Mengenal Bahaya dan Manfaat Telur Bebek Mentah

Manfaat telur bebek mentah antara lain untuk mengikat adonan kue.
Manfaat telur bebek mentah antara lain sebagai campuran minuman tradisional.

Anda mungkin selama ini mengenal telur bebek mentah sebagai bahan pembuat martabak telur maupun kerak telur. Namun ternyata, manfaat telur bebek mentah lebih dari itu. Masyarakat Indonesia percaya, mengonsumsi telur bebek mentah mampu meningkatkan vitalitas dan menjaga stamina sepanjang hari. Benarkah demikian?

Manfaat telur bebek mentah, apa saja?

Ketimbang dimasak secara matang, kandungan nutrisi, mineral, lemak baik dan antioksidan di dalam telur bebek mentah lebih terjaga. Memasak telur bebek berisiko mengurangi kadar vitamin A, B5 serta kalium.

Oleh karena itu, masyarakat pun tak jarang mengonsumsi telur bebek mentah langsung. Sejauh mana manfaat telur bebek mentah?

1. Mengikat adonan

Manfaat telur bebek mentah yang pertama yaitu untuk mengikat adonan kue, roti, krim maupun saus. Sejak dahulu, telur bebek mentah digunakan untuk membuat adonan menjadi lebih lembut, kental dan mengembang.

2. Sebagai campuran minuman

Telur bebek mentah juga digunakan dalam campuran minuman, seperti campuran susu, telur,madu dan jahe (STMJ), teh talua khas Sumatra Barat hingga sekoteng.

Karena kandungan vitaminnya yang masih terjaga, campuran minuman dengan telur bebek mentah kerap dimanfaatkan binaragawan untuk pembentukan otot dan menambah stamina.

Ini komponen penting dalam telur bebek mentah

Dibandingkan telur ayam, telur bebek memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Telur bebek juga mengandung protein, lemak, antioksidan, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin D, folat, selenium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan mangan. Multivitamin dan mineral tersebut memiliki segudang khasiat bagi kesehatan.

  • Protein

    Telur bebek mengandung 9 gram protein. Komponen penting ini berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh seperti kulit, darah, tulang dan otot.
    Selain itu, protein juga berfungsi untuk memproduksi enzim dan hormon penting yang dibutuhkan tubuh. Karena kandungan proteinnya yang kaya, mengonsumsi telur bebek juga dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama ketimbang mengonsumsi telur ayam.
  • Vitamin A

    Selain protein, telur bebek mengandung 472 IU vitamin A. Komponen yang satu ini berfungsi dalam menjaga kesehatan mata, menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh serta menyehatkan gigi dan tulang.
  • Vitamin E

    Komponen lain yang tak kalah penting terkandung dalam telur bebek yaitu vitamin E. Telur bebek mengandung sekitar 0,9 miligram vitamin E.
    Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu proses metabolisme.
  • Vitamin B Kompleks

    Kandungan vitamin B kompleks di dalam telur bebek berperan dalam menjaga kesehatan otak, menjaga daya ingat serta menurunkan risiko alzheimer. Vitamin B kompleks juga berperan membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit.
  • Mineral

    Telur bebek yang kaya mineral, mengandung 100 miligram sodium, 154 miligram fosfor, 44,8 miligram kalsium, 155,4 miligram kalium, serta 2,7 miligram zat besi.
    Secara umum, kandungan mineral yang sangat diperlukan tubuh ini berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, serta berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, menjaga keseimbangan asam-basa tubuh dan membantu kerja sistem saraf serta otot.

Hati-hati, ini bahaya telur bebek mentah

Meski memiliki sejumlah manfaat, telur bebek mentah juga dapat membahayakan kesehatan. Telur bebek mentah yang mengandung 600 miligram kolesterol, dapat memicu gangguan kesehatan akibat kolesterol tinggi. Lantas, apa saja risiko mengonsumsi telur bebek mentah?

1. Tinggi kolesterol

Mengonsumsi telur bebek mentah dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Sebutir telur bebek mengandung 619 miligram kolesterol. Kadar ini dua kali lipat dari jumlah kolesterol yang direkomendasikan. Mengonsumsi telur bebek mentah dapat meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit arteri perifer.

2. Mengganggu penyerapan biotin

Biotin merupakan vitamin B7 yang larut dalam air. Komponen ini banyak ditemukan dalam kuning telur. Biotin berfungsi membantu proses metabolisme dan pencernaan gula dalam darah. Bagi ibu hamil, kandungan biotin begitu penting untuk pertumbuhan janin.

Sayangnya, putih telur bebek mentah dapat mengganggu proses penyerapan biotin oleh tubuh. Putih telur bebek mentah mengandung protein bernama avidin yang akan menjebak biotin.

Tubuh tidak dapat mencerna dan mengurai biotin dengan baik. Sehingga, khasiat biotin tidak dapat diperoleh dari telur bebek mentah. Untuk dapat memperoleh khasiat biotin, telur bebek harus dimasak secara matang, karena Avidin hanya akan hancur ketika dipanaskan.

3. Protein tidak terserap maksimal

Sejumlah riset mengungkapkan bahwa tubuh manusia dapat menyerap protein secara maksimal di dalam telur, yang sudah dimasak secara matang.

Protein dalam telur bebek yang telah dimasak secara matang dapat diserap sebanyak 90% oleh tubuh. Sementara itu, protein di dalam telur bebek mentah hanya dapat diserap sebanyak 50%.

4. Infeksi bakteri Salmonella

Bahaya telur bebek mentah selanjutnya yaitu risiko terinfeksi bakteri Salmonella. Bakteri ini dapat ditemukan pada produk hewani seperti susu, telur dan daging yang tidak dimasak secara matang.

Bakteri Salmonella di dalam telur bebek mentah dapat menginfeksi dan menyerang tubuh manusia. Gejalanya berupa dehidrasi, mual, kram perut, diare, sakit kepala dan demam.

Catatan dari SehatQ:

Meski manfaat telur bebek mentah mungkin terdengar menggiurkan, ada baiknya Anda mengonsumsi yang sudah matang, untuk menghindari risiko seperti infeksi dan keracunan. Apabila Anda mengalami gangguan kesehatan tersebut setelah mengonsumsi telur bebek mentah, berkonsultasilah dengan dokter secepatnya.

Livestrong.
https://www.livestrong.com/article/424299-what-are-the-benefits-of-duck-eggs/
Diakses pada 22 Maret 2020

Livestrong.
https://www.livestrong.com/article/338071-the-nutritional-value-of-duck-eggs/
Diakses pada 22 Maret 2020

Healthline.
https://www.healthline.com/nutrition/eating-raw-eggs
Diakses pada 22 Maret 2020

Harvard.
https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/precious-metals-and-other-important-minerals-for-health
Diakses pada 22 Maret 2020

WebMD.
https://www.webmd.com/food-recipes/food-poisoning/what-is-salmonella#1
Diakses pada 22 Maret 2020

Artikel Terkait