Manfaat Teknik Relaksasi Guided Imagery dan Cara Melakukannya dengan Benar


Guided imagery adalah teknik relakasasi untuk mengatasi stres dan kecemasan. Manfaat lain yang bisa diperoleh seperti mengurangi rasa nyeri, meredakan gejala depresi, dan meningkatkan kualitas tidur.

(0)
Guided imagery adalah teknik relaksasi untuk mengatasi stres dan kecemasanGuided imagery membantu mengatasi stres, mengurangi nyeri, hingga meredakan gejala depresi
Saat gejala stres dan kecemasan menyerang, tubuh dan pikiran seringkali terasa menjadi tidak karuan. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk mengatasi gejala kedua kondisi tersebut, salah satunya dengan menerapkan teknik guided imageryGuided imagery adalah teknik yang melibatkan visualisasi tempat dengan situasi tenang dan damai. Teknik ini dapat mengurangi gejala stres dan kecemasan, serta membantu agar tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks.

Apa itu guided imagery?

Guided imagery merupakan salah satu teknik relaksasi atau meditasi, yang mengharuskan Anda berkonsentrasi pada objek, suara, maupun pengalaman tertentu untuk menenangkan pikiran. Melalui teknik ini, Anda akan diajak untuk meredakan gejala stres serta kecemasan dengan memikirkan atau membayangkan tempat atau situasi yang damai.Ketika Anda memikirkan situasi yang membuat stres, tubuh dan pikiran akan menjadi tegang. Anda mungkin juga akan mengalami peningkatan detak jantung, merasa gelisah, hingga sulit untuk berkonsentrasi.Sebaliknya, apabila Anda memusatkan pikiran pada tempat atau situasi yang menyenangkan, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih tenang. Saat tubuh dan pikiran tenang, Anda akan lebih mudah untuk mengatasi stres secara fisik, mental, dan emosional.

Ragam manfaat guided imagery

Guided imagery adalah teknik relaksasi yang mempunyai beragam manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang didapatkan tidak hanya secara psikologis, melainkan juga baik untuk kesehatan fisik Anda.Sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari menerapkan teknik guided imagery adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi stres dan kecemasan

Seperti  yang telah disebutkan sebelumnya, guided imagery dapat membantu mengatasi stres dan kecemasan. Dalam studi yang dirilis tahun 2014 disebutkan bahwa menambahkan teknik ini pada perawatan wanita penderita fibromyalgia setiap hari selama periode 10 minggu dapat mengurangi stres lebih signifikan daripada pasien yang hanya melakukan perawatan biasa.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Stres dan kecemasan kerap membuat kualitas tidur berkurang. Menerapkan teknik ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Para peneliti mengatakan, hal ini terjadi karena meditasi kesadaran seperti guided imagery membuat tubuh bisa merespons stres dengan baik. Saat stres direspons dengan baik, Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk beristirahat.

3. Meredakan sakit atau nyeri

Guided imagery bisa membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri yang tengah Anda rasakan. Stres sendiri dapat memperburuk rasa sakit. Saat Anda berhasil mengelola stres dengan baik, nyeri yang dirasakan akan berkurang dengan sendirinya.Menurut sebuah studi di tahun 2017, teknik ini berhasil membantu mengelola rasa sakit pada pasien yang baru selesai menjalani bedah ortopedi. Studi lain pada tahun 2019 mengatakan bahwa penerapan guided imagery turut membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh anak-anak pascaoperasi.

4. Mengurangi gejala depresi

Teknik ini diketahui dapat membantu mengurangi gejala depresi. Dalam sebuah studi yang dirilis pada tahun 2019, menerapkan meditasi guided imagery secara rutin setiap hari selama 1 minggu dikaitkan dengan berkurangnya gejala depresi pada penderita kanker. Para peserta juga melaporkan bahwa kecemasan dan rasa sakit yang mereka derita juga turut berkurang.

Cara melakukan guided imagery dengan benar

Supaya memperoleh manfaat dari teknik guided imagery, Anda harus mengetahui bagaimana cara melakukannya dengan benar. Sebelum melakukan teknik ini untuk mengatasi stres dan kecemasan, Anda perlu mempersiapkan: 
  • Tempat yang sepi dan tenang
  • Tempat duduk atau berbaring yang nyaman, bisa kasur, sofa atau matras
  • Rekaman audio mengenai guided imagery (opsional, boleh iya boleh tidak)
Setelah semuanya siap, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:
  1. Duduk atau berbaring di tempat yang nyaman dan tenang
  2. Tutup mata, lalu terapkan teknik pernapasan dalam untuk bernapas
  3. Bayangkan tempat yang bisa memberi Anda ketenangan dan perasaan damai, misal hutan, pantai, padang rumput, atau pegunungan
  4. Bayangkan aroma, suara, dan sensasi berada di tempat yang bisa membuat Anda rileks tersebut
  5. Bayangkan Anda tengah menelusurinya, rasakan suara dan perhatikan juga detail di sekitarnya
  6. Nikmati situasi tersebut hingga perasaan menjadi lebih tenang dan damai, sambil terus menerapkan teknik pernapasan dalam
  7. Setelah 15 menit, buka mata Anda dan rasakan perbedaannya
Efektivitas teknik ini dalam meredakan stres dan kecemasan mungkin akan berbeda pada masing-masing orang. Jika kondisi Anda tidak kunjung membaik, segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapat tindak penanganan lanjutan.

Catatan dari SehatQ

Guided imagery adalah teknik relaksasi yang dapat membantu Anda dalam mengatasi stres dan kecemasan. Selain itu, teknik ini juga memiliki beragam manfaat lain seperti mengurangi rasa nyeri, meredakan gejala depresi, hingga  meningkatkan kualitas tidur.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait teknik ini dan cara melakukannya dengan benar, tanyakan langsung ke dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
mengatasi depresidepresistres
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327240
Diakses pada 20 Mei 2021
WebMD. https://www.webmd.com/mental-health/eating-disorders/what-is-arfid
Diakses pada 20 Mei 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait