anda lakukan.
  • Terong belanda mentah

Jika Anda ingin melahapnya dalam keadaan mentah, sebaiknya cuci bersih buah ini terlebih dahulu.Setelah itu, belah terong belanda menjadi dua bagian. Anda juga dapat menaburkan sedikit gula di bagian dagingnya.Anda dapat menggigitnya langsung atau menggunakan sendok untuk mengambil daging buahnya. Namun, jangan memakan kulitnya karena rasanya pahit.
  • Jus terong belanda

Terong belanda juga bisa dijadikan jus. Sebelum kamu memasukan terong belanda ke dalam blender, potonglah dagingnya menjadi bagian kecil dan kupas kulitnya. Anda juga bisa menambahkan es batu untuk menambah kesegarannya.Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, jangan ragu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh di App Store atau Google Play sekarang juga.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Nutrition and You. https://www.nutrition-and-you.com/tamarillo.html
Diakses pada 29 Juni 2021
Natural Food Diaries. https://www.naturalfoodseries.com/11-health-benefits-tamarillo/
Diakses pada 29 Juni 2021
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/health-benefits-of-tamarillo/
Diakses pada 29 Juni 2021
AHA Journals. https://www.ahajournals.org/doi/full/10.1161/01.HYP.0000158264.36590.19#:~:text=Much%20evidence%20suggests%20that%20potassium,role%20in%20regulating%20blood%20pressure.&text=Clinical%20trials%20of%20potassium%20supplementation,individuals%20with%20high%20blood%20pressure.
Diakses pada 29 Juni 2021
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/484944-how-to-eat-a-tamarillo/
Diakses pada 29 Juni 2021
NZ Herald. https://www.nzherald.co.nz/eatwell/recipes/tamarillo-juice/ZA4NB7XBHFOAYPJLJ4YO26HW3Y/
Diakses pada 29 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait