logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Mengenal Bahaya dan Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan, Serta Kandungan Gizinya

open-summary

Manfaat telur bebek untuk kesehatan sangat banyak, mulai dari meningkatkan stamina tubuh hingga mencegah penyakit jantung. Meski kandungan gizinya tinggi, namun mengonsumsi telur bebek mentah dapat membahayakan kesehatan.


close-summary

3.48

(31)

23 Mar 2020

| Aditya Prasanda

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat telur bebek mentah antara lain untuk mengikat adonan kue.

Manfaat telur bebek mentah antara lain sebagai campuran minuman tradisional.

Table of Content

  • Manfaat telur bebek untuk kesehatan
  • Kandungan telur bebek yang tinggi nutrisi
  • Risiko bahaya mengonsumsi telur bebek mentah
  • Perbedaan telur bebek dengan telur ayam
  • Catatan dari SehatQ

Anda mungkin selama ini mengenal telur bebek mentah sebagai bahan pembuat martabak telur maupun kerak telur. Namun ternyata, manfaat telur bebek lebih dari itu. Bahkan, masyarakat Indonesia percaya, mengonsumsi telur bebek mentah mampu meningkatkan vitalitas dan menjaga stamina sepanjang hari. Benarkah demikian?

Advertisement

Baca Juga

  • Nikmati 13 Kandungan Telur, Super Food yang Padat Nutrisi
  • Jangan Sia-Siakan, Ini 9 Makanan yang Meningkatkan Metabolisme Tubuh
  • Mengenal Food Waste dan Cara Tepat Menghentikannya

Manfaat telur bebek untuk kesehatan

Ketimbang dimasak secara matang, kandungan nutrisi, mineral, lemak baik dan antioksidan di dalam telur bebek mentah lebih terjaga. Memasak telur bebek berisiko mengurangi kadar vitamin A, B5 serta kalium.

Oleh karena itu, masyarakat pun tak jarang mengonsumsi telur bebek mentah secara langsung. Berikut sejumlah manfaat telur bebek untuk kesehatan:

1. Mengikat adonan

Khasiat telur bebek mentah yang pertama yaitu untuk mengikat adonan kue, roti, krim maupun saus. Sejak dahulu, telur bebek mentah digunakan untuk membuat adonan menjadi lebih lembut, kental dan mengembang.

2. Sebagai campuran minuman

Telur bebek mentah juga digunakan dalam campuran minuman, seperti campuran susu, telur,madu dan jahe (STMJ), teh talua khas Sumatra Barat hingga sekoteng.

Karena kandungan vitaminnya yang masih terjaga, manfaat kuning telur bebek yang dijadikan campuran minuman dapat membantu pembentukan otot dan menambah stamina, sehingga kerap dimanfaatkan oleh binaragawan.

3. Meningkatkan kinerja otak

Telur bebek juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Salah satu kandungan telur bebek yang berperan dalam fungsi ini yakni, kolin.

Kolin berperan besar dalam reaksi biokimia pada otak yang juga bisa mempercepat pelepasan protein asetilkolin pada otak. Protein yang dilepaskan tersebut dikeluarkan untuk membantu otak menjalankan fungsi dasarnya, termasuk memori.

Selain itu, kandungan kolin pada telur bebek membuat makanan ini dapat membantu sel-sel saraf untuk bekerja lebih efektif.

4. Meningkatkan sel darah merah

Manfaat telur bebek ini datang dari vitamin B12 yang diperlukan untuk membentuk hemoglobin dan sintesis DNA di dalam tubuh yang juga menyehatkan sel darah merah.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan Anda mengalami gejala anemia, cepat pikun, memiliki keseimbangan tubuh yang buruk, serta sering kelelahan.

5. Menjaga kesehatan kandungan

Telur menjadi salah satu makanan yang sehat dikonsumsi selama hamil, termasuk telur bebek. Khasiat telur bebek untuk ibu hamil dikarenakan kandungan selenium di dalamnya.

Selenium dapat menormalkan metabolisme hormon di dalam tubuh dan memperbaiki DNA yang rusak sehingga rahim lebih sehat, begitu pula janin di dalam kandungan bila Anda sedang hamil.

6. Mencegah penyakit stroke dan kardiovaskular

Jumlah kolesterol pada kuning telur bebek memang tinggi, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa telur bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurut penelitian, asam oleat yang terkandung di dalam telur bebek diyakini dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Namun, Anda tetap perlu membatasi konsumsinya, karena kadar kolesterol telur bebek cukup tinggi.

7. Menjaga kesehatan kulit

Telur bebek juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang dipercaya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Penelitian menunjukkan, kandungan lutein dan zeaxanthin juga bisa membantu meratakan warna kulit, setelah diberikan selama 12 minggu. 

8. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin pada telur bebek rupanya bukan hanya dapat menjaga kulit tetap sehat, tapi juga berperan dalam memelihara kesehatan mata.

Lutein dan Zeaxanthin adalah antioksidan yang membantu melindungi mata dari berbagai penyakit, mulai dari katarak, hingga degenerasi makula.

Kedua kandungan tersebut juga mampu mengurangi risiko mata lelah akibat paparan blue light yang tidak baik untuk kesehatan. 

Baca juga: Mengenal Manfaat Daging Bebek untuk Kesehatan dan Bahayanya

Kandungan telur bebek yang tinggi nutrisi

Dibandingkan telur ayam, telur bebek memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi. Telur bebek juga mengandung protein, lemak, antioksidan, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin D, folat, selenium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan mangan. Multivitamin dan mineral tersebut memiliki segudang khasiat bagi kesehatan.

1. Protein

Telur bebek mengandung 9 gram protein. Protein telur bebek ini berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh seperti kulit, darah, tulang dan otot.

Selain itu, protein juga berfungsi untuk memproduksi enzim dan hormon penting yang dibutuhkan tubuh, serta meningkatkan kualitas sperma. Karena kandungan proteinnya yang kaya, mengonsumsi telur bebek juga dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama ketimbang mengonsumsi telur ayam.

2. Vitamin A

Selain protein, telur bebek mengandung 472 IU vitamin A. Komponen yang satu ini berfungsi dalam menjaga kesehatan mata, menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh serta menyehatkan gigi dan tulang.

3. Vitamin E

Komponen lain yang tak kalah penting terkandung dalam telur bebek yaitu vitamin E. Telur bebek mengandung sekitar 0,9 miligram vitamin E. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu proses metabolisme.

4. Vitamin B Kompleks

Kandungan gizi telur bebek yang tinggi vitamin B berperan dalam menjaga kesehatan otak, menjaga daya ingat serta menurunkan risiko alzheimer. Vitamin B kompleks juga berperan membantu pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit.

5. Mineral

Telur bebek yang kaya mineral, mengandung 100 miligram sodium, 154 miligram fosfor, 44,8 miligram kalsium, 155,4 miligram kalium, serta 2,7 miligram zat besi.

Secara umum, kandungan mineral yang sangat diperlukan tubuh ini berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, serta berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, menjaga keseimbangan asam-basa tubuh dan membantu kerja sistem saraf serta otot.

Baca juga: 4 Cara Membedakan Telur Busuk dan Telur Segar

Risiko bahaya mengonsumsi telur bebek mentah

Meski memiliki sejumlah manfaat, telur bebek mentah juga dapat membahayakan kesehatan. Telur bebek mentah yang mengandung 600 miligram kolesterol, dapat memicu gangguan kesehatan akibat kolesterol tinggi.

Lantas, apa saja risiko mengonsumsi telur bebek mentah?

1. Tinggi kolesterol

no caption
Mengonsumsi telur bebek mentah dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Sebutir telur bebek mengandung 619 miligram kolesterol. Kadar kolesterol telur bebek ini dua kali lipat dari jumlah kolesterol yang direkomendasikan.

Mengonsumsi telur bebek mentah dapat meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah seperti stroke, serangan jantung, penyakit jantung, dan penyakit arteri perifer. Apalagi mengonsumsi telur asin bisa meningkatkan kadar natrium yang memicu kolesterol.

2. Mengganggu penyerapan biotin

Biotin merupakan vitamin B7 yang larut dalam air. Komponen ini banyak ditemukan dalam kuning telur. Biotin berfungsi membantu proses metabolisme dan pencernaan gula dalam darah. Bagi ibu hamil, kandungan biotin begitu penting untuk pertumbuhan janin.

Sayangnya, putih telur bebek mentah dapat mengganggu proses penyerapan biotin oleh tubuh. Putih telur bebek mentah mengandung protein bernama avidin yang akan menjebak biotin.

Tubuh tidak dapat mencerna dan mengurai biotin dengan baik. Sehingga, khasiat biotin tidak dapat diperoleh dari telur bebek mentah. Untuk dapat memperoleh khasiat biotin, telur bebek harus dimasak secara matang, karena Avidin hanya akan hancur ketika dipanaskan.

3. Protein tidak terserap maksimal

Sejumlah riset mengungkapkan bahwa tubuh manusia dapat menyerap protein secara maksimal di dalam telur, yang sudah dimasak secara matang.

Protein dalam telur bebek yang telah dimasak secara matang dapat diserap sebanyak 90% oleh tubuh. Sementara itu, protein di dalam telur bebek mentah hanya dapat diserap sebanyak 50%.

4. Infeksi bakteri Salmonella

Salah satu bahaya telur bebek mentah selanjutnya yaitu risiko terinfeksi bakteri Salmonella. Bakteri ini dapat ditemukan pada produk hewani seperti susu, telur dan daging yang tidak dimasak secara matang.

Bakteri Salmonella di dalam telur bebek mentah dapat menginfeksi dan menyerang tubuh manusia. Gejalanya berupa dehidrasi, mual, kram perut, diare, sakit kepala dan demam.

Baca juga: Alergi Telur Umumnya Disebabkan Kandungan Gizi Ini

Perbedaan telur bebek dengan telur ayam

Jika dilihat dari struktur dan komposisinya, telur bebek tidak jauh berbeda dengan telur  dari unggas jenis lainnya, termasuk telur ayam.

Pada satu butir telur bebek terdapat air, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral dan memiliki komposisi telur berupa 12% cangkang, 52,6% putih telur, dan 35,4% kuning telur.

Hanya saja, karena telur bebek memang berukuran lebih besar dibanding telur ayam, maka kandungan nutrisi yang terdapat di dalam telur bebek juga berbeda.

Dibanding telur unggas lainnya yang biasa dikonsumsi manusia (telur ayam maupun telur burung puyuh), telur bebek lebih kaya akan mineral, vitamin B6, asam pantotenat, tiamin, vitamin A, vitamin E, niasin, dan vitamin B12

Namun, kandungan gizi tersebut bisa berubah karena dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama makanan, lingkungan, dan keturunan. Bebek yang sering diberi makan dengan pakan yang mengandung karoten akan menghasilkan kuning telur yang kaya akan vitamin A dan ditandai dengan warna kuning yang semakin mencolok.

Selain itu, faktor penyimpanan telur dan lamanya telur berada di luar ruangan setelah menetas juga sangat memengaruhi kualitas telur. Telur bebek segar akan menurun kualitasnya setelah disimpan lebih dari 14 hari pada suhu ruangan, serta bisa ditandai dengan konsistensi putih telur yang lebih encer.

Catatan dari SehatQ

Meski manfaat telur bebek mentah mungkin terdengar menggiurkan, ada baiknya Anda mengonsumsi yang sudah matang, untuk menghindari risiko seperti infeksi dan keracunan. Apabila Anda mengalami gangguan kesehatan tersebut setelah mengonsumsi telur bebek mentah, berkonsultasilah dengan dokter secepatnya.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar manfaat telur bebek, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

makanan sehattelurhidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved