Selain beraroma sedap, teh sereh juga punya manfaat yang "lezat".
Manfaat teh sereh lebih dari sekadar beraroma wangi.

Teh sereh dikenal memiliki aroma yang menenangkan hati dan pikiran. Saat diminum, ternyata teh sereh memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Sereh atau serai, yang dikenal dengan sebutan citronella, adalah tumbuhan bertubuh panjang yang memiliki aroma buah-buahan sitrus. Selain digunakan untuk memasak, sereh juga sering dijadikan teh. Sebelum mencobanya, kenalilah berbagai manfaat teh sereh untuk kesehatan beserta penjelasan ilmiahnya ini!

Teh sereh dan manfaatnya

Di dunia medis, teh sereh digunakan untuk mengatasi berbagai macam kondisi medis, seperti gangguan tidur, mengatasi stres, meredakan nyeri, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kabar baiknya, berbagai kegunaan sereh di dunia medis tersebut, dapat dirasakan dengan mengonsumsinya dalam bentuk teh!

Berikut ini adalah beberapa manfaat teh sereh beserta penjalasan ilmiahnya.

1. Meredakan gangguan kecemasan

Teh sereh
Teh sereh yang beraroma sedap

Gangguan kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan cemas, gelisah, dan etakutan yang luar biasa sehingga sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. Jika Anda “terperangkap” dalam kondisi ini, cobalah cicipi hangatnya teh sereh.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menghirup aroma teh sereh. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat teh sereh ini.

2. Menurunkan kolesterol

Dalam sebuah artikel yang dirilis dalam Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research, mengonsumsi ekstrak sereh terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol pada hewan.

Namun, penelitian pada manusia mengenai manfaat teh sereh dalam menurunkan kolesterol, masih perlu dikaji.

3. Mencegah infeksi

Menurut penelitian dari Lembaga penelitian dan perawatan kanker di New York, Amerika Serikat, Memorial Sloan Kettering Cancer Center, mengonsumsi teh sereh bisa mengatasi infeksi.

Contohnya, dalam satu kasus, teh sereh ampuh dalam mengatasi sariawan akibat infeksi jamur di dalam mulut, terutama pada orang dengan sistem imun lemah.

4. Menyehatkan mulut

Di berbagai negara, sereh digunakan oleh masyarakat untuk membersihkan mulut. Tidak heran jika banyak orang yang sering mengunyah sereh untuk merasakan kesegaran pada mulutnya.

Jurnal yang dirilis dalam Food Chemistry mengonfirmasi manfaat teh sereh ini. Para peneliti menguji kemampuan 12 rempah dalam menyehatkan mulut. Sereh pun menjadi salah satu rempah yang paling terbukti keampuhannya dalam riset itu.

5. Meredakan nyeri

Menurut sebuah penelitian, sereh dianggap ampuh dalam menghilangkan rasa nyeri. Itulah sebabnya para ahli percaya, mengonsumsi teh sereh bisa mengatasi rasa nyeri yang dirasakan pada tubuh.

6. Meningkatkan produksi sel darah merah

Meningkatkan produksi sel darah merah adalah manfat teh sereh selanjutnya. Dalam sebuah riset yang melibatkan 105 partisipan, para peneliti melihat adanya peningkatan dalam pembentukan sel darah merah, saat teh sereh dikonsumsi selama 30 hari.

7. Mengatasi perut kembung

Teh sereh dinilai memiliki efek diuretik. Itu artinya, teh sereh dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan urine lebih banyak dari biasanya.

Dalam sebuah penelitian, teh sereh terbukti mampu meningkatkan produksi urine dibandingkan minuman lainnya. Hal ini bisa sangat menguntungkan jika Anda mengalami perut kembung karena adanya retensi air.

8. Mencegah kanker

Mencegah kanker adalah manfaat teh sereh yang sangat luar biasa. Kandungan sitral yang dimiliki sereh ternyata dinilai memiliki efek antikanker. Cara kerja teh sereh dalam mencegah kanker ialah membunuh sel kanker secara langsung atau meningkatkan sistem imun tubuh Anda guna melawan sel kanker.

Selain itu, teh sereh juga sering menemani para pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi atau terapi radiasi. Namun, metode ini harus diawasi oleh seorang onkologis.

9. Menurunkan tekanan darah sistolik

Sebuah riset membuktikan, teh sereh lebih ampuh menurunkan tekanan darah sistolik dibandingkan teh hijau. Para partisipan yang mengonsumsi teh sereh mengalami penurunan tekanan darah sistolik secara signifikan. Sementara itu, tekanan darah diastoliknya sedikit naik.

Walaupun hasil riset ini sangat menjanjikan, para peneliti menyarankan para pria untuk tidak mengonsumsi teh sereh terlalu banyak. Sebab, ada risiko penurunan detak jantung dan peningkatan tekanan darah diastolik.

Efek samping teh sereh

Teh sereh
Teh sereh juga bisa menimbulkan efek samping

Jika dikonsumsi sebagai minuman seduhan dalam porsi wajar, sereh dianggap aman untuk dikonsumsi. Namun, terdapat beberapa efek samping yang juga harus diwaspadai setelah minum teh sereh, seperti:

Beberapa orang juga bisa mengalami reaksi alergi setelah minum teh sereh. Selain itu, segera cari penanganan medis, jika Anda mengalami reaksi alergi berupa:

  • Ruam
  • Gatal
  • Kesulitan bernapas
  • Peningkatan detak jantung

Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi teh sereh jika Anda sedang hamil, mengonsumsi obat-obatan diuretik, memiliki detak jantung yang lambat, atau mempunyai kadar kalium yang rendah.

Catatan dari SehatQ:

Walaupun manfaat teh sereh sangat menggiurkan, bukan berarti Anda boleh mengandalkannya sebagai pengobatan utama untuk mengatasi penyakit yang diderita. Datang ke dokter untuk berkonsultasi dan meminta pengobatan medis tetap diperlukan demi mendapatkan hasil pengobatan maksimal.

Selain itu, masih diperlukan berbagai riset yang fokus meneliti khasiat teh sereh untuk kesehatan.

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/lemongrass-tea
Diakses pada 2 Juli 2020

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321969#benefits
Diakses pada 2 Juli 2020

Artikel Terkait