7 Manfaat Temulawak untuk Wajah yang Sayang Dilewatkan


Manfaat temulawak untuk wajah dipercaya dapat mencegah munculnya jerawat, membantu mengatasi jerawat, mencerahkan wajah, hingga meremajakan kulit.

(0)
10 Jun 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat temulawak untuk wajah dapat membantu menyamarkan bekas jerawatTemulawak dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk wajah
Temulawak kerap dijadikan sebagai salah satu minuman jamu tradisional. Bukan hanya untuk kesehatan, disinyalir ada sederet manfaat temulawak untuk wajah. Bahan alami ini dapat dijadikan sebagai masker wajah yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah.Temulawak berasal dari famili Zingiberaceae atau temu-temuan. Kandungan utama tanaman ini, yaitu kurkumin. Selain itu, temulawak juga memiliki sifat anti-peradangan, antioksidan, dan antimikroba yang baik.

Manfaat temulawak untuk wajah

Khasiat temulawak untuk wajah bisa Anda peroleh dari penggunaan masker tanaman ini. Adapun manfaat temulawak untuk wajah, di antaranya:

1. Mencegah munculnya jerawat

Jerawat menjadi musuh sejuta umat karena bisa mengganggu penampilan wajah. Hal tersebut dapat terjadi akibat hormon, polusi, hingga riasan wajah yang kurang bersih saat dibersihkan. Namun tenang, manfaat temulawak untuk wajah salah satunya dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Sebab, tanaman ini memiliki astringent yang bisa mengecilkan pori-pori kulit sehingga secara tidak langsung akan mencegah jerawat muncul di permukaan kulit.  Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian dalam Jurnal Phytoter Research mengenai efektifitas temulawak terhadap jerawat.

2. Membantu mengatasi jerawat

wajah berjerawat
Kurkumin dalam temulawak membantu meredakan peradangan jerawat
Bukan hanya mencegah jerawat muncul, khasiat temulawak untuk wajah juga ternyata bisa membantu mengatasi permasalah kulit tersebut. Kandungan kurkumin di dalamnya memiliki sifat anti-peradangan sehingga dapat meredakan peradangan jerawat dan membuatnya lebih cepat kering.Selain itu, sifat antimikroba pada temulawak juga dapat membantu mengatasi jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat melakukan perawatan wajah dengan menggunakan masker temulawak.

3. Mencerahkan wajah

Menumpuknya kotoran dan sel kulit mati bisa membuat wajah menjadi kusam. Ditambah lagi, aktivitas di luar ruangan membuat polusi udara menempel di kulit. Namun, menggunakan masker temulawak dapat membantu mencerahkan kulitManfaat temulawak untuk wajah ini diperoleh dari kandungan kurkumin yang ada di dalamnya. Sebagai pencerah, kurkumin pada temulawak juga bisa mengurangi munculnya lingkaran hitam di mata Anda.

4. Menyamarkan noda hitam

Manfaat temulawak untuk wajah berikutnya adalah membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Karena dapat memberikan efek mencerahkan kulit seperti yang dijelaskan pada suatu penelitian yang diterbitkan pada Jurnal Procedia Chemistry dimana temulawak memiliki whitening effect untuk kulit.Untuk mengurangi permasalahan tersebut, kamu bisa menggunakan masker temulawak. Pilihlah temulawak yang sudah menjadi bubuk untuk dijadikan masker agar lebih mudah digunakan.

5. Melindungi kulit dari sinar UV

paparan sinar UV
Temulawak membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV
Paparan sinar UV yang terlalu sering atau berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, bahkan mempercepat penuaan akibat radikal bebas. Namun, sifat antioksidan yang luar biasa pada temulawak dapat melindungi kulit dari kerusakan itu.Selain itu, antioksidan juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan mengurangi garis halus maupun kerutan di wajah. Penelitian dalam Jurnal Phytoter Research menyatakan bahwa temulawak adalah berpotensi untuk pencegahan dan pengobatan penuaan kulit.

6. Mempercepat penyembuhan pada kulit yang terluka

Temulawak juga telah terbukti memiliki efek menguntungkan sebagai zat yang membantu penyembuhan luka dengan menginduksi transformasi faktor pertumbuhan-beta, yang menginduksi perbaikan luka.

7. Meremajakan kulit

Menggunakan masker temulawak juga dapat mempercepat proses pengangkat sel kulit mati. Pengelupasan kulit yang terjadi merupakan tanda tergantinya sel kulit lama dengan sel kulit baru.Namun, Anda harus berhati-hati bila setelah penggunaan masker muncul reaksi tak biasa, seperti kulit yang mengelupas terlalu banyak atau kemerahan pada kulit. Sebab mungkin saja menandakan adanya alergi. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dalam Molecular Basis of Nutrition and Aging yang menyebutkan bahwa temulawak tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa, namun juga sebagai kosmetik terutama untuk membantu meremajakan kulit.

Cara membuat masker temulawak

Untuk memperoleh manfaat temulawak untuk wajah, Anda bisa membeli masker temulawak yang dijual di pasaran. Namun, pastikan produk tersebut aman dan nyaman digunakan. Selain itu, Anda juga bisa membuat masker ini sendiri.Caranya pun tidaklah sulit, bahkan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Berikut cara membuat masker temulawak yang bisa Anda lakukan:
  • Siapkan sejumput bubuk temulawak, satu butir telur, dan 1 sendok teh minyak zaitun.
  • Campurkan bubuk temulawak dengan kuning telur.
  • Aduk sebentar, kemudian tambahkan minyak zaitun.
  • Aduk kembali hingga semuanya tercampur dan membentuk pasta.
  • Masker temulawak pun siap digunakan.
Sebelum mengaplikasikan masker, pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih. Lalu, oleskan masker pada wajah secara merata menggunakan kuas. Biarkan mengering selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat hingga benar-benar bersih. Mudah bukan?Jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut seputar manfaat temulawak untuk wajah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikanmasker wajahperawatan wajah
Pustaka Unpad. http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2015/09/06-temulawak_botany.pdf
Diakses pada 27 Mei 2021
Health Benefit Times. https://www.healthbenefitstimes.com/javanese-turmeric/
Diakses pada 27 Mei 2021
Pubmed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27213821/
Diakses pada 27 Mei 2021
Pubmed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19277961/
Diakses pada 27 Mei 2021
Pubmed. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17569219/
Diakses pada 27 Mei 2021
Pubmed. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780128018163000352
Diakses pada 27 Mei 2021
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/273790174_Flower_Bracts_of_Temulawak_Curcuma_Xanthorrhiza_for_Skin_Care_Anti-acne_and_Whitening_Agents
Diakses pada 27 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait