Sebagai sumber protein, manfaat telur puyuh tak kalah dari telur ayam
Telur populer di Indonesia sebagai pelengkap hidangan sup maupun bubur ayam.

Telur puyuh sering dijadikan bahan campuran dalam sop, dibuat sate telur puyuh, maupun sebagai jajanan anak sekolah. Dalam ukurannya yang mungil, manfaat telur puyuh ternyata tidak jauh berbeda dengan telur ayam

Nutrisi dalam telur puyuh

Telur puyuh mengandung banyak ragam vitamin dan mineral, serta tinggi kolesterol. Dalam lima butir telur puyuh yang kira-kira setara dengan satu butir telur ayam, Anda bisa memperoleh kandungan nutrisi berikut:

  • Vitamin B2 (riboflavin): 23% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B5 (pantothenic acid): 9% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B12 (kobalamin): 9% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin B9 (folat): 8% dari kebutuhan harian.
  • Vitamin A: 5,5% dari kebutuhan harian.
  • Selenium: 23% dari kebutuhan harian.
  • Fosfor: 12,5% dari kebutuhan harian.
  • Zat besi: 10% dari kebutuhan harian.
  • Zinc: 5% dari kebutuhan harian.

Tak hanya itu, seporsi sajian telur puyuh juga menawarkan sedikit vitamin B1, B3, B6, dan E, serta mineral lain berupa kalsium, magnesium, potasium, dan mangan. Sedangkan asam lemak omega-3 dan omega-6 di dalamnya bisa memenuhi 13% dari kebutuhan harian Anda. 

Manfaat kesehatan telur puyuh

Berkat kandungan nutrisinya, telur puyuh sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Menurut hasil riset yang dimuat dalam International Journal of Scientific and Research Publication, mengonsumsi telur puyuh dapat membantu dalam menjaga fungsi organ-organ tubuh dan mencegah penyakit. Mari simak penjelasannya:

    1. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A termasuk vitamin yang cukup banyak terkandung dalam telur puyuh. Salah satu fungsi vitamin ini adalah sebagai antioksidan yang melindungi mata dari kerusakan serta menjaga kemampuan penglihatan agar tetap normal.

    2. Menjaga fungsi otak

Kandungan vitamin dalam telur puyuh membantu proses neurogenesis, menjaga fungsi saraf, dan plastisitas otak. Konsumsi telur puyuh dengan segala kandungan nutrisinya juga bisa membantu dalam menjaga fungsi kognitif pada orang dewasa.

    3. Sumber protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk membangun otot dan sel tubuh. Kandungan protein dalam satu porsi sajian telur puyuh tidak jauh berbeda dengan satu butir telur ayam. Karena itu, telur puyuh bisa menjadi alternatif sumber protein yang cukup baik.

    4. Melindungi kesehatan hati

Telur puyuh dipercaya mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan organ hati. Manfaat telur puyuh ini konon muncul karena dapat menstabilkan kadar transaminase ALP, ALT, dan TP, serta mengurangi degenerasi jaringan organ hati.

Harap diingat bahwa manfaat telur puyuh tersebut masih memerlukan penelitian yang lebih luas agar terbukti secara akurat.

Telur puyuh juga termasuk makanan tinggi kolesterol. Suatu penelitian menyatakan bahwa kadar kolesterol di bagian kuning pada telur puyuh lebih tinggi dari bagian kuning pada telur ayam. 

Karena itu, konsumsinya mesti dibatasi. Usahakan agar Anda tidak mengonsumsi telur puyuh tidak lebih dari lima butir dalam sehari. Semua yang berlebihan tentu tidak baik, bukan?

Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, Anda pun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. Dengan ini, Anda bisa mengetahui apakah konsumsi telur puyuh memang baik untuk kesehatan Anda.

Live Strong. https://www.livestrong.com/article/337189-quail-egg-nutrition/
Diakses pada 29 Oktober 2019

Health Site. https://www.thehealthsite.com/fitness/diet/nutritious-reasons-why-you-should-eat-quail-eggs-k0817-516869/
Diakses pada 29 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed