7 Manfaat Telur Angsa yang Jarang Diketahui Banyak Orang

(0)
16 Jan 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak manfaat telur angsa yang perlu Anda ketahuiTelur angsa warnanya putih dan bentuknya agak besar
Jika dibandingkan dengan telur ayam atau bebek, telur angsa memang lebih jarang dikonsumsi. Padahal manfaat telur angsa sebetulnya cukup banyak. Telur yang berwarna putih ini ukurannya lebih besar dan berat ketimbang telur ayam dan bebek, dengan tinggi bisa mencapai hingga 113 mm, diameter hingga 74 mm, dan beratnya hingga 340 gram per butir.Untuk mendapatkan manfaat telur angsa, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara direbus atau digoreng. Telur ini juga kerap digunakan sebagai campuran bahan kue dan roti karena rasa dan aromanya yang lebih tajam dan berminyak jika dibandingkan telur ayam dan bebek.

Kandungan nutrisi telur angsa

Telur angsa mengandung vitamin dan mineral yang tergolong lengkap. Kandungan vitamin pada telur angsa adalah vitamin A, B, D, E, dan vitamin K. Telur ini juga mengandung folat dan kolin.Selain tinggi protein, telur angsa juga mengandung kalsium, zat besi, natrium, kalium, magnesium, fosfor, zinc, tembaga, mangan, dan selenium. Di samping itu, sebutir telur angsa dapat memasok kalori sebanyak 266,4 kkal, 19,1 gram lemak, dan memiliki 1.226,9 mg kolesterol.

Manfaat telur angsa

Dengan kandungan nutrisinya yang tinggi, tidak mengherankan jika manfaat telur angsa juga cukup banyak. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari telur ini.

1. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin dan mineral pada telur angsa bisa membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan mengonsumsi telur angsa rebus, Anda dapat meningkatkan sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit, tidak mudah lelah, serta merasa lebih bugar dan berenergi.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan fosfor pada telur angsa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kedua mineral tersebut juga dapat membantu mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dan membantu pertumbuhan tulang.

3. Baik untuk kesehatan dan kesuburan organ reproduksi

Tingginya kandungan asam folat dalam telur angsa sangat baik bagi kesehatan, khususnya untuk kesehatan dan kesuburan kandungan. Telur ini juga dapat membantu bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan.Pasalnya, telur angsa dipercaya dapat membantu merangsang dan mempercepat proses pembuahan. Tidak hanya bagi wanita, telur angsa juga dianggap bermanfaat dalam meningkatkan produksi dan kualitas sel sperma pria.

4. Sebagai nutrisi yang baik untuk kehamilan

Masih berhubungan dengan asam folat, nutrisi yang terkandung dalam telur angsa ini adalah salah satu nutrisi kehamilan yang sangat penting karena dapat membantu pertumbuhan otak janin dan mencegah cacat pada otak serta tulang belakang bayi.Asam folat juga bermanfaat untuk tumbuh kembang otak bayi, terutama saat masih dalam kandungan dan pada tiga tahun pertama kehidupannya.

5. Mencegah anemia

Telur angsa mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga dapat membantu mengatasi gejala anemia. Manfaat telur angsa ini berlaku pada anak-anak dan orang dewasa.

6. Masker kecantikan

Manfaat telur angsa yang berikutnya adalah untuk masker kecantikan. Putih telur angsa (albumin) dapat digunakan sebagai masker untuk membantu mencegah dan mengatasi jerawat. Sementara itu, kuning telurnya dianggap bermanfaat untuk menyehatkan rambut.

7. Sumber vitamin B2

Telur angsa merupakan sumber vitamin B2 (riboflavin) yang sangat menguntungkan bagi tubuh. Riboflavin mampu menjaga fungsi saraf, meningkatkan sistem imun, serta mencegah sariawan dan bibir pecah-pecah.Vitamin B2 juga memegang peranan penting dalam menyalurkan energi tubuh. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu memelihara kesehatan mata dan mencegah perkembangan penyakit katarak.Telur adalah salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi, termasuk telur angsa. Sebaiknya Anda hindari mengonsumsinya jika memiliki alergi telur.Selain itu, sebaiknya telur ini tidak dikonsumsi secara berlebihan meski manfaat telur angsa terbilang banyak. Kandungan lemak dan kolesterol pada telur angsa tergolong tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko hiperkolesterol dan obesitas.Jika Anda punya pertanyaan lain seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
makanan sehattelur
Dr Health Benefit. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/food/health-benefits-of-eating-goose-egg
Diakses 31 Desember 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/219561#
Diakses 31 Desember 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/goose-eggs
Diakses 31 Desember 2020
How to get rid. https://htgetrid.com/en/gusinye-yajca-polza-i-vred-dlya-zdorovya/
Diakses 31 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait