Manfaat Terapi Gestalt untuk Kesehatan Mental, Bagaimana Cara Kerjanya?


Terapi gestalt membantu seseorang lebih fokus dengan kehidupan sekarang. Terapi ini menawarkan banyak manfaat jangka panjang yang baik untuk pikiran, emosi, tubuh, dan jiwa seseorang.

0,0
Terapi gestalt membantu seseorang untuk lebih fokus dengan kehidupan sekarangTerapi gestalt dapat membantu meningkatkan kesadaran dan kepercayaan diri
Terapi gestalt adalah bentuk psikoterapi yang bertujuan untuk membantu seseorang lebih fokus dengan kehidupan sekarang daripada pengalaman masa lalu. Terapi yang dikembangkan pada tahun 1940 ini berpusat pada peningkatan kesadaran, kebebasan, dan pengarahan diri. Lantas, bagaimanakah cara kerjanya? Lalu, kondisi apa yang bisa ditangani dengan terapi ini? 

Beragam manfaat terapi gestalt

Terapi gestalt memberikan beragam manfaat jangka panjang bagi pikiran, emosi, tubuh, dan jiwa seseorang. Sejumlah manfaat yang bisa didapatkan melalui terapi ini, di antaranya:
  • Peningkatan kesadaran diri
  • Peningkatan kepercayaan diri
  • Peningkatan pemahaman emosional
  • Peningkatan kemampuan toleransi terhadap emosi negatif
  • Peningkatan kemampuan untuk mengendalikan diri dengan baik
  • Peningkatan kemampuan untuk memantau dan mengatur kondisi mental
  • Peningkatan kemampuan untuk menerima dan berdamai dengan masa lalu
  • Peningkatan kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi situasi yang memicu stres
  • Peningkatan kemampuan untuk bertanggungjawab, mau mengakui kesalahan, serta perilaku tidak menyalahkan diri sendiri maupun orang lain

Bagaimana cara kerja terapi gestalt?

Dalam terapi ini, ahli psikologi akan membantu Anda dengan cara berkonsentrasi pada apa yang terjadi saat ini, bukan masa lalu. Anda juga akan diajak untuk lebih fokus pada empati dan penerimaan diri tanpa syarat.Peningkatan kesadaran diri dan pemahaman yang jelas tentang pikiran, emosi, serta perilaku dalam terapi ini membuat Anda menjadi lebih mampu untuk mengembangkan perspektif baru. Perspektif baru tersebut membantu membawa perubahan positif ke dalam hidup.Terapi gestalt dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Selain itu, ada beberapa teknik yang mungkin akan diterapkan dalam terapi ini, antara lain:

1. Perubahan paradoks

Teknik mengubah paradoks ini membantu mengembangkan kemampuan penerimaan diri yang lebih baik. Berdamai dengan diri sendiri menghasilkan perasaan dan suasana hati yang lebih positif. Dengan begitu, Anda lebih bisa menjalani kehidupan sekarang dengan baik

2. Di sini dan sekarang

Melalui teknik ini, Anda akan belajar bagaimana pengalaman di masa lalu bisa memengaruhi pemikiran dan perilaku saat ini. Cara ini memungkinkan Anda untuk menghargai pengalaman masa lalu dan melepaskannya untuk melangkah lebih baik lagi.Setelah itu, Anda juga akan diajak fokus pada kehidupan sekarang. Tak hanya membantu dalam menjalani kehidupan sekarang, melainkan juga membuat perubahan positif di masa depan.

3. Kursi kosong

Sama seperti namanya, teknik ini mengharuskan Anda untuk berbicara dengan kursi kosong. Lewat teknik ini, Anda dapat membayangkan tengah mengobrol dengan orang yang sedang ingin diajak berbicara. Pengalaman terapeutik yang diperoleh dari teknik ini bermanfaat untuk mendukung proses penyembuhan.

4. Teknik mendramatisasi

Dalam terapi ini, Anda akan diminta untuk mendramatisasi atau melebih-lebihkan emosi maupun perilaku tertentu. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi akar masalah dan mencari tahu bagaimana cara untuk mengatasinya.

Masalah yang bisa diatasi dengan terapi gestalt

Beragam masalah dapat diatasi dengan terapi gestalt. Tak hanya masalah kesehatan mental, terapi ini juga dapat dipakai untuk membantu mengidentifikasi sekaligus mengatasi masalah dalam hubungan.Berikut sejumlah kondisi yang dapat dibantu melalui terapi gestalt:
  • Kecemasan

Terapi ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi perasaan, pikiran, dan perilaku yang dapat memicu kecemasan. Selain mengidentifikasinya, Anda juga akan diajarkan cara untuk mengatasinya.
  • Gangguan perilaku

Melalui terapi ini, orang dengan gangguan perilaku seperti bipolar, pengguna narkoba, dan penderita PTSD dapat mengembangkan pandangan baru soal kehidupan. Dengan begitu, terapi ini diharapkan memberi pengaruh positif terhadap gaya hidup mereka.
  • Depresi

Terapi gestalt membantu mengurangi risiko kemunculan gejala depresi. Berfokus pada kesadaran diri, penderita depresi diajak untuk menyadari dan mengatasi kemungkinan situasi stres yang dapat menjadi pemicu gejala. 
  • Masalah dalam hubungan

Lewat terapi ini, Anda dan pasangan akan dibantu mencari tahu apa saja perilaku yang memberi dampak negatif terhadap hubungan. Setelah mendapatkan pemicunya, Anda dan pasangan akan diajak untuk saling berupaya membuat perubahan positif di dalam hubungan. 

Catatan dari SehatQ

Terapi gestalt adalah bentuk psikoterapi yang bertujuan untuk membantu seseorang lebih fokus dengan kehidupan sekarang. Terapi ini dapat membantu mengatasi masalah kesehatan mental mulai dari kecemasan, depresi, hingga gangguan perilaku, serta memperbaiki hubungan Anda dengan pasangan.Untuk berdiskusi lebih lanjut soal terapi ini dan kegunaannya, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
mengatasi depresigangguan kecemasanpsikoterapi
WebMD. https://www.webmd.com/mental-health/what-is-gestalt-therapy
Diakses pada 26 Mei 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-gestalt-therapy-4584583
Diakses pada 26 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait