Manfaat Teh Rooibos, Jaga Kesehatan Jantung Hingga Bantu Kontrol Diabetes


Teh rooibos adalah teh herbal yang bebas kafein dan kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam teh rooibos memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengontrol diabetes, menurunkan berat badan, hingga mengurangi kerutan.

(0)
Teh rooibos adalah teh herbal yang terbuat dari daun semak Aspalathus linearisTeh rooibos umumnya berwarna merah kecokelatan
Teh menjadi salah satu minuman yang cukup digemari selain kopi. Sayangnya, kandungan kafein dalam teh bisa memberi efek samping bagi sebagian orang. Untuk alternatif yang lebih sehat, Anda bisa memilih teh yang bebas kafein seperti teh rooibos.

Apa itu teh rooibos?

Teh rooibos adalah teh herbal yang terbuat dari daun semak Aspalathus linearis. Tanaman ini mudah ditemukan di kawasan Afrika Selatan. Teh rooibos umumnya dibuat dengan cara memfermentasi daun semak Aspalathus linearis, yang mengubah warnanya menjadi merah kecokelatan.Tidak selalu berwarna merah, ada juga teh rooibos berwarna hijau. Teh rooibos hijau tidak melalui proses fermentasi dan disebut memiliki kandungan antioksidan yang lebih banyak. Namun, teh rooibos hijau biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan versi fermentasi.Teh rooibos bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, mulai dari menambahkannya dengan gula atau dicampurkan ke dalam susu. Namun, mengonsumsi air seduhan teh rooibos tanpa adanya campuran pemanis tambahan tentunya akan membuat manfaat yang ditawarkan dapat diserap secara optimal.

Manfaat teh rooibos untuk kesehatan

Sama seperti teh pada umumnya, teh rooibos juga menawarkan sejumlah manfaat untuk tubuh dan kesehatan Anda. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi teh rooibos, di antaranya:

1. Bebas kafein

Teh rooibos bebas kandungan kafein. Maka dari itu, teh  jenis ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil, anak-anak, dan mereka yang memiliki alergi terhadap kafein. Kafein sebenarnya menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, namun bagi sebagian orang, mengonsumsi kafein bisa mengganggu tidur, memperburuk kecemasan, hingga membuat jantung berdebar.

2. Rendah tanin

Tak seperti teh hitam dan teh hijau, teh rooibos hanya memiliki sedikit kandungan tanin. Tanin adalah senyawa yang mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh. Menurut studi pada tahun 2013, partisipan yang meminum 6 cangkir teh rooibos setiap hari selama 6 minggu tidak membuat tubuh mereka mengalami hambatan dalam penyerapan zat besi.

3. Kaya antioksidan

Teh rooibos kaya akan kandungan antioksidan quercetin dan aspalathin. Kedua antioksidan ini sangat penting untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas bisa merusak sel di dalam tubuh, dan membuat Anda rentan terhadap serangan penyakit.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh rooibos mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Senyawa ini juga dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah agar tetap terkendali.Selain itu, minum teh rooibos dapat membantu menghambat kinerja angiotensin-converting enzyme (ACE), yang meningkatkan tekanan darah. Menurut sebuah penelitian, teh rooibos akan mulai menghambat aktivitas ACE dalam waktu 30 hingga 60 menit setelah diminum.

5. Membantu mengontrol diabetes

Menurut penelitian, kandungan antioksidan aspalathin dalam teh rooibos mempunyai potensi sebagai antidiabetes. Tak hanya menjaga gula darah tubuh tetap terkendali, aspalathin dapat membantu mengurangi risiko peradangan vaskular dan aterosklerosis yang rentan menyerang penderita diabetes.

6. Membantu mengontrol berat badan

Bebas kalori, teh rooibos dapat dijadikan pilihan minuman bagi mereka yang tengah menjalani program diet atau hendak mempertahankan berat badan. Penelitian di tahun 2014 menyebut, minum teh rooibos dapat meningkatkan kadar leptin di dalam tubuh. Leptin sendiri merupakan hormon yang mengatur rasa kenyang.

7. Membantu mengurangi kerutan

Menurut beberapa penelitian, mengoleskan teh rooibos dapat membantu mencegah penuaan dini dengan mengurangi kerutan. Sebuah studi di tahun 2010 membandingkan alat kosmetik dengan campuran bahan herbal seperti ginkgo, kedelai, dan teh rooibos. Hasilnya, alat kosmetik yang menggunakan bahan campuran teh rooibos dapat membantu mengurangi kerutan. Sementara itu, alat kosmetik dengan bahan campuran ginkgo cocok digunakan untuk membantu melembapkan kulit.

8. Membantu meredakan peradangan

Kandungan antioksidan polifenol dalam teh rooibos diketahui dapat membantu mengurangi risiko peradangan. Peradangan kronis dapat meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit seperti kanker, sakit jantung, dan kondisi lain yang lebih parah.

Adakah efek samping mengonsumsi teh rooibos?

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun teh rooibos juga memiliki efek samping bila diminum berlebihan. Efek samping teh rooibos yaitu: 
  • Beberapa senyawa dalam teh rooibos bertindak seperti estrogen

 Beberapa senyawa yang terkandung dalam teh rooibos diketahui bertindak seperti hormon estrogen. Apabila Anda mengidap kondisi yang sensitif terhadap estrogen, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter jika hendak minum teh rooibos. 
  • Mengganggu pengobatan kemoterapi

 Jika Anda tengah menjalani pengobatan kemoterapi, sebaiknya hindari konsumsi herbal karena bisa mengubah cara tubuh untuk memproses obat kemoterapi. Meskipun begitu, herbal yang dipakai dalam jumlah kecil (misalnya dicampur dalam masakan) umumnya aman dan tidak mengganggu pengobatan kemoterapi. 
  • Memicu toksisitas hati

 Mengonsumsi teh rooibos dalam jumlah banyak tiap hari berpotensi meningkatkan kadar enzim hati. Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut, kondisi tersebut bisa memicu toksisitas hati. Untuk mencegah risiko tersebut, konsumsilah teh rooibos dalam batas wajar dan tidak berlebihan. 

Catatan dari SehatQ

Bebas kafein dan kaya akan kandungan antioksidan, teh rooibos menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan. Minum teh rooibos dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengontrol diabetes, hingga mengurangi kerutan.Meski begitu, mengonsumsi teh rooibos dapat memberikan efek samping bagi beberapa orang. Maka dari itu, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika hendak minum teh rooibos.Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait teh rooibos dan manfaatnya untuk kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
diabeteskesehatan kulitmenurunkan berat badanherbaltehantioksidan
Healthine. https://www.healthline.com/nutrition/rooibos-tea-benefits
Diakses pada 20 November 2020
WebMD. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-rooibos-tea
Diakses pada 20 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323637
Diakses pada 20 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait