Tidak Kalah dari Teh Hijau, Ini Dia Manfaat Teh Putih yang Menyehatkan

manfaat teh putih tak kalah dengan teh hijau
Mengonsumsi teh putih memiliki manfaat yang baik untuk tubuh

Bagi para penyuka teh pastinya sudah tidak asing dengan teh hijau dan hitam. Kedua teh ini dipercayai memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa ada teh lainnya yang memiliki manfaat kesehatan yang tak kalah dari teh hitam dan hijau? Perkenalkan, teh putih.

Manfaat teh putih bagi kesehatan terletak pada kandungan antioksidannya yang jauh lebih tinggi dari pada teh hijau dan teh hitam. Selain memiliki antioksidan yang lebih tinggi, teh putih juga memiliki kafein yang lebih rendah.

Apa itu teh putih?

Teh putih sebenarnya berasal dari teh yang sama dengan teh hijau dan hitam. Hanya saja, teh putih merupakan pucuk daun yang diambil sebelum sempat terbuka dengan sempurna.

Pada kondisi tersebut, pucuk daun teh masih diselimuti dengan bulu-bulu halus yang berwarna putih yang akhirnya menjadi dasar dari penamaan jenis teh ini.

Manfaat teh putih untuk kesehatan

Manfaat teh putih beragam, mulai dari membantu mencapai berat badan ideal sampai mencegah penuaan dini pada kulit. Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat teh putih? Berikut adalah beberapa manfaat teh putih yang menarik lainnya.

  • Menurunkan berat badan

Teh putih dipercaya dapat mengurangi berat badan. Kandungan kafein dan catechin dalam teh putih mampu membakar lemak dan ditemukan dapat meningkatkan metabolisme empat sampai lima persen sehingga menjadikannya salah satu minuman yang bisa Anda minum saat dalam program penurunan berat badan.

  • Melindungi gigi dari bakteri

Ingin gigi yang kuat dan bebas dari bakteri? Coba konsumsi teh putih! Teh putih memiliki kandungan catechin, tanin, dan fluoride yang dapat menguatkan gigi dari kombinasi bakteri, gula, dan asam. Selain itu, teh putih juga mampu mencegah pembentukan plak gigi.

  • Mencegah penuaan kulit

Penuaan pada kulit adalah proses alami dan tidak bisa dihentikan. Akan tetapi, Anda bisa mencoba untuk memperlambat penuaan kulit dengan menyesap teh putih.

Mengoleskan ekstrak teh putih pada kulit dipercaya mampu menangkal efek buruk dari sinar ultraviolet matahari dan mencegah kerusakan jaringan kulit.

  • Kaya antioksidan

Tahukah Anda bahwa teh putih merupakan salah satu pilihan jenis teh yang paling baik dalam meningkatkan antioksidan dalam tubuh? Teh putih memiliki kandungan antioksidan catechin yang tinggi yang mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga mencegah munculnya berbagai penyakit.

  • Mengurangi risiko osteoporosis

Osteoporosis umumnya dikaitkan dengan penyakit kaum lansia, tetapi perlu diketahui bahwa pencegahannya perlu dilakukan sejak dini! Antioksidan catechin dalam teh putih mampu menekan sel-sel yang memicu kerapuhan tulang.

  • Menurunkan peluang mengalami gangguan Alzheimer dan Parkinson

Penyakit Alzheimer dan Parkinson merupakan gangguan pada otak yang cukup sering terjadi. Kandungan polifenol dalam teh putih mampu mencegah pembentukan protein yang memicu kedua masalah pada otak ini.

  • Mengecilkan kemungkinan resistensi insulin

Resistensi insulin adalah salah satu faktor risiko dari penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit serius lainnya, seperti penyakit jantung. Pada gangguan insulin, kadar gula di darah biasanya tinggi. Kandungan antioksidan polifenol dalam teh putih diyakini mampu menurunkan risiko Anda dalam mengalami resistensi insulin.

  • Mencegah penyakit jantung

Ungkapan ‘sayangi jantung Anda’ perlu diwujudkan dalam suatu tindakan nyata. Untungnya, Anda dapat menyeruput secangkir teh putih sebagai bentuk perlindungan dari penyakit jantung.

Manfaat teh putih dalam menurunkan risiko penyakit jantung dikarenakan kandungan antioksidan polifenolnya yang mampu melemaskan pembuluh darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah kolesterol jahat LDL.

  • Berpotensi menanggulangi kanker

Teh putih diyakini dapat menjadi salah satu kandidat untuk menangani kanker. Antioksidan dalam teh putih ditemukan mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan melindungi sel sehat dari senyawa yang berbahaya.

Namun, kepastian manfaat teh putih dalam mengobati kanker masih membutuhkan berbagai riset tambahan lainnya.

Bagaimana cara menyeduh teh putih?

Untuk mendapatkan manfaat teh putih secara lengkap, Anda dapat menyeduh sebanyak kurang lebih dua gram daun teh putih dengan air yang bersuhu 76 sampai 85 derajat celcius. Durasi perendaman daun teh putih tergantung dari Anda, tetapi direkomendasikan untuk merendamnya kurang lebih selama dua sampai delapan menit.

Setelahnya, dinginkan teh putih selama kurang lebih dua menit Saat ingin menyesap teh putih, sebaiknya konsumsi teh putih sebagaimana adanya tanpa tambahan gula, madu, susu, ataupun krimer.

Efek samping dari teh putih

Serupa dengan teh pada umumnya, bagi Anda yang sensitif dengan kafein dianjurkan untuk tidak mengonsumsi teh putih secara berlebih.

Akan tetapi, tiap-tiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda. Apabila Anda merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi teh putih, cobalah untuk mengurangi porsi teh putih Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/white-tea-benefits#section2
Diakses pada 16 Desember 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20142827
Diakses pada 16 Desember 2019

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/the-health-benefits-of-white-tea-89597
Diakses pada 16 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed