Manfaat Teh Pahit bagi Kesehatan Ini Perlu Anda Cermati

Ada banyak manfaat teh pahit bagi kesehatan
Teh pahit atau teh tanpa gula dianggap punya banyak manfaat

Teh tanpa gula alias teh pahit merupakan salah satu minuman favorit dan paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Jika Anda termasuk salah satu penggemar seduhan teh ini, ada manfaat teh pahit bagi kesehatan tubuh yang akan Anda rasakan.

Saat ini, banyak jenis teh yang beredar di masyarakat. Tetapi, teh yang asli merupakan produk yang berasal dari tumbuhan Camellia sinesis, yakni teh hijau, teh hitam, teh putih teh oolong, dan teh pu-erh.

Teh herbal bukanlah jenis teh yang dimaksud karena berasal dari tanaman lain di luar Camellia sinesis. Dengan kata lain, manfaat teh herbal bisa sangat berbeda dengan jenis teh tradisional pada umumnya, tergantung tanaman yang digunakan.

Manfaat teh pahit bagi kesehatan

Teh tanpa gula sangat kaya akan antioksidan yang dinamakan flavonoid, yaitu zat yang dapat menangkal radikal bebas merusak sel di tubuh Anda. Selain itu, teh pahit juga mengandung kafein dan tehanine yang dapat memengaruhi otak serta meningkatkan kewaspadaan.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat teh pahit lainnya bagi kesehatan, yaitu:

  • Mengontrol kadar gula darah

Manfaat teh pahit pertama yang dapat Anda rasakan adalah mengontrol kadar darah gula darah. Hal ini berhubungan dengan kandungan polifenol yang ada di dalam teh pahit.

Polifenol memilik peran dalam meningkatkan sensitivitas insulin di dalam tubuh sehingga kadar gula darah terjaga dengan baik. Dengan terkontrolnya kadar gula darah, Anda dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

  • Menurunkan kolesterol

Kebiasaan meminum teh pahit juga bisa menurunkan kolesterol, terutama kadar lemak jahat (LDL) dan trigliserida. Kolesterol sendiri merupakan salah satu pemicu timbulnya berbagai penyakit, seperti jantung dan stroke.

  • Mengurangi risiko kanker

Teh pahit memiliki dua kandungan utama, yakni polifenol dan antioksidan. Beberapa penelitian menyebutkan komposisi tersebut membuat manfaat teh pahit bisa meminimalisir risiko Anda terkena penyakit kanker.

Pasalnya, kedua kandungan tersebut memiliki tugas menangkis radikal bebas. Radikal bebas disebut-sebut merupakan pemicu kerusakan sel-sel tubuh yang memancing munculnya sel abnormal dan berkembang menjadi sel kanker

  • Menurunkan risiko stroke

Kandungan polifenol di dalam teh juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga tidak akan terjadi penyumbatan di pembuluh darah. Penyumbatan ini dapat mengakibatkan kondisi yang mengancam nyawa, misalnya stroke.

  • Menenangkan tubuh

Manfaat teh pahit lainnya adalah menjadikan tubuh lebih tenang alias rileks karena kandungan L-tehanin pada teh tersebut. Selain itu, teh pahit juga dapat mengurangi stres, mengatur mood, dan meningkatkan fungsi otak serta menjaga fokus sehingga dapat berkonsentrasi dengan baik.

  • Mencegah penuaan dini

Banyak penelitian yang membenarkan bahwa antioksidan dalam teh dapat menghambat munculnya gejala penuaan dini, seperti kerutan atau flek hitam. Selain itu, teh juga dapat mengembalikan kecerahan kulit yang kusam akibat paparan sinar matahari.

  • Mempercantik kulit

Ketika dioleskan ke permukaan kulit, kandungan antioksidan dalam teh memberikan manfaat bagi kecantikan. Teh bahkan diklaim dapat menghilangkan jerawat, mengurangi dermatitis atopik, kandidiasis, keloid, hingga kutil kelamin.

Jangan konsumsi teh pahit jika Anda memiliki penyakit yang berkaitan dengan peningkatan asam lambung, seperti maag, GERD, dan sindrom dispepsia. Para penderita penyakit jantung juga perlu berhati-hati karena teh dapat menyebabkan jantung berdebar.

Manfaat teh pahit memang sangat baik bagi kesehatan, Anda tetap harus memperhatikan takarannya karena kandungan kafein di dalam teh tidak baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Teh juga tidak bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif pengganti obat dokter karena belum ada penelitian yang cukup mengenai teh sebagai obat.

Meski demikian, Anda tetap bisa menikmati kesegaran teh pahit setelah menjalani aktivitas seharian. Mengonsumsi teh tanpa gula juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara menghidrasi tubuh, selain rutin minum air putih.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/tea-types-and-tehir-health-benefits
Diakses pada 21 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/10-herbal-teas
Diakses pada 21 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-benefits
Diakses pada 21 Januari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/benefits-of-green-tea-for-skin
Diakses pada 21 Januari 2020

Artikel Terkait