Manfaat Tepung Almond dan Kandungan Nutrisinya yang Menyehatkan

(0)
03 Sep 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Tepung almond terbuat dari almond yang digiling dan disaringTepung almond bertekstur halus dengan rasa yang sedikit manis
Tepung almond memang tak sepopuler tepung terigu atau tepung maizena. Tepung almond adalah tepung yang terbuat dari kacang almond bubuk. Pada proses pembuatannya, almond terlebih dahulu direbus dalam air mendidih untuk dihilangkan kulitnya. Lalu, almond pun digiling dan disaring menjadi tepung halus dengan rasa yang sedikit lebih manis. Tepung ini rendah karbohidrat dan memiliki beragam nutrisi. Atas dasar inilah, ada sejumlah manfaat tepung almond untuk kesehatan. 

Nutrisi tepung almond

Tepung almond dikenal memiliki banyak nutrisi. Tepung ini kaya akan vitamin E dan magnesium yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Vitamin E dalam tepung almond bertindak sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Sementara, magnesium dibutuhkan dalam banyak proses pada tubuh Anda. Sejumlah nutrisi yang terkandung dalam satu takaran saji (28 gram) tepung almond, yaitu:
  • 163 kalori
  • 14,2 gram lemak
  • 6,1 gram protein
  • 5,6 gram karbohidrat
  • 3 gram serat makanan
  • 35 persen vitamin E dari kebutuhan harian yang direkomendasikan
  • 31 persen mangan dari kebutuhan harian yang direkomendasikan
  • 19 persen magnesium dari kebutuhan harian yang direkomendasikan
  • 16 persen tembaga dari kebutuhan harian yang direkomendasikan
  • 13 persen fosfor dari kebutuhan harian yang direkomendasikan
Berkat beragam nutrisi inilah, manfaat tepung almond untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Manfaat tepung almond untuk kesehatan

Berikut beberapa manfaat tepung almond untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan:
  • Mengendalikan gula darah

Tepung almond rendah karbohidrat, tetapi tinggi lemak sehat dan serat. Sifat ini membuatnya digolongkan dalam asupan berindeks glikemik rendah karena tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan setelah dikonsumsi. Tak hanya itu, magnesium yang terkandung dalam tepung almond juga memainkan peran penting dalam mengendalikan gula darah. Diperkirakan bahwa 25-38 persen penderita diabetes tipe-2 mengalami kekurangan magnesium. Kondisi tersebut dapat diperbaiki melalui makanan atau suplemen untuk mengurangi gula darah secara signifikan dan meningkatkan insulin.
  • Bebas gluten

Orang yang menderita penyakit Celiac atau intoleransi gandum tidak dapat mengonsumsi makanan yang mengandung gluten karena tubuhnya menganggap sebagai zat yang berbahaya. Hal ini menyebabkan terciptanya respons sistem imun untuk menghilangkan gluten dari tubuh. Respons tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada usus dan menimbulkan gejala tertentu, seperti kembung, diare, ruam kulit, kelelahan, dan penurunan berat badan. Untungnya, tepung almond bebas dari gandum dan gluten sehingga bisa jadi pilihan yang baik bagi penderita penyakit Celiac atau intoleransi gandum. 
  • Menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi

Banyak penelitian menunjukkan bahwa almond dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Analisis dari 5 penelitian yang melibatkan 142 orang menemukan bahwa peserta yang makan lebih banyak almond rata-rata mengalami penurunan 5,7 mg/dL kolesterol LDL. Meski begitu, hal tersebut juga mungkin dipengaruhi oleh faktor lain.Di sisi lain, kandungan magnesium yang tinggi dalam tepung almond dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang dikaitkan dengan kekurangan magnesium. Sayangnya, masih diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal ini karena beberapa penelitian sebelumnya memiliki hasil yang tidak konsisten.Anda dapat menggunakan tepung almond untuk membuat roti, pancake, dan kue-kue. Meski memiliki beragam nutrisi dan manfaat bagi kesehatan, tepung almond juga bisa memicu terjadinya alergi. Reaksi alergi yang mungkin timbul, antara lain ruam, gatal-gatal, batuk, pusing, mual, atau sesak napas. Kondisi ini bahkan dapat mengakibatkan anafilaksis (reaksi alergi parah) yang mengancam jiwa. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi tepung ini, pastikan keamanan kondisi Anda terlebih dahulu. Jika timbul reaksi alergi, hentikan konsumsi makanan dari tepung almond dan segera periksakan diri ke dokter.
nutrisikolesterolgula darahvitamin ehidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/almond-flour#TOC_TITLE_HDR_7
Diakses pada 21 Agustus 2020
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/almond-flour-or-meal-how-to-use-it-and-where-to-get-it-2242292
Diakses pada 21 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait